Makanan Khas Aceh yang Harus Kamu Coba!

Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menerapkan sistem syariah. Dijuluki sebagai Serambi Mekah, Aceh memiliki banyak budaya yang unik dan makanan yang beraneka ragam. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Aceh, berikut RedDoorz akan merekomendasikan beberapa makanan khas Aceh yang harus kamu coba!

Mie Aceh

Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh : Mie Aceh

Siapa yang tidak kenal dengan makanan ini. Hampir di setiap tempat di Indonesia kamu bisa menemukan mie aceh. Mie aceh memiliki dua varian yaitu kuah dan goring dengan cita rasa pedas dan gurih. Untuk bahan pembuatannya, mie aceh terdiri dari campuran mie dengan berbagai macam pelengkap seperti seafood dan daging sapi. Makanya, sempatkan waktu untuk mencobanya ya, RedTraveler! Rujak Aceh

Kalau kamu suka makanan yang segar, rujak aceh bisa menjadi kudapan yang lezat untuk menemani perjalanan kamu selama di Aceh. Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak aceh menggunakan buah rumbia khas Aceh. Menariknya lagi, rujak aceh disajikan dalam keadaan dingin dengan parutan es, jadi kamu nggak perlu takut kegerahan saat jalan-jalan ke Aceh karena ada rujak aceh yang bisa menyegarkan harimu.

Sate Matang

Sate Matang Aceh

Sate Matang Aceh : Sate Matang Aceh

Sate matang terbuat dari daging kambing atau daging sapi yang diungkep dengan bumbu khas Aceh sehinggal menghasilkan rasa yang gurih saat disantap.. Berbeda dengan sate lainnya yang hanya disiram dengan saus kacang atau kecap, sate matang disajikan dengan kuah soto sehingga rasanya semakin menyegarkan.

Ayam Tangkap

Makanan khas Aceh

Makanan khas Aceh : Ayam Tangkap

 

Makanan tradisional Aceh lainnya adalah ayam tangkap. Makanan yang satu ini terdiri dari potongan ayam goreng yang dicampur dengan cabai hijau dan daun temurui. Untuk cara memasaknya, ayam ini dioseng dan disajikan dengan taburan bawang goreng. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat yang menjadikan makanan ini terasa mengenyangkan.

Kuah Pliek U

Makanan khas Aceh

Makanan khas Aceh : Kuah Piliek U

Berikutnya, ada kuah pliek u yang merupakan makanan khas Aceh Barat. Masakan yang satu ini memiliki filosofi yang kuat di tempat asalnya, karena menjadi lambang eratnya keberagaman dan kekerabatan masyarakat Aceh. Untuk itu, penyajiannya diletakkan di sebuah kuali besar. Komposisinya terdiri dari beberapa bahan, di antaranya nangka muda, daun melinjo, buah melinjo, jantung pisang, udang, kelapa hingga kates muda. Semua bahan tersebut dimasak berkuah dengan bumbu-bumbu khusus yang menjadikannya terasa gurih.

Kuah Masem Keu-eung

Makanan khas Aceh

Makanan khas Aceh : Kuah Masam Keu’eung

Masakan berkuah lainnya asli Aceh adalah masam keu-eung. Bahan-bahan dari kuah masam keu-eung adalah ikan kecil yang diolah dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, asam sunti, kunyit dan lain-lain. Untuk cita rasanya sendiri, kuah masem keu-eung ini rasanya asam pedas, cocok sekali untuk kamu yang suka makan kuliner dengan rasa tersebut.

Timpahan

Makanan khas Aceh

Makanan khas Aceh : Kue Timpahan

Tidak hanya makanan berat saja yang bisa kamu temukan di Aceh, di sini kamu juga bisa mencicipi kue timpahan. Untuk teksturnya, kue timpahan memiliki tekstur yang kenyal. Sedangkan isiannya, kue timpahan memiliki dua varian rasa yaitu campuran srikaya dan pisang baranang. Untuk mengolahnya, timpahan dibungkus dengan daun pisang muda dan biasanyaditemukan saat Idul Fitri di Aceh.

Dendeng Aceh

Makanan khas Aceh

Makanan khas Aceh : Dendeng Aceh

Dendeng di Aceh mirip dengan dendeng di Padang. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis-tipis untuk kemudian diolah dengan rempah-rempah khas Aceh. Berbeda dengan rendang, daging sapi yang digunakan di sini dibuat kering, sehingga dendeng Aceh bisa bertahan hingga berhari-hari karena telah dikeringkan untuk memperlambat pertumbuhan bakteri.

Ungkot Keumamah Ikan Aceh

Makanan khas Aceh

Makanan khas Aceh : Ungkot Keumamah Ikan Aceh

Masakan khas Aceh yang satu ini berbahan dasar ikan tuna yang dikeringkan untuk kemudian dicincang. Cara memasaknya adalah dengan mencampur ikan dengan santan kelapa, kentang, cabai hijau dan bahan-bahan lainnya. Masakan ini sudah populer sejak jaman perang dan sering disajikan dalam acara-acara tertentu seperti ….

Martabak Aceh

Makanan khas Aceh

Makanan khas Aceh : Martabak Aceh

Martabak Aceh memilki rasa yang unik, karena terbuat dari bahan roti cane di bagian luarnya, kemudian dicampurkan dengan taburan bawang merah, cabai hijau yang dilengkapi dengan kuah sambal. Biasanya masyarakat di Aceh menyantap makanan ini di malam hari.

Gulai Kambing

Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh : Gulai Kambing

Selanjutnya, ada gulai kambing khas Aceh. Biasanya gulai kambing dimasak dengan bumbu asli Aceh di dalam kuali besar. Penyajiannya juga sangat unik yaitu harus selalu dalam keadaan panas. Biasanya gulai kambing ini terasa empuk karena dimasak dalam waktu yang cukup lama. Itulah beberapa infomasi mengenai makanan khas Aceh. Kalau kamu sendiri paling suka makan apa?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.