8 Tempat Wisata di Aceh yang Menarik Untuk Dikunjungi!

Terletak di ujung utara Pulau Sumatera, Aceh menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang bisa kamu jadikan tujuan wisata berikutnya. Dijuluki sebagai Serambi Mekah, kota ini dianggap sebagai tempat penyebaran islam di Indonesia pertama kali. Di sini kamu bisa melihat berbagai wisata sejarah yang mengagumkan dan keindahan alam seperti pantai dan air terjun. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan membahas mengenai tempat wisata di Aceh yang menarik untuk kamu kunjungi.

Masjid Raya Baiturrahman

Tempat Wisata di Aceh

Tempat Wisata di Aceh : masjid baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman telah menjadi landmark yang popular di Banda Aceh, sehingga rasanya tidak lengkap jika kamu tidak mengunjunginya. Masjid Raya Baiturrahman menjadi sangat popular setelah peristiwa tsunami 2004. Saat itu, Masjid ini masih berdiri kokoh setelah diterjang ombak besar tsunami, meski sekelilingnya telah porak-poranda. Di balik itu semua, Masjid Raya Baiturrahman memiliki keindahan arsitektur yang sangat mengagumkan. Di bagian dalam masjid kamu bisa melihat banyak ukiran bertuliskan ayat-ayat Al-Quran. Masjid ini juga memiliki halaman yang luas serta kolam ala kesultanan Turki Utsmani, yang menjadikannya sebagai salah satu masjid terindah di Indonesia.

Museum Tsunami

Tempat Wisata di Aceh

Tempat Wisata di Aceh: Museum Tsunami

Untuk mengenang peristiwa tsunami pada 2004 lalu, didirikanlah sebuah museum bernama Museum Tsunami di Banda Aceh Museum ini terbagi menjadi beberapa ruangan mulai dari lorong tsunami, ruang kenangan, sumur doa, lorong cerobong, hingga jembatan harapan. Masuk ke lorong tsunami, kamu bisa mendengar suara gemuruh air dan kucuran yang mengingatkan para pengunjung tentang datangnya tsunami saat itu. Lorong ini disebut sebagai space of fear. Kemudian, di ruangan kenangan kamu akan melihat 26 monitor yang menjadi simbol kejadian tsunami saat itu yaitu 26 Desember 2004. Pada setiap monitor tersebut menampilkan foto dan gambar dari korban tsunami.

Kamu juga bisa melihat sumur doa yang berbentuk silinder. Tinggi dari sumur ini sekitar 30 meter dan ada 2 ribu nama yang menjadi korban bencana tsunami pada saat itu. Berikutnya, ada ruang cerobong dimana kamu bisa melihat lorong yang didesain dengan lantai yang berkelok-kelok. Adapun makna dari desain tersebut adalah kebingungan, ketakutan hingga keputusasaan yang dirasakan oleh masyarakat Aceh pada saat itu. Setelahnya, ada jembatan harapan dimana kamu bisa melihat 54 bendera dari 54 negara yang ikut membantu masyarakat Aceh yang terkena tsunami. Di setiap bendera tersebut tertulis kata damai sesuai dengan bahasa dari setiap negara tersebut.

Pantai Iboih

Tempat Wisata di Aceh

Tempat Wisata di Aceh : Pantai Iboih

Untuk kamu yang ingin melihat keindahan alam di Aceh, kamu bisa berkunjung ke Pantai Iboih. Keindahannya bisa kamu lihat dari pasir pantainya yang putih halus dan berpadu dengan air laut berwarna biru jernih. Dengan keindahan, tersebut banyak pasangan yang menjadikan Pantai Iboih sebagai tempat berbulan madu. Suasananya yang tenang juga cocok untuk kamu yang ingin bersantai menikmati keindahan alam yang ada di sini. Para pengunjung yang bisa melakukan berbagai aktivitas menarik mulai dari snorkeling hingga diving untuk melihat keindahan bawahnya karena air di sini sangat jernih.

Air Terjun Blang Kolam

Tempat Wisata di Aceh

Tempat Wisata di Aceh : AIr Terjun Blang Kolam

Untuk sampai ke sini kamu memerlukan waktu sekitar 30 menit saja dari pusat ibukota Banda Aceh. Hal yang menjadikan air terjun Blang Kolam berbeda dengan air terjun lainnya karena memiliki dua air terjun, sehingga air terjun ini sering disebut sebagai air terjun kembar. Tinggi air terjun Blang Kolam ini sekitar 75 km. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati keindahannya dengan berkemah di sekitar area air terjun. Tetapi, untuk kamu yang ingin berkemah ke sini sebaiknya meminta izin dulu ke pengelola dan harus membayar sekitar 5 ribu per orangnya.

Pantai Lhoknga

Tempat Wisata di Aceh

Tempat Wisata di Aceh : Pantai Lhoknga

Pantai indah lainnya yang bisa kamu lihat di Aceh yaitu Pantai Lhoknga. Air lautnya yang masih sangat jernih dan pasir putihnya menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Pantai Lhoknga berjarak sekitar 20 km dari kota Banda Aceh. Bibir pantai Lhoknga cukup landai sehingga kamu bisa melakukan olah raga pantai di sekitarnya. Selain itu, para wisatawan juga diizinkan untuk berselancar karena ombak di sini cukup menantang yaitu bisa mencapai 1,5 hingga 2 meter. Di sore hari kamu bisa menikmati indahnya pemandangan berupa matahari tenggelam.

Rumah Cut Nyak Dien

Tempat Wisata di Aceh

Tempat Wisata di Aceh: Rumah Cut Nyak Dien

Sosok Cut Nyak Dien menjadi ikon penting bagi Aceh, karena terkenal dengan perjuangan dan keberaniannya. Atas sumbangsihnya terhadap masyarakat Aceh, didirikanlah Rumah Cut Nyak Dien di Banda Aceh. Tempat ini sangat tepat untuk kamu kunjungi bersama dengan keluarga dan anak-anak untuk mengenal lebih jauh sosok pahlawan yang satu ini. Di dalam Rumah Cut Nyak Dien kamu bisa melihat arsip-arsip perjuangan beliau dalam mengusir penjajah. Rumah ini hanya merupakan replika karena rumah aslinya telah terbakar pada tahun 1896. Bagian yang masih asli dari rumah ini adalah sumur tinggi dimana kamu bisa sampai ke lantai dua rumah Cut Nyak Dien.

Air Terjun Suhom

Tempat Wisata di Aceh

Tempat Wisata di Aceh : AIr Terjun Suhom

Air terjun Suhom berada di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Untuk sampai ke sini kamu harus menaiki perjalanan naik turun terlebih dahulu. Di tengah perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan Paro dan Kulu. Selain itu, kamu juga tidak perlu kaget karena akan ada monyet yang berkeliaran di sepanjang jalan. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter yang dibagi menjadi tiga tingkat. Tetapi, para pengunjung yang datang tidak diperbolehkan untuk naik ke tingkat dua atau pun tiga air terjun ini demi alasan keamanan karena adanya pembangkit listrik bertegangan tinggi. Para pengunjung yang datang juga diperbolehkan untuk berenang di telaga yang memiliki kedalaman dua meter. Kamu juga bisa bersantai di gazebo yang telah disediakan.

Pantai Lampuuk

Tempat Wisata di Aceh

Tempat Wisata di Aceh : Pantai Lampuuk

Salah satu pantai indah lainnya yang bisa kamu kunjungi di Aceh adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini memiliki panjang sekitar 5 km dari selatan ke utara dengan pasir yang putih lembut. Di kanan dan kiri pantai terdapat tebing karang yang berada di ujung pantai. Para wisatawan yang datang ke sini boleh melakukan berbagai kegiatan mulai dari berjemur, berenang, berselancar hingga bermain banana boat. Satu kegiatan seru yang ada di sini yaitu kamu bisa melihat pelestarian penyu di mana kamu bisa ikut melepas tukik (anak penyu) ke laut lepas.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Aceh yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa sudah pernah berkunjung ke beberapa tempat tersebut?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.