Di hari libur, berbagai kebun binatang di Indonesia seringkali menjadi destinasi yang ramai dikunjungi. Selain berekreasi, kebun binatang juga menjadi tempat untuk wisata edukasi, terutama bagi keluarga agar anak-anaknya mengenal flora dan fauna yang tersebar dari berbagai belahan dunia. Kebun binatang juga seringkali dimanfaatkan untuk kepentingan riset dan konservasi hewan-hewan yang terancam punah. Nah, buat RedTraveler yang ingin berkunjung ke kebun binatang, berikut RedDoorz akan kasih informasi mengenai beberapa kebun binatang yang bisa RedTraveler kunjungi.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang di Indonesia
Kebun Binatang Ragunan

Terletak di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, kebun binatang dengan luas 140 hektar ini didirikan pada tahun 1864. Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia dan saat ini memiliki koleksi sebanyak 295 spesies satwa. Untuk berkunjung ke sana, kamu bisa menggunakan Transjakarta koridor 6 dan turun di Halte Ragunan yang berada persis di depan pintu masuk kebun binatang. Bila membawa kendaraan sendiri, kamu akan dikenakan tarif parkir berdasarkan kendaraan yang kamu bawa, dengan tarif berupa sepeda yakni Rp 1.000, tarif parkir motor Rp 3.000, tarif parkir mobil Rp 6.000, tarif parkir bus sedang Rp 12.500, dan tarif parkir bus besar Rp 15.000. Harga tiket masuknya sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak, dan harus menggunakan kartu Jakcard yang bisa kamu beli di loket. Kebun Binatang Ragunan buka setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 06.00 hingga 16.00, hari Senin tutup karena merupakan hari libur satwa. Habis berkunjung ke sana, kalau lelah kamu bisa menginap di RedDoorz Premium near Ragunan Zoo 2 lho!

Taman Hewan Pematang Siantar

Kebun binatang di Indonesia
Photo credit: Tribunnews

Berlokasi di Sumatra Utara, Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) sebagai sebuah Lembaga Konservasi sampai saat ini mengkonservasi beragam jenis satwa yang terdiri dari koleksi Mamalia sebanyak 201 ekor dari 51 spesies, koleksi Aves 455 ekor dari 113 spesies, dan koleksi Reptil 59 ekor dari 19 spesies. Jumlah keseluruhan satwa koleksi yang dikonservasi di dalam THPS totalnya mencapai sebanyak 715 ekor yang terdiri dari 183 spesies. Sampai saat ini jumlah koleksi yang terdapat di THPS terus bertambah karena THPS memiliki kebijakan konservasi dan penangkaran satwa yang dapat terbilang sukses. THPS dalam menjalankan peranannya sebagai lembaga konservasi sudah memiliki kemampuan yang mandiri dalam melestarikan satwa dan berhasil dalam menangkar satwa yang termasuk langka seperti Siamang, Harimau Putih dan Harimau Sumatera. Selain itu THPS juga kerap menerima sumbangan hewan yang ditangkap oleh masyarakat atau hewan hasil buruan dan peliharaan warga. Di antaranya THPS pernah menerima buaya pemangsa manusia yang tertangkap warga di Kabupaten Labuhan Batu. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 25.000, THPS buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Sambil berkeliling Sumatra Utara, kamu juga bisa cek beberapa hotel RedDoorz lho di bawah ini!

Taman Safari Indonesia Bogor

Kebun binatang di Indonesia
Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas dan terletak di Cisarua, Bogor. Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut kecuali hewan-hewan pemangsa karena sangat berbahaya. Taman Safari memiliki sekitar 2.500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia, termasuk satwa langka seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya. Taman Safari Indonesia dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi seperti bus safari, danau buatan, dan sepeda air. Harga tiket masuknya berbeda saat weekdays dan weekend, untuk anak di bawah 5 tahun tarifnya Rp 170.000 saat weekdays dan Rp 210.000 saat weekend, sedangkan untuk yang berusia di atas 6 tahun harganya Rp 190.000 saat weekdays dan Rp 230.000 saat weekend. Jam bukanya mulai dari pukul 09.00 hingga 17.30. Pas banget, untuk mengusir lelahmu, kamu bisa menginap di RedDoorz Plus near Taman Safari Indonesia ya!

Batu Secret Zoo

Kebun binatang di Indonesia
Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo mulai dibangun pada akhir tahun 2008 bersamaan dengan Jawa Timur Park 2 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010. Batu Secret Zoo adalah tempat wisata dan konservasi satwa modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Di lahan seluas 14 hektar, pengunjung dapat melihat dari dekat berbagai satwa yang habitatnya tersebar di seluruh dunia. Di dalamnya, Batu Secret Zoo memiliki beberapa zona yang disesuaikan dengan habitat dari hewan-hewan yang ada di kebun binatang tersebut serta negara asalnya. Di Batu Secret Zoo memiliki berbagai macam koleksi hewan, yang terdiri dari 132 spesies mamalia, 6 spesies amfibi, 71 spesies reptil, 32 spesies burung dan 63 spesies ikan yang membuatnya sangat menarik untuk dijadikan sarana edukasi bagi keluarga. Tiket masuk Batu Secret Zoo adalah Rp 84.000 untuk weekdays dan Rp 120.000 untuk weekend, dan buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00.

Nah, untuk memudahkan RedTraveler dalam menjelajah Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 70 kota di Indonesia, dengan pilihan lebih dari 1000 hotel dengan lebih dari 21.000 kamar yang bisa kamu pesan melalui apps RedDoorz atau website RedDoorz. Gampang banget kan? Yuk #BukaRedDoorz sekarang!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.