Untuk kamu yang ingin mencari suasana baru di Pulau Jawa, Klaten bisa menjadi destinasi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Di Klaten kamu bisa menemukan banyak sekali tempat wisata alam hingga peninggalan sejarah. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas lebih detail mengenai tempat wisata di Klaten.

River Boarding di Kali Pusur Klaten

Tempat Wisata di Klaten
Tempat Wisata di Klaten : River Boarding

Untuk kamu yang suka dengan liburan yang menantang, kamu bisa coba river boarding di Kali Pusur Klaten. Tempat ini dapat ditempuh kurang lebih sekitar 10 km dari Klaten dan melintasi desa di Kecamatan Tulung dan Polangharjo. Arus di Kali Pusur ini bermacam-macam, ada yang berarus deras, jeram hingga pelan. Untuk yang baru pertama kali mencoba river boarding, kamu tidak perlu khawatir karena akan ada 2 operator yang siap mendampingi. Untuk satu orangnya, biaya river boarding di Kali Pusur Klaten ini sebesar Rp 150.000,-.

Umbul Kapilaler Klaten

Tempat Wisata di Klaten
Tempat Wisata di Klaten : Umbul Kapilaler

Selanjutnya, ada Umbul Kapilaler yang berlokasi di Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Umbul ini tidak terlalu besar dibandingan dengan umbul lain yang ada di Klaten. Umbul Kapilaler Klaten semakin terlihat alami dengan banyaknya rerimbunan pohon beringin dan bebatuan besar di pinggirnya,  sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi para wisatawan untuk liburan. Untuk masuk ke tempat wisata di Klaten ini kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos sama sekali, tapi hindarilah untuk datang ke tempat ini pada pagi dan sore hari karena masyarakat setempat banyak yang mandi di daerah ini.

Galuh Tirto Nirmolo Klaten

Tempat Wisata di Klaten
Tempat Wisata di Klaten : Kolam Renang

Di Galuh Tirto Nirmolo Klaten, kamu bisa berlibur bersama keluarga sambil main air. Berlokasi di Tlogo Prambanan, Klaten, ada banyak fasilitas dan wahana menarik di sini, sebut saja kolam mandi, kolam renang seluncur, kolam renang anak-anak, kolam arus, kolam renang laba laba, kolam renang taman air dan kolam renang dewasa. Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa menemukan aneka permainan mulai dari kereta wisata, mobil elektrik, motor ATV, boom boom car, pesawat putar, sangkar putar, becak mini, bioskop dimensi, flying fox dan perahu. Kamu bisa datang ke Galuh Tirti Nirmolo setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.30 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000,-.

Air Umbul Ponggok

Tempat Wisata di Klaten
Tempat Wisata di Klaten : Umbul Ponggok Klaten

Untuk kamu yang suka diving, ada wahana permainan bernama Air Umbul Ponggok. Di sini kamu bisa menyelam dan bermain dengan ikan-ikan, nonton TV bahkan mengendarai motor karena di dasar sungai terdapat barang-barang yang sengaja ditaruh untuk selfie saat kamu menyelam di bawah air. Umbuk Ponggok menjadi tempat yang seru untuk bermain air karena memiliki luas 6000 meter persegi dan kedalaman sekitar 1-3 meter. Untuk masuk, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000,-.

Waduk Rowo Jombor

Tempat Wisata di Klaten
Tempat Wisata di Klaten : Waduk Rowo Jombor

Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Klaten karena memiliki pemandangan yang Indah. Sampai sekarang, tempat ini digunakan masyarakat sekitar untuk saluran irigasi dan pemeliharaan terumbu karang. Sambil memandang keindahan rawa yang ada di sini, kamu bisa menikmati kuliner khas yang tersedia di warung apung yang ada di Rowo Jombor.

Baca Juga: Wisata Kuliner Dekat Transportasi Umum di Jakarta

Candi Sewu Klaten 

Candi Sewu

Candi Sewu merupakan salah satu situs prasejarah yang ada di Klaten. Nama Sewu sendiri berarti seribu yang menandakan bahwa ada seribu candi di tempat tersebut. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu bisa melihat 8 candi penjuru,  1 candi utama, 240 candi parawa dan 249 candi lainnya yang tersusun secara apik. Kamu bisa menemukan candi-candi tersebut di komplek Candi Sewu yang berda di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Candi Sewu Klaten juga sangat mudah untuk diakses karena hanya berjarak sekitar 800 meter saja dari Candi Prambanan dan Arca Roro Jonggrang.

Candi Plaosan

Candi Plaosan

Berjarak 1 km dari arah Candi Prambanan, ada Candi Plaosan yang tak kalah menarik. Arsitektur dari Candi Plaosan sangat menarik. Banyak wisatawan yang datang kemari untuk mengabadikan keindahannya di sore hari. Candi Plaosan pertama kali dibangun pada abad ke-9 yaitu tepatnya saat masa kerajaan Mataram Kuno. Di sini ada dua candi utama yang bisa kamu lihat yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Di masing-masing candi kamu akan melihat beberapa arca dan stupa. Dulu, candi-candi ini juga pernah dipugar oeh DInas Purbakala pada tahun 1962 dan pada tahun 1990 oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala.

Itulah beberapa tempat wisata di Klaten yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana? Kalau kamu mampir ke Klaten, kamu bisa menginap di RedDoorz Plus near Alun-alun Selatan, RedDoorz Premium near Sleman City Hall, RedDoorz near Pojok Benteng Yogyakarta, dan RedDoorz Plus near Keraton Yogyakarta 2.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.