Sama seperti negara kita, Filipina juga terkenal dengan pantai-pantai indah yang mereka punya, salah satunya di daerah Palawan. Yah, kamu nggak usah meragukan keindahan alam di daerah ini. Terkenal dengan beberapa tempat wisata seperti, pantai El Nido, Puerto Princesa, dan laguna Coron, Palawan selalu menjadi daerah yang dikunjungi oleh turis asing ketika mereka akan menghabiskan waktu di Filipina. Nah, kalau kamu sudah bosan dengan tema liburan yang gitu-gitu aja, kamu wajib mengunjungi Masungi Georeserve di sana, sebagai pengalaman baru kamu.

Seperti apa sih, Masungi Georeserve ini?

Sebenarnya, Masungi Georeserve ini merupakan area konservasi dan taman bebatuan yang berada di hutan hujan di Rizal, sebuah provinsi di Filipina. Di sini, kamu bisa menjelajahi track yang disediakan sekaligus bertemu dengan satwa liar dan beberapa species tanaman. Track yang disediakan juga nggak biaa, lho! Secara nggak langsung, wisata ini meminta kamu untuk ‘berkomunikasi dengan alam’, karena kebanyakan bentuk wisata ini memang dilakukan di alam. Selain berkomunikasi dengan alam, wisata ini juga dapat dijadikan sebagai wisata edukasi. Kenapa? Karena kamu juga akan disuguhkan sejarah-sejarah mengenai alam dan tempat ini sendiri, sehingga kamu nggak cuma akan liburan tapi dapet pengetahuan juga nih, RedTraveler!

Apa aja yang bisa kita lakukan di Masungi Georeserve?

Dari pusat kota Manila, Masungi Georeserve ini berjarak sekitar 47 kilometer jauhnya. Yup, tempat ini memang cukup jauh dari hiruk pikuk kota, sehingga liburan kamu memang terasa lebih bertualang. Tempat-tempat ini akan menjadi alur petualanganmu, kalau jika kamu tertarik untuk ‘main’ ke sini.

  1. Silungan

Masungi-Georeserve-Gaya-Liburan-Baru-di-Filipina

Sebelum kamu memulai untuk mengikuti tur yang ada, kamu akan dikumpulkan di tempat ini untuk diberikan arahan dan mempersiapkan segala keperluan yang mendukung wisata ini. Salah satunya yaitu menggunakan helm pengaman. Nggak usah parno dulu, ini dilakukan bukan karena wisata ini nggak aman. Walaupun bebatuan di sana keliatannya memang cukup ‘bahaya’, namun pihak konservasi menjamin bahwa wisata ini aman, kok.

  1. Sapot

Masungi-Georeserve-Gaya-Liburan-Baru-di-Filipina

Siapa yang punya nyali buat berdiri di atas jembatan tali, yang di bawahnya berjajar bebatuan cantik, kayak gambar di atas ini? Hihi. Ini bakal menjadi objek wisata yang wajib kamu cobain sih, RedtRaveler. Selain kamu bisa menguji keberanianmu, kamu juga bisa foto-foto dengan pemandangan geopark yang super indah. Kamu juga bisa berfoto dengan latar Laguna de Bay, yaitu danau terbesar di Filipina. Udah deh, singkirin dulu rasa takutnya.

  1. Yungib ni Ruben

Masungi-Georeserve-Gaya-Liburan-Baru-di-Filipina

Setelah kamu panas-panasan di atas kayak tadi, kamu akan dibawa untuk mengunjungi goa ini hitung-hitung buat ngadem. Hehe, nggak deng. Kamu akan di bawa ke goa ini untuk menikmati gimana indahnya ruang di bawah bebatuan yang ada di geopark ini.

  1. Tatay

Masungi-Georeserve-Gaya-Liburan-Baru-di-Filipina

Tatay ini menjadi spot puncak tertinggi yang ada di wisata ini. Pemandangan yang bisa kamu lihat nggak perlu diragukan lagi, dong. Untuk menikmati keindahan alam dari atas ini, kamu perlu sedikit usaha menelusuri jalur yang disediakan, serta mendaki tangga-tangga batu yang ada nih, RedTraveler. Nggak bakal nyesel, karena pemandangannya bikin hal tersebut jadi worth it!

  1. Nanay

Masungi-Georeserve-Gaya-Liburan-Baru-di-Filipina

Kurang lebih sama seperti Tatay, Nanay menjadi spot puncak tertinggi kedua. Hmm… namanya kayak adik kakak ya. Hehe…

  1. Ditse, Patak, and Duyan

Masungi-Georeserve-Gaya-Liburan-Baru-di-Filipina

Kamu akan menelusuri tiga spot ini dengan menggunakan jembatan tali yang kayaknya memang menjadi keistimewaan dari tempat wisata ini, nih RedTraveler. Hihihi… Agak thrilling, ya.

  1. Bayawak

Masungi-Georeserve-Gaya-Liburan-Baru-di-Filipina

Kalau daritadi kamu disuruh jalan di jembatan tali, di sini kamu akan mendaki perbukitan batu menggunakan alat yang sama. Seru banget deh pokoknya!

Untuk menjelajahi seluruh spot yang telah disebutkan di atas, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Lumayan banget nih hitung-hitung olahraga. Pihak wisata juga menyarankan, kalau kamu tertarik untuk data ke sini, diusahakan dalam grup aja, RedTraveler. Buat kamu yang bingung menentukan destinasi outing kantor, wisata geopark ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

Jangan Lupa, Ada Berbagai Pilihan RedDoorz Juga di Filipina!

Sudah siap buat bertualang di Filipina? Yuk, persiapkan perlengkapan liburanmu dan jangan lupa penginapanmu juga! Mulai dari Rp 99.000/ malam, kamu nggak perlu lagi bingung mikirin harus menginap dimana karena dijamin stay di RedDoorz nyaman banget! Lokasi-lokasi RedDoorz juga terbilang strategis karena dekat dengan pusat-pusat perbelanjaan, kuliner, dan hiburan di Filipina. Fasilitas RedDoorz juga dijamin lengkap kok, RedTraveler. Kamu nggak perlu khawatir untuk mendapatkan fasilitas seperti air mineral, wifi, perlengkapan mandi, linen dan kamar mandi yang bersih, serta tv satelit biar liburan kamu tambah seru!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s