Selain Chinese food, makanan khas Thailand juga cukup dikenal oleh lidah masyarakat indonsia. Mulai dari supnya yang bernama tom yam, hingga camilan seperti mango sticky rice bisa kamu dapatkan dengan mudah di banyak tempat makan dan restoran. Untuk kamu yang mau mencicipi kuliner khas Thailand, berikut RedDoorz memberikan beberapa rekomendasinya.

Tom Yam

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Tom Yum

Bagi kamu yang suka dengan kuliner segar berkuah, tom yam bisa menjadi pilihan yang menarik. Sup yang satu ini tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga populer di banyak negara. Memiliki rasa yang kuat, Tom Yam dibuat dengan berbagai rempah-rempah seperti saus ikan, daun jeruk, jeruk nipis, serai, laos, hingga cabai. Isiannya  beraneka ragam, mulai dari tom yam goong yang berisi udang, tom yam pla yang berisi ikan dan tom yam po tek yang berisi seafood. Kuah tom yam memiliki cita rasa yang pedas dan asam sehingga cocok sekali untuk penyuka makanan pedas.

Pad Thai

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Pad Thai

Di Thailand kamu bisa menemukan makanan yang satu ini dengan mudah. Dulu, makanan ini pertama kali dikenal di Thailand pada masa kerajaan Ayutthaya. Namun, banyak yang meyakini bahwa awalnya Pad Thai berasal dari Vietnam atau Cina. Bahan-bahan dari pad thai terdiri dari beras, telur, tahu, asam jawa, saus ikan, bawang putih, gula palem, cabai hingga kacang kedelai. Untuk isi, pad thai biasanya berisikan udang, kepiting hingga potongan ayam. .

Som Tam

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Som Tam

 

 

Berikutnya ada som tam, yang dikenal dengan salad khas Thailand. Makanan yang satu ini terbuat dari pepaya muda yang diberi bumbu.Bumbu yang digunakan untuk membuat som tam adalah gula palem, saus ikan, jeruk nipis dan cabai. Selain serutan pepaya muda, bahan utama dari makanan ini yaitu udang kering, kacang panjang, terung, tomat dan kacang sangrai yang ditumbuk kasar.

Mango Sticky Rice

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Mango Sticky Rice

Makanan khas Thailand yang satu ini juga sudah sangat populer di Indonesia. Tidak seperti makanan lainnya yang sering dijadikan lauk untuk makan, mango sticky rice justru lebih dikenal sebagai camilan. Makanan yang satu ini terdiri dari ketan, potongan mangga dan santan kelapa yang menjadikannya semakin gurih. Kamu bisa menuangkan santan kental tersebut di atas ketan dan mangga yang disajikan secara bersama-sama.

Khao Tom

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Khao Tom

Untuk kamu yang ingin mencoba bubur ala Thailand, kamu bias mencoba khao tom. Makanan yang satu ini merupakan bubur nasi yang dimasak dengan campuran daging dan seafood. Ada beberapa pilihan bubur yang bisa kamu coba, kalau ingin mencoba bubur dengan campuran udang maka kamu bisa mencoba khao tom goong, sedangkan jika kamu ingin mencoba bubur dengan campuran daging babi, kamu bisa mencoba khao tom moo.

Khao Tom sebenarnya merupakan makanan halal yang terdiri dari campuran ayam dan udang. Biasanya khao tom disajikan untuk orang yang sedang sakit, karena khao tom mengandung rempah yang bisa menghangatkan tubuh. Tidak jarang khao tom juga dimakan sebagai sarapan oleh masyarakat Thailand.

Khao Pad

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Khao Pad

Jika khao tom adalah bubur nasi, khao pad adalah nasi goreng khas Thailand. Khao pad berbeda dengan nasi goreng Indonesia karena bahan yang digunakan oleh nasi goreng Thailand lebih banyak. Adapun campuran dari nasi goreng khao pad adalah cabai paprika, mentimun, cabai, kepiting, ayam dan udang.

Gai Yang

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Gai Yang

Siapa sih yang tidak suka ayam? Di Thailand, ayam bakarnya diberi nama gai yang. Biasanya, gai yang disajikan dengan bentuk ayam bakar utuh. Saat dimasak, gai yang disajikan dengan bumbu-bumbu khusus yang dioleskan saat pembakaran sehingga rasanya menjadi gurih.

Gaeng Daeng

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Gaeng Daeng

Selain dibakar, Thailand juga memiliki sajian ayam yang berbeda bernama gaeng daeng. Makanan khas Thailand ini merupakan kari ayam dengan aroma rempahnya yang khas. Bumbu yang menjadikan gaeng daeng terasa gurih yaitu santan kelapa, gula palem dan rasa asin dari saus ikan. Di dalam sajian makanan khas Thailand ini, tterdapat juga potongan nanas serta bambu muda. Biasanya, gaeng daeng disajikan bersama dengan nasi putih.

Khaeng Phet

Makanan Khas Thailand
Makanan Khas Thailand : Khaeng Pet

Thailand memang cukup dikenal dengan hidangan karinya. Salah satu kari yang bisa kamu cicipi di Thailand adalah kaeng phetyang memiliki arti sup pedas. Untuk isiannya, kaeng phet memiliki berbagai macam pilihan mulai dari daging ayam, daging babi hingga sapi. Semua isian tersebut kemudian disajikan dengan bumbu kari dan santan berwarna merah.

Untuk bumbunya sendiri, kaeng phet terbuat dari beberapa campuran bumbu seperti ketumbar, lengkuas, terasi, bawang merah, bawang putih, cabai merah kering, lada, serai, garam, jintan putih hingga jeruk nipis yang kemudian dihaluskan menggunakan cobek. Setelahnya, bumbu tersebut dimasak hingga menjadi kuah yang dicampur dengan isian seperti terung, tahu, labu, rebung dan blewah.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Thailand yang menarik untuk kamu coba, Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.