Idul Adha atau biasa disebut Lebaran Haji merupakan hari besar yang dirayakan umat muslim. Perayaan ini dilakukan dengan mengurbankan kambing, sapi, dan domba. Pada saat Idul Adha, biasanya setiap rumah mendapatkan daging kurban. Nah, kayanya udah gak heran lagi kalau Idul Adha ini menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga atau teman untuk membuat sate. RedTraveler, selain sate, kamu sudah punya ide apa nih untu mengolah daging kurban di Hari Raya Idul Adha? Berikut RedDoorz berikan rekomendasi menu olahan daging untuk merayakan Idul Adha!

1. Rendang

Menu Olahan Daging : Rendang
Menu Olahan Daging : Rendang

Rendang merupakan salah satu masakan olahan daging yang berasal dari Minangkabau dan menggunakan santan kelapa serta bumbu rempah-rempah yang kaya. Rendang terkenal banget kelezatannya, bahkan sampai ke berbagai negara, lho! Bahkan, rendang sempat dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia dan disukai oleh orang-orang dari macanegara. Umumnya rendang menggunakan daging sapi. Nah, untuk kamu yang mendapatkan banyak daging sapi cocok banget untuk dibuat rendang. Selain lezat, rendang juga termasuk lauk yang tahan lama, karena tahan sampai 1 minggu.

2. Sop Kaki Kambing

Menu Olahan Daging : Sop Kaki Kambing
Menu Olahan Daging : Sop Kaki Kambing

Sop kaki kambing? Mungkin kedengarannya biasa saja, tapi nyatanya banyak orang yang suka dengan makanan ini, lho! Sop kaki kambing ini berbahan dasar kaki kambing muda yang dimasak menggunakan rempah-rempah serta memiliki kuah yang beragam sesuai selera, seperti kuah bening, kuah santan, sampai kuah dari susu. Daging di tulang kaki kambing ini sangat lembut sehingga memiliki rasa yang sangat lezat, apalagi ditambah nasi hangat. Kamu tidak perlu khawatir, membuat sop kaki kambing cukup mudah untuk kamu coba di rumah kok!

3. Iga Bakar

Menu Olahan Daging : Iga Bakar
Menu Olahan Daging : Iga Bakar

Kalau kamu pecinta kuliner, pasti udah nggak asing lagi sama iga bakar. Makanan ini biasanya dijual di berbagai tempat makan atau restoran, namun harganya cukup mahal. Nah, kamu bisa membuat makanan restoran ini di rumah, lho! Bahan yang kamu butuhkan yaitu daging sapi bagian tulang iga atau tulang rusuk yang dimasak hingga empuk, kemudian dibakar dan jangan lupa untuk mengolesi daging dengan racikan bumbu rempah-rempah sampai meresap. Dijamin kamu bakalan ketagihan deh dengan dengan rasanya yang gurih! Iga bakar ini cocok banget disantap bareng keluarga di rumah sambil merayakan Idul Adha.

4. Gulai Kambing

Menu Olahan Daging : Gulai Kambing
Menu Olahan Daging : Gulai Kambing

Gulai merupakan makanan yang berasal dari Sumatera Barat. Umumnya gulai memiliki kuah berwarna kekuningan yang kental dan cukup pedas karena dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, lengkuas, jintan, cabai, dan lain-lain. Gulai biasanya dimasak dengan berbagai macam lauk seperti ayam, jeroan, ikan, daging, sampai sayuran. Nah, kalau kamu mendapatkan daging kambing pada Idul Adha, cocok banget untuk diolah menjadi gulai kambing. Rasanya sangat lezat dan gurih karena kaya akan rempah-rempah.

5. Nasi Goreng Kambing

Menu Olahan Daging : Nasi Goreng Kambing
Menu Olahan Daging : Nasi Goreng Kambing

Makanan ini kayanya udah jadi favorit hampir semua orang, deh! Kalau kamu memiliki daging kambing di rumah tapi bingung mau masak apa dan gak mau yang ribet, masak nasi goreng kambing aja udah cukup kok! Kamu bisa membuat resep nasi goreng andalan kamu ditambah dengan potongan daging kambing yang sudah dimasak. Kamu juga bisa menambahkan telur, kerupuk udang atau emping, irisan timun dan tomat sebagai pelengkapnya. Selain simple, rasanya udah pasti lezat!

Itulah beberapa rekomendasi menu olahan daging untuk merayakan Idul Adha kamu! Setelah lebaran Idul Adha, nggak ada salahnya loh untuk staycation di RedDoorz. Dengan RedDoorz, kamu bisa mendapatkan penginapan terjangkau dengan fasilitas yang lengkap. Kamu bisa booking di www.reddoorz.com atau melalui aplikasi yang bisa kamu download di Play Store/App Store!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.