Walaupun tujuannya sebagai tempat ibadah, namun pendiri masjid seringkali melakukan pembangunannya dengan arsitektur yang sangat niat. Contohnya aja kayak Masjid Kubah Mas, yang atap-atap kubahnya dilapisi emas 24 karat sehingga jadi keliatan cantik banget. Nggak cuma itu, atap-atap Masjid Kubah Mas juga dilapisi mozaik kristal lho, RedTraveler! Hebatnya, masjid-masjid di Indonesia ini justru malah menarik wisatawan asing untuk berkunjung dan mempelajari sejarahnya. Buktinya per Juli kemarin, pihak Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, mengklaim bahwa ada 300 wisatawan asing yang datang kesana untuk berwisata perharinya. Keren kan? Indonesia masih punya berbagai masjid unik kok, RedTraveler. Nih, RedDoorz kasih tau masjid unik lain di Indonesia yang bisa kamu kunjungi!

  • Masjid 99 Kubah, Makassar
Masjid Unik di Indonesia untuk Berpelesir
Sumber gambar: Explore Wisata

Masjid cantik ini dibangun dengan megah di atas lahan reklamasi Pantai Losari, Makassar. Yep, nggak cuma dari luar aja keliatan megah, konon masjid dengan 99 kubah ini mampu menampung 10.000 orang di dalamnya. Hmm… gede banget kan! Fun fact, yang merancang masjid ini adalah Gubernur Jawa Barat yang tidak lain tidak bukan adalah Bapak Ridwan Kamil, lho. Sekilas desainnya mirip banget sama Hawa Mahal di Rajasthan, India ya, RedTraveler. Tapi tetep aja, keunikan masjid ini menjadikannnya sebagai ikon terbaru dari Sulawesi Selatan.

  • Masjid Khadija, Sleman
Sumber gambar: tripzilla.id

Setelah membahas masjid megah, kita harus mematahkan stereotype kalo masjid itu harus dibangun dalam bentuk yang besar nih, RedTraveler. Karena Masjid Khadija ini terhitung sebagai masjid yang ukurannya kecil. Eits, tapi jangan diremehin. Masjid Khadija ini sangat unik karena dihiasi dengan ornamen-ornamen Kristal. Di dalamnya, kamu akan menemukan atap yang dihiasi dengan kaca beraneka warna. Selain itu, pola keramik bermotif floral juga mempercantik lantai masjid ini. Nggak cuma sampe di situ, kamu bakal betah lama-lama di dalam sini karena ada air mancur yang bikin suasana jadi adem.

  • Masjid Ramlie Musofa, Sunter
Sumber gambar: Travelingyuk.com

Desain masjid ini unik karena dibilang mirip sama bangunan Taj Mahal di India sana. Yang bikin tambah unik, masjid ini nggak mengumandangkan adzan secara lantang ketika waktu solat tiba. Ini merupakan kesepakatan pihak masjid dengan warga sekitar, karena emang warga sekitar sini memiliki populasi umat muslim yang minor. Nah, sebagai gantinya masjid ini memiliki bedug untuk mengumumkan waktu solat.

Baca juga: Kebun Binatang di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

  • Masjid Raya An-Nur, Bintan
Sumber gambar: Wisatasia

Uniknya masjid ini nggak cuma terlihat dari warnanya yang pink, tapi juga dari bentuk kubahnya yang berornamen. Nggak cuma bagian luar kubahnya aja yang gemes, tapi desain di bagian dalamnya juga nggak kalah cantik. Kalo liat masjid ini, bawaannya cerah ceria deh, RedTraveler!

  • Masjid Agung Al-Falah, Jambi
Sumber gambar: Analisadaily

Masjid ini emang nggak punya pintu dan jendela, RedTraveler, tapi punya 288 tiang! Nggak heran kalo masyarakat nyebut masjid ini sebagai masjid seribu tiang karena emang tiangnya yang banyak banget. Desain kayak gini sengaja diterapin karena pihak masjid pingin menerima secara ‘terbuka’ bagi siapa aja yang mau beribadah di sini. Haduh, heart-warming banget ya filosofinya. Di sini kamu bisa beribadah sambil ketiup angina sepoi-sepoi, RedTraveler.

Berbagai Pilihan Reddoorz di Indonesia Menunggu Kamu, Lho!

Nah, sambil mikirin mau berkunjung ke mana dulu, jangan lupa buat milih RedDoorz sebagai penginapan kamu. Karena RedDoorz udah hadir di 70+ Kota di Indonesia, dengan 1200+ hotel dan 21.000 kamar mulai dari Rp 99.000/ malam! Buat kamu yang mau liburan ke Makassar, Yogyakarta, sekitaran Jakarta, dan Jambi, nggak perlu bingung lagi. Fasilitas RedDoorz juga dijamin lengkap kok, RedTraveler! Kamu nggak perlu khawatir untuk mendapatkan fasilitas seperti air mineral, wifi, perlengkapan mandi, linen dan kamar mandi yang bersih, serta tv satelit biar liburan kamu tambah seru! Klik www.reddoorz.com untuk booking sekarang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.