Nggak lagi dengerin radio, liat instastory, atau ngobrol sama temen-temen di kantor, pasti topik yang lagi dibahas nggak jauh-jauh dari polusi di Jakarta. Buat kamu yang sehari-hari hidupnya di gedung tinggi, pas liat keluar emang nggak mungkin lepas juga sih dari pemandangan abu-abu yang menghiasi ibu kota kita ini. Belom lagi kalo yang biasa naik ojek buat berangkat kerja, udah gunain masker tapi kok kayaknya polusi di Jakarta ini masih semriwing lewat di depan hidung. Nah, bisa jadi masker kamu kurang sesuai sama keadaan udara kita sekarang. Baca dulu yuk, RedTraveler, tips menangkal polusi saat jalan-jalan di Jakarta berikut ini!

  1. Pantau kualitas udara
Tips Menangkal Polusi Saat Jalan-jalan di Jakarta
Sumber gambar: suara.com 26 Juni 2019

Sebelum keluar rumah, kamu bisa siapin perjalanan kamu dengan mengira-ngira dulu separah apa udara hari ini. Ya, walaupun masih ketebak sih, akhir-akhir ini Jakarta pasti masih masuk 5 besar udara terburuk. Kalo emang lagi parah banget, jangan lupa buat siapin beberapa langkah lanjutan di bawah ini!

  1. Gunakan masker khusus dan transportasi umum
Tips Menangkal Polusi Saat Jalan-jalan di Jakarta
Sumber gambar: CNN Indonesia

Nah, yang masih suka ngerasa kalo masker yang kamu gunakan cenderung nggak guna, coba pastiin dulu kamu udah pake masker N95 belom? Karena menurut dokter paru dari Omni Hospital, dr Frans Abednego Barus, SpP yang dilansir dari health.detik.com, masker yang kamu terima dari ojek online itu nggak cukup untuk menahan debu apalagi polusi. Oleh karena itu, lebih baik dianjurkan untuk menggunakan masker N95 walaupun harganya sedikit lebih mahal.

  1. Konsumsi makanan kaya antioksidan
Tips Menangkal Polusi Saat Jalan-jalan di Jakarta
Sumber gambar: zonalima

RedTraveler tau nggak kalo rajin mengkonsumsi brokoli bisa membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh? Termasuk racun yang berhubungan dengan polusi, lho! Selain brokoli, mengkonsumi tomat juga ampuh untuk melindungi tubuh dari penyakit-penyakit saluran pernapasan. Nggak cuma brokoli dan tomat, bayam dengan kandungan vitamin E juga dapat mengontrol inflamasi karena kaya akan antioksidan.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Saat Traveling

  1. Makan alpukat
Tips Menangkal Polusi Saat Jalan-jalan di Jakarta
Sumber gambar: detik health

Setelah makanan di atas, makan alpukat juga penting untuk menangkal polusi di Jakarta. Buah yang kaya dengan vitamin E ini bisa mengurangi efek polusi di paru-paru kita. Buat kamu yang merasa punya masalah sama saluran pernapasan kayak asma, dianjurkan juga untuk mengonsumsi alpukat. Jenis makanan kayak brokoli, bayam, tomat, dan alpukat sebenarnya lumayan mudah untuk ditemukan. Makanya kamu jangan malas buat mengonsumsi makanan-makanan ini ya, RedTraveler! Demi kesehatanmu.

  1. Jangan lupa perhatikan perawatan kulitmu!
Tips Menangkal Polusi Saat Jalan-jalan di Jakarta
Sumber gambar: pexels.com

Udah pada tau kan kalo polusi nggak cuma bahaya buat saluran pernapasan tapi juga kulit kita? Sinar matahari sendiri aja udah berpotensi untuk ngebuat kita ngalamin penuaan dini, ditambah dengan polusi yang memberikan efek radikal bebas di kulit kita. Jangan sampe kulit kita jadi keriput sebelum waktunya ya. Coba biasain deh mulai sekarang rajin menggunakan body lotion dengan kandungan SPF atau kalo mau lebih spesifik lagi dengan kandungan PPF (pollution protection factor). Nggak cuma ngerawat dari dalem, tapi bagian terluar tubuh kita juga justru harus banget dijaga dong, RedTraveler!

  1. Olahraga rutin
Tips Menangkal Polusi Saat Jalan-jalan di Jakarta
Sumber gambar: pexels.com

Inhale… exhale… Kalo kamu setiap harinya mondar mandir di jalanan Jakarta, penting banget nih buat olahraga seenggaknya 150 menit seminggu. Dengan olahraga, kita bisa menjaga sirkulasi pernapasan kita biar nggak sesak sama polusi.

  1. Kurangi aktivitas di luar
Tips Menangkal Polusi Saat Jalan-jalan di Jakarta
Sumber gambar: RedDoorz

Buat yang kerjaannya meeting di luar atau kerja lapangan, mungkin bisa mengurangi aktivitas di luar saat weekend. Quality time sama orang-orang tersayang kan nggak mesti beraktivitas di luar, booking RedDoorz aja!  Karena RedDoorz udah hadir di 50+ Kota di Indonesia, dengan 1000+ hotel dan 12.000 kamar mulai dari Rp 99.000/ malam! Fasilitas RedDoorz juga dijamin lengkap kok, RedTraveler. Kamu nggak perlu khawatir untuk mendapatkan fasilitas seperti air mineral, wifi, perlengkapan mandi, linen dan kamar mandi yang bersih, serta tv satelit biar liburan kamu tambah seru! Klik di sini untuk booking sekarang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.