Mumpung lagi ramai soal desa, RedDoorz ingin membahas beberapa desa di Indonesia yang harus kamu kunjungi. Tapi tenang, desa ini bukan desa yang angker kok. Kamu nggak perlu khawatir, karena desa ini bisa dijadikan tempat liburan yang menyenangkan sekaligus edukatif. Biar nggak penasaran, yuk langsung disimak!

Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah

Desa di Indonesia

Ponggok adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Ponggok saat ini telah dikembangkan menjadi desa wisata air, karena memiliki potensi air yang melimpah. Di Desa Ponggok terdapat beberapa umbul (mata air) seperti Umbul Besuki, Umbul Sigedang, Umbul Ponggok, Umbul Kapilaler, serta Umbul Cokro. Pada setiap umbul ini dapat dijumpai pemandangan alam yang indah serta air yang jernih, didukung dengan suasana pedesaan yang asri sehingga sangat sesuai jika desa ini dikembangkan menjadi sebuah desa wisata.

Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur

Desa di Indonesia

Desa Pujon Kidul adalah salah satu destinasi unggulan di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Salah satu desa di Indonesia ini dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dan wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang berbau alam seperti memetik sayur, pengolahan susu, wahana outbond, air terjun dan wisata alam lainnya. Desa Pujon Kidul dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan udara di desa ini cukup sejuk, ditambah dengan banyaknya sawah warga yang nampak sangat hijau sehingga banyak spot foto yang sangat menarik.

Desa Ubud, Gianyar, Bali

Desa di Indonesia

Desa Ubud adalah sebuah desa wisata di daerah kabupaten Gianyar, pulau Bali, Indonesia. Ubud terletak di antara sawah dan hutan yang memiliki pemandangan alam sangat indah. Selain itu, Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Di Ubud banyak pula terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa. Desa ini semakin mendapat eksposur setelah menjadi lokasi syuting film “Eat Pray Love” yang dibintangi oleh Julia Roberts, dan merupakan adaptasi dari buku yang berjudul sama, karangan Elizabeth Gilbert.

Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta

Desa di Indonesia

Sejak tahun 1971-1972, Desa Wisata Kasongan mengalami kemajuan cukup pesat. Sapto Hudoyo (seorang seniman besar Yogyakarta) membantu mengembangkan Desa Wisata Kasongan dengan membina masyarakatnya yang sebagian besar pengrajin untuk memberikan berbagai sentuhan seni dan komersial bagi desain kerajinan gerabah. Hasil kerajinan tersebut berkualitas bagus dan telah diekspor ke mancanegara seperti Eropa dan Amerika. Biasanya desa ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Kawasan wisata ini dapat dijadikan kawasan wisata edukasi dan para wisatawan dapat langsung belajar, bagaimana membuat gerabah yang baik dan benar.

Desa Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur

Berada di kawasan Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Jawa Timur yang populer dengan wisata alamnya, Desa Taman Sari yang diapit Kampung Penambang, Kampung Bunga dan Kampung Susu ini diresmikan sebagai desa wisata pada pertengahan 2016. Selain kawah gunung di Ijen, integrasi keunikan budaya di tiga kampung di Taman Sari, membuat wisatawan tertarik untuk mampir dan melihat keunikan budaya masyarakat Osing. Osing merupakan suku asli di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pentas musik kelas dunia pun diselenggarakan di sini, Ijen Summer Festival merupakan salah satunya.

Gimana, menarik kan? Yang jelas desanya nggak angker dan menyeramkan kok, malah penuh hiburan dan edukatif. Jadi, nggak perlu berpikir dua kali lagi untuk ke sana dan jangan lupa, nginepnya di RedDoorz ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.