Surabaya merupakan kota kedua terbesar setelah Jakarta. Sebagai kota metropolitan, Surabaya juga memiliki banyak sekali tempat wisata dan kuliner yang bisa kamu coba. Nah, kalau kamu mau berlibur ke Surabaya, kayanya belum lengkap kalau belum membeli oleh-oleh khas Surabaya berikut ini!

Baca juga: Wisata Kuliner Surabaya yang Wajib Kamu Coba!

1. Almond Crispy Cheese

Oleh-oleh Khas Surabaya : Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang sangat populer, bahkan banyak dijual online, lho! Jajanan ini terbuat dari telur, tepung, gula, susu bubuk, serta menggunakan keju dan almond sebagai topping-nya. Meskipun bahannya cukup praktis dan sederhana, namun rasanya sangat enak. Almond Crispy terdiri dari tiga varian rasa utama yaitu original cheese, cokelat dan green tea. Jajanan ini juga sangat cocok untuk semua umur, bahkan anak-anak pun suka. Pokoknya jajanan ini wajib banget kamu beli deh, RedTraveler!

2. Sambal Bu Rudy

Oleh-oleh Khas Surabaya : Sambal Bu Rudy

Kalau kamu pecinta pedas, oleh-oleh ini wajib banget kamu beli ketika datang ke kota Surabaya. Sambal khas Surabaya yang satu ini sudah sangat terkenal dan banyak yang menjual online, tapi lebih enak rasanya kalau kamu beli langsung di kota asalnya. Sambal Bu Rudy terkenal dengan rasanya yang lezat dan pedas dengan berbagai varian seperti sambal terasi, sambal ijo, sambal bajak, sambal ikan peda, sambal bawang, sambal udang dan lain-lain. Sambal ini cocok banget buat jadi pendamping lauk atau bahkan hanya dengan sekedar nasi hangat!

3. Kue Bikang Peneleh

Oleh-oleh Khas Surabaya : Kue Bikang Peneleh

Kue Bikang Peneleh merupakan salah satu jajanan favorit di Surabaya. Kamu bisa menemukan kue ini di Jalan Peneleh dengan harga sekitar Rp 5.000,- per potongnya. Kue Bikang Peneleh sangat lezat dah gurih karena terbuat dari tepung beras, gula, dan santan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut di bagian atas dan garing di bagian bawah. Apalagi, warnanya yang cantik, membuat makanan ini menarik untuk dimakan.

4. Kue Lapis Surabaya

Oleh-oleh Khas Surabaya : Kue Lapis

Kalau ke Surabaya tidak lengkap rasanya kalau belum membeli makanan yang satu ini, Kue Lapis Surabaya. Seperti kue lapis pada umumnya, kue ini memiliki rasa yang manis dan lembut. Kue Lapis Surabaya menjadi oleh-oleh andalan wisatawan karena cocok untuk diberikan ke teman, saudara, atau keluarga. Selain itu, kue ini juga cocok dinikmati pada hari-hari spesial seperti pada saat lebaran, natal, tahun baru, dan lain-lain. Di Surabaya sendiri terdapat banyak pilihan kue lapis, kamu tinggal pilih sesuai selera.

5. Siropen Telasih

Oleh-oleh Khas Surabaya : Siropen Telasih

Siropen Telasih merupakan sirup khas Surabaya yang ada sejak tahun 1923 dan didirikan oleh JC Van Drongelen asli warga negara Belanda. Dulunya, hanya kaum bangsawan yang bisa menikmati sirup ini. Nah, pastinya sekarang kamu bisa puas mencobanya! Siropen Telasih memiliki berbagai varian rasa yang unik seperti rasa mawar, cinnamon, caramel, peppermint, melon, dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang enak, harganya juga terjangkau kok, RedTraveler!

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang cocok untuk kamu bawa pulang. Nah, kalau kamu merencanakan liburan ke Surabaya, jangan lupa untuk menginap di RedDoorz. Dengan RedDoorz kamu bisa mendapatkan penginapan yang terjangkau dengan fasilitas yang lengkap di www.reddoorz.com atau melalui aplikasi RedDoorz di App Store/Play Store dan dapatkan promo menarik!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.