Ambon tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang menarik, tetapi juga makanan tradisionalnya yang unik. Ada berbagai makanan khas Ambon yang bisa kamu coba saat melancong di sana, mulai dari papeda yang makanan utama pengganti nasi hingga kudapannya seperti rujak nestapa. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai  makanan khas Ambon yang harus kamu cicipi!

Papeda

Makanan khas Ambon
Makanan khas Ambon: Papeda

Kalau berkunjung ke kawasan Indonesia Timur, kamu pasti akan sering menemukan makanan ini. Makanan khas Ambon ini berbahan dasar sagu dan diolah menjadi seperti bubur. Tekstur dari papeda mirip dengan lem kertasdan rasanya cenderung hambar. Biasanya papeda disantap dengan kuah ikan kuning yang gurih. Cara makannya pun  cukup unik, untuk mengambilnya, kamu tidak bisa menggunakan garpu dan sendok melainkan menggunakan tongkat kayu yang kemudian diputar-putar untuk dituang ke piring.

Sambal Colo-Colo

Makanan khas Ambon
Makanan khas Ambon : Sambal Colo-Colo

Sambal colo-colo menjadi menjadi makanan wajib yang sering disajikan orang Ambon. Adapun bahan utama untuk membuat sambal colo-colo adalah bawang merah cabai rawit, daun seledri hingga daun seledri. Setelah semuanya dicampur, kemudian diberikan tambahan sedikit garam dan air jeruk nipis. Terkadang sambal colo-colo juga ditambahkan irisan kenari mentah, kecap manis dan daun kemangi. Tidak seperti sambal lainnya, sambal colo-colo tidak diulek sama sekali sehingga rasanya pun unik seperti campuran pedas dan asam.

Nasi Lapola

Makanan Khas Ambon
Makanan Khas Ambon : nasi lapola

Makanan khas Ambon selanjutnya yang harus kamu coba adalah nasi lapola. Makanan khas Ambon ini merupakan salah satu kuliner favorit masyarakat Ambon. Nasi Lapola merupakan campuran dari olahan kacang tolo yang dicampur dengan beras. Kemudian, untuk menambahkan cita rasa, nasi lapola pun ditambahkan garam kemudian diaduk rata dan dikukus hingga matang.

Kohu-Kohu

Makanan khas Ambon
Makanan khas Ambon : Kohu-Kohu

Di Jawa Barat, makanan yang satu ini mungkin mirip dengan urap yaitu campuran berbagai sayuran yang ditambah parutan kelapa. Hal yang membedakan keduanya adalah campuran dari sayuran yang digunakan yaitu, tauge, kacang panjang, daun kemangi dan mentimun yang kemudian diolah dengan bawang putih, bawang merah, perasan jeruk nipis, cabai hingga suwiran ikan cakalang dan kelapa parut. Ikan cakalang yang digunakan di sini terkadang juga bisa diganti dengan ikan tongkol atau teri basah. Biasanya masyarakat Ambon menyantap kohu-kohu dengan menggunakan singkong, ubi, pisang rebus dan talas.

Nasi Bambu

Makanan khas Ambon
Makanan khas Ambon : Nasi Bambu

Selanjutnya adal nasi bambu. Berbahan dasar ketan, nasi bambu sering dijadikan menu utama oleh masyarakat Ambon. Untuk membuat makanan ini tidak mudah dan memerlukan kesabaran. Biasanya prosesnya berawal dari pagi hari yaitu proses pencucian beras hingga bersih. Kemudian bahan lain yang diperlukan selain beras adalah santan yang diperas dari parutan kelapa. Santan ditambahkan sedikit garam. Sedangkan untuk cetakannya, nasi bambu menggunakan bambu ukuran sedang. Agar nasi tidak lengket di bambu, daun pisang pun digunakan sebagai pelapis nasi. Kemudian beras dan santan yang sudah diperas pun di campurk untuk dimasak di dalam bambu. Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam hingga nasi bambu ini matang dengan cara dipangang.

Ikan Kuah Pala

Makanan Khas Ambon
Makanan Khas Ambon : Ikan Kuah Pala

Makanan khas Ambon ini termasuk istimewa karena sering dihidangkan untuk menjamu para pejabat Belanda yang dulu berkunjung ke Pulau Banda. Rempah-rempah dicampurkan dalam masakan ikan kuah pala juga sangat beragam sehingga rasanya pun sangat gurih sekaligus asam dan sedikit pedas. Biasanya Ikan kuah pala disajikan dengan menu lainnya seperti ikan kakap merah bakar hingga urap daun pepaya.

Rujak Nestapa

Makanan khas Ambon
Makanan khas Ambon : Rujak Nestapa

Dinamakan nestapa karena rujak yang satu ini beradal dari daerah Pantai Nestapa. Untuk buah-buahannya sendiri, rujak nestapa terdiri dari beberapa bahan mulai dari nanas, pepaya, jambu, bengkoang, belimbing dan pala. Semua campuran buah ini memberikan cita rasa segar tersendiri, ditambah dengan palanya.  Semua buah-buahan tersebut dicampur dengan gula aren yang sebelumnya dicampur dengan asam jawa dan kacang tanah goreng. Untuk tingkat kepedasannya sendiri kamu bisa menyesuaikan sendiri jumlah cabai yang akan kamu campurkan. Pasti akan sangat nikmat makan rujak nestapa sambil memandangi indahnya Pantai Nestapa.

Kopi Sibu-Sibu

Makanan Khas Ambon
Makanan Khas Ambon : Kopi Sibu-Sibu

Untuk kamu yang suka kopi, di Ambon ada sajian kopi unik bernama kopi sibu-sibu. Dalam bahasa Ambon, sibu-sibu berarti angin sepoi-sepoi atau dalam bahasa melayu dikatakan sebagai hail buang lansyik, yang berarti tempat untuk melepas kantuk. Kopi yang digunakan dalam pengolahan kopi sibu-sibu sendiri adalah kopi robusta yang dicampur dengan cengkeh halus dan kenari sehingga menciptakan aroma yang khas. Kamu bisa menemukan kopi sibu-sibu di kedai-kedai kopi sekitar Pulau Ambon.

Pisang Asar

Makanan khas Ambon
Makanan khas Ambon : Pisang Asar

Kudapan yang satu ini memang sangat cocok untuk kamu santap dengan kopi atau teh hangat. Berbeda dengan pisang goreng, pisang asar diolah dengan cara dipanggang. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis pisang untuk membuat pisang asar ini. Tetapi yang paling pas dan sering jadikan bahan untuk membuat pisang asar ini adalah pisang raja. Pisang asar banyak dijual di kedai makanan atau kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep khusus.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Ambon yang menarik untuk kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka yang mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s