Pemerintah Indonesia sudah resmi mencanangkan kalau Kalimantan Timur akan menjadi ibu kota baru. Pertimbangannya, Kalimantan Timur minim bencana alam dan untuk pembangunan yang merata dalam berbagai aspek. Ada apa saja, sih di Kalimantan Timur? Untuk kamu yang penasaran atau kebetulan akan jalan-jalan ke sana, berikut RedDoorz akan membahas tempat wisata Kalimantan Timur yang menarik untuk kamu kunjungi.

Wisata Bukit Bangkirai

Tempat Wisata di Kalimantan Timur
Tempat Wisata di Kalimantan Timur : Bukit Bangkirai

Taman wisata ini mulai beroperasi dari tahun 1998 dan dikelola oleh PT Inhutani I Unit Manajemen Hutan Taman Industri (UMHTI). Untuk sampai ke sini, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 58 km dari kota Balikpapan. Dengan luas 1,500 hektar, kamu bisa menikmati sejuk dan segarnya udara di hutan wisata ini. Di dalam Wisata Bukit Bangkirai juga terdapat beragam vegetasi mulai dari buah-buahan tropis, anggrek hutan liar hingga pohon bangkirai yang berumur sekitar 150 tahun dan memiliki tinggi 50 meter. Selain itu, di sini juga terapat sebuah jembatan yang bernama Jembatan Tajuk. Panjangnya sekitar 64 meter dan berada di ketinggian 30 meter. Jembatan ini menghubungkan 5 pohon Bangkirai besar yang dibuat oleh arsitek asal Amerika Serikat. Untuk kamu yang ingin masuk ke sini harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk turis lokal dan Rp 30.000 untuk turis mancanegara.

Gua Losan

Tempat Wisata di Kalimantan Timur
Tempat Wisata di Kalimantan Timur : Goa Losan

Tempat wisata di Kalimantan Timur berikutnya yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Gua Losan. Dalam bahasa daerah setempat Losan berarti gua tembus yang menjadi penghubung antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Untuk masuk ke sini tidak boleh sembarangan karena kamu harus didampingi oleh juru kunci atau petugas terlatih dari Dinas Pariwisata setempat. Di dalam gua penerangannya hanya sebatas senter dan obor saja. Selain itu, di dalam gua kamu juga akan menemukan sumber air dan deretan batu alam yang jika dipukul akan mengeluarkan suara teratur seperti alat musik. Gua Losan juga cukup besar sehingga perlu waktu lima hari untuk menjelajahinya. Untuk masuk, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000/ orang.

Liang Mangkulangit

Tempat Wisata di Kalimantan Timur
Tempat Wisata di Kalimantan Timur : LIang Mangkulangit

Untuk kamu yang suka dengan tantangan bisa berkunjung ke Liang Mangkulangit. Tempat wisata di Kalimantan Timur ini merupakan sebuah gunung batu yang berfungsi untuk menjadi dinding dan atap bagi Sungai Kandilau. Masuk ke dalam gua kamu akan melihat pemandangan menakjubkan dari megahnya gua ini karena kondisinya yang masih alami.  Tidak hanya itu karena keasriannya kamu juga bisa menemukan banyak satwa liar dan pohon-pohon tropis di sekitar gua. Untuk ke sini kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 5 jam dari Kota Balikpapan.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Tempat Wisata di Kalimantan Timur
Tempat Wisata di Kalimantan Timur : Lembah Hijau

Berikutnya, ada Taman Rekreasi Lembah Hijau yang berlokasi di Samarinda. Di sini para pengunjung bisa melihat replika hutan lengkap dengan berbagai jenis kayu khas Kalimantan. Lebih dari itu, kamu juga bisa menemukan berbagai fasilitas lainnya seperti kolam pemancingan, pendopo, hingga kafetaria. Para pengunjung yang datang ke sini juga bisa berkemah, lengkap dengan peralatan yang telah tersedia. Selain itu, di Taman Rekreasi Lembah Hijau kamu juga bisa menemukan tempat bermain seperti waterbom, jaring panjang hingga flying fox. Tiket masuknya dibanderol sebesar Rp 5.000 per orang dan bagi kamu yang ingin mencoba tempat bermainnya, siapkan uang tambahan sebesar Rp 180.000.

Baca Juga: Lokasi Syuting Drama Korea Paling Menarik!

Pulau Kakaban

Pulau Kababan

Pulau Kakaban menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer di Kalimatan Timur. Pulau Kakaban berada di gugus kepulauan Derawan. Pulau Kakaban menawarkan keindahan berupa danau ubur-ubur, yang menjadi salah satu dari dua danau di dunia yang memiliki ubur-ubur di dalamnya. Ada empat jenis ubur-ubur yang bisa kamu temukan di sini yaitu Casiopea, Aurelia, Mastihias Papua dan Golden Jellyfish. Istimewanya lagi ubur-ubur yang ada di danau ini tidak menyengat sehingga para pengunjung diperbolehkan untuk snorkeling atau menyelam.. Biota laut lainnya yang bisa kamu temukan di sini adalah hammer shark, ikan barakuda, white tip, ikan badut hingga terumbu karang yang cantik.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Tempat berikutnya yang tidak kalah populer di Kalimantan Timur adalah Danau Labuan Cermin. Airnya sangat jernih sehingga kamu bisa melihat sendiri bayangan kamu seperti bercermin. Menariknya lagi, air di danau ini terdiri dari dua lapis di mana bagian atasnya merupakan air tawar dan bagian bawahnya merupakan air asin. Uniknya, kedua air tersebut tidak bercampur dan bisa kamu lihat dengan kasat mata. Inilah yang menjadikan danau ini dihuni oleh berbagi organisme yang berbeda yaitu ikan air tawar yang hidup di permukaan laut dan ikan air asin yang hidup di bawah danau.Lokasi dari danau ini dikelilingi oleh hutan dan tebing. Untuk sampai ke sini kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 6 hingga 7 jam melalui jalur darat atau dengan naik sampan nelayan tradisional yang ada di sana dengan melewati semak bakau dan rimbunnya hutan pedalaman Kalimantan. 

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Kalimantan TImur. Untuk kamu yang ingin liburan ke Kalimantan Timur, kamu bisa menginap di beberapa properti kami seperti RedDoorz Premium @ Bukit Damai Indah, RedDoorz Syariah Near Sepinggan Airport Balikpapan, RedDoorz near Terminal Batu Ampar dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.