Selamat hari Kemerdekaan RI yang ke-74, RedTraveler! Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak sampai orangtua sangat antusias merayakan kemerdekaan Indonesia dengan membuat lomba-lomba unik untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Tapi kayanya belum lengkap ya kalau RedTraveler belum mengetahui bagaimana sejarah Indonesia. Nah, walaupun sudah melewati tanggal 17 Agustus, gak ada salahnya kok untuk mempelajari sejarah. Berikut RedDoorz bahas beberapa pilihan museum sejarah Indonesia untuk kamu kunjungi!

1. Museum Joang 45

Museum Joang 45
Museum Joang 45

Museum Joang 45 merupakan salah satu bukti sejarah dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1974 setelah direnovasi. Di dalam museum ini, kamu bisa menemukan banyak banget sejarah mengenai perjuangan bangsa Indonesia dalam bentuk patung-patung, lukisan, dokumentasi dan terdapat koleksi mobil dinas Presiden dan Wakil Presiden RI pertama. Di sini juga terdapat Bioskop Joang 45 dimana kamu bisa menonton film dokumenter mengenai perjuangan bangsa Indonesia.

Alamat: Jl. Menteng Raya No.31, RT.1/RW.10, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

2. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi merupakan tempat para pendiri bangsa menyusun naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia agar terhindar dari serangan musuh. Tempat ini dulunya merupakan kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda, yaitu seorang laksamana Jepang yang sempat tinggal di Indonesia. Di sini kamu bisa mempelajari banyak tentang sejarah Indonesia. Terdapat beberapa ruangan di museum ini antara lain Ruang Pra-Proklamasi Naskah Proklamasi, Ruang Perumusan Naskah Proklamasi, Ruang Pengesahan/Penandatanganan Naskah Proklamasi dan Ruang Pengetikan Teks Proklamasi.

Alamat: Jl. Imam Bonjol No.1, RT.9/RW.4, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

3. Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional
Museum Kebangkitan Nasional

Tempat ini dulunya bernama STOVIA (School tot Opleding van Inlandsche Arsten) yaitu sekolah kedokteran Jawa yang sudah diresmikan pada tahun 1902. Di sini kamu bisa melihat berbagai benda bersejarah dan ilustrasi kejadian pada jaman dahulu di beberapa ruangan antara lain di ruang Pengenalan, ruang Awal Pergerakan Nasional, ruang Kesadaran Nasional, ruang Pergerakan Nasional, ruang Propaganda Studi Fonds, ruang Memorial Budi Utomo, sampai Ruang Pers. Museum ini buka pada hari selasa sampai minggu.

Alamat: Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, RT.4/RW.5, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat

4. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda
Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda awalnya adalah sebuah gedung untuk pelajar STOVIA sejak tahun 1908. Tempat ini juga merupakan tempat berlangsungnya Kongres Pemuda Kedua pada 15 Agustus 1928. Saat ini Museum Sumpah Pemuda dikelola oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, lho! Di sini kamu bisa mempelajari sejarah melalui benda-benda dan koleksi yang ada, salah satunya adalah biola WR. Supratman yang digunakan untuk membuat lagu Indonesia Raya.

Alamat: Jl. Kramat Raya No.106, RW.9, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat.

5. Museum Lubang Buaya

Museum Lubang Buaya
Museum Lubang Buaya

Museum ini merupakan salah satu museum populer yang banyak dikunjungi orang-orang. Banyak orang yang datang ke sini untuk mengenang perjuangan para pahlawan revolusi demi membebaskan Indonesia dari ancaman ideologi komunis. Di sini banyak banget yang bisa kamu pelajari, salah satunya mengenai peristiwa G30S PKI mulai dari rapat persiapan pemberontakan, penculikan para jenderal dan masih banyak lagi. Kamu bakalan melihat berbagai ilustrasi yang sangat nyata seperti pada saat kejadian. Di museum Lubang Buaya juga terdapat patung besar tujuh pahlawan revolusi, lho!

Alamat: Jalan Raya Pondok Gede RT.4/RW.12, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

Itulah beberapa pilihan museum sejarah Indonesia yang dapat kamu kunjungi. Setelah mengunjungi berbagai museum di atas, kamu bisa menginap di RedDoorz. Dengan RedDoorz, kamu bisa mendapatkan penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap di www.reddoorz.com atau melalui aplikasi RedDoorz yang bisa kamu download di Play Store/App Store dan dapatkan promo menarik!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.