Untuk kamu yang ingin berlibur ke Jawa Tengah, Dieng bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Di sini banyak terdapat tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan kasih info mengenai tempat-tempat tersebut.

Telaga Pengilon Dieng

Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Telaga Pengilon

Saat berkunjung ke Dieng, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Telaga Pengilon. Lokasi dari telaga ini bersebelahan dengan Telaga Warna. Meski keduanya bersebelahan, dua telaga ini memiliki karakteristik yang berbeda. Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak berwarna seperti Telaga Warna. Untuk kamu yang memiliki hobi fotografi, tempat ini cocok untuk kamu jadikan spot foto karena memiliki pemandangan yang dihiasi oleh perbukitan.

Pendakian Gunung Prau

Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Gunung Prau

Kamu suka naik gunung? Di Dieng, kamu bisa mendaki gunung Prau yang terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang berwarna keemasan. Meski tidak sepopuler Gunung Sumbing, Merapi atau Sindoro, gunung dengan ketinggian 2565 mdpl ini tetap menawarkan keindahan alam yang menarik. Untuk mendakianya, kamu bisa melalui beberapajalur pendakian seperti Patak Banteng dan Kali Lembu. Perlu diingat, meski tingginya tidak seberapa, tapi sebaiknya sebelum naik Gunung Prau kamu perlu melakukan persiapan fisik yang matang.

Wisata Kawah Sikidang

Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang juga termasuk salah satu yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan di Dieng. Luas Kawah Sikidang Dieng ini sekitar 200 meter persegi. Di tempat ini banyak terdapat dataran luas sehingga pengunjung bisa melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah. Kawah Sikidang juga memiliki kandungan belerang yang tinggi, jadi untuk pengamanan pengelola telah membuat pagar pembatas di sekitar kawah dan dianjurkan untuk menggunakan masker selama berada di sana.

Telaga Warna di Dieng

Tempat WIsata di Dieng
Tempat WIsata di Dieng : Telaga Warna

Bagi para traveler, Telaga Warna Dieng memang sudah menjadi tempat wisata yang cukup dikenal. Telaga ini berada pada ketinggian 2000 mdpl, sehingga pemandangannya sangat indah. Keunikan dari Telaga Warna Dieng adalah warna airnya yang sering berubah, mulai dari biru, hijau, putih merah, hingga lembayung. Hal ini terjadi karena Telaga Warna Dieng memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, sehingga jika terkena sinar matahari warnanya menjadi berubah.

Bukit Sikunir

Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Bukit Sikunir

Tempat ini sering dikatakan sebagai negeri di atas awan karena di bukit ini kamu bisa melihat hamparan awan yang berada di bawah bukit. Karena termasuk tempat yang favorit, suasana di Bukit Sikunir selalu ramai oleh para pengunjung. Dari sini kamu bisa indahnya matahari terbit dan terbenam. Untuk lebih menikmati pemandangan, sebaiknya kamu berkunjung ke sini pada bulan Juli-Agustus karena sedang musim kemarau sehingga langit akan terlihat cerah.

Candi Arjuna

 Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Candi Arjuna

Candi Arjuna berada di wilayah Dieng Kulon, Banjarnegara. Dulu Candi Arjuna merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno untuk menyembah Dewa Syiwa. Dengan lokasinya yang berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl, Candi Arjuna terlihat mempesona dengan suasananya yang sejuk. Sejak tahun 2010, kompleks Candi Arjuna mulai digunakan untuk pengembangan wisata yang dikemas oleh Dinas Pariwisata Banjarnegara dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) untuk Dieng Culture Festival. [

Candi Gatotkaca

Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Candi Gatot Kaca

Candi Gatotkaca dibangun pada masa pemerintahan Ratu Sima. Namanya sendiri diambil dari cerita Mahabarata yang merupaka kisak klasik kerajaan di Pulau Jawa/. Candi ini terletak di sebelah barat Kompleks Percandian Arjuna, di tepi jalan ke arah Candi Bima, di seberang Museum Dieng Kailasa.. Dibangun pada tahun 2008, Museum Kailasa memuat berbagai macam informasi sejarah yang ada di dataran tinggi Dieng. Di sini kamu bisa melihat batu-batu penyusun candi, artefak-artefak tua hingga letusan Gunung Prau di Jawa Tengah.

Telaga Merdada

Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Telaga Mardada

Selain Telaga Warna, ada juga Telaga Merdada yang meruapakan telaga terluas yang ada di Dieng. Luas dari Telaga Merdada mencapai 21 hektar. Di sini kamu bisa melihat pemandangan berupa dua bukit terjal yaitu Pangonan dan Sumurup. Selain itu, di sekitaran danau kamu bisa menemukan banyak tanah berundak yang dijadikan tempat bertani kentang. Tempat ini juga cocok untuk kamu yang suka dengan suasana sepi karena masih jarang dikunjungi wisatawan. Untuk berkunjung ke sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Batu Ratapan Angin

Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin terletak berdekatan dengan Telaga Warna. Tempat ini juga menjadi spot menarik bagi para pengunjung yang datang ke Dieng. Dari sini kamu bisa meilhat pemandangan berupa Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Tetapi, karena tempatnya tinggi kamu perlu tenaga ekstra untuk mencapainya. Setelah sampai barulah semua perjalanan kamu tidak akan terasa sia-sia karena keindahan yang ada.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Dieng. Kalau kamu sendiri paling suka kemana? Nah, mumpung kamu mau ke sana, kamu bisa nih cobain nginep di RedDoorz near Sanata Dharma, RedDoorz Plus near Desa Wisata Kasongan, RedDoorz near Politeknik Seni Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s