Kalo liat sunrise dari atas gunung, mungkin udah banyak banget yang ketagihan karena saking indahnya. Tapi pasti ada aja nih yang males buat mendaki gunung, antara males ngebayangin pas ngedakinya atau dari persiapannya aja udah nggak sanggup karena harus kuat fisik dan sebagainya. Yaudah, belajar dulu aja deh dengan main ke Bukit Sikunir. Udah pernah denger dong? Bukit yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini punya negeri di atas awan lho, RedTraveler. Dari Puncak Sikunir Dieng, kamu bakal ngeliat pemandangan Dieng secara luas di ketinggian 2.300 di atas permukaan laut. Widih… kebayang sih bagusnya kayak apa. Buat yang ngincer sunrise, baca dulu step buat sampe ke Puncak Sikunir Dieng versi mudah di bawah ini!

  • Berangkat di pagi buta

Karena yang mau diliat sunrise, udah pasti berangkatnya harus lebih pagi dari matahari nongol kan, RedTraveler. Hihi… Nah, buat perjalanan pagi buta kayak gini, disaranin kamu lewat jalur Jalan Raya Dieng aja untuk sampe ke Bukit Sikunir di kota Wonosobo. Kenapa? Karena jalur ini merupakan jalur yang termasuk aman dan dapat dilewati sama berbagai jenis kendaraan. Ditambah lagi, jalur ini udah banyak pemukiman penduduk jadi bisa dibilang cukup ramai. Kalo kamu bayangin ini jalanan terjal yang masih terbuat dari tanah, tenang, udah diaspal kok. Jadi buat yang nggak nyetir masih bisa bobok nyenyak walaupun berangkat subuh-subuh. Hehe…

  • Perjalanan menuju alur pendakian
Puncak Sikunir Dieng, Belajar Mendaki dan Liat Sunrise
Credit: sikunir.com

Dari area parkir Bukit Sikunir, perjalanan menuju puncaknya ngabisin waktu sekitar 30 menit aja. Kamu bakal ngelaluin track sepanjang 800 meter dengan komposisi yang kebanyakan tangga, batu, dan tanah. Nah, buat cewek-cewek jangan ide pake flat shoes ya, karena pengen foto cantik di atas. Soalnya alurnya juga cukup licin, RedTraveler, jadi disaranin buat pake sepatu keds aja yang aman. Kalo kamu nggak biasa gerak, ada beberapa pos kok buat berhenti sejenak setelah ngos-ngosan naik beberapa tangga. Pokoknya bawa air kalo emang niat, dan pastiin pake baju hangat aja. Soalnya dingin banget!

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Dieng yang Menarik Untuk Dikunjungi!

  • Perjalanan panjang terbayar
Puncak Sikunir Dieng, Belajar Mendaki dan Liat Sunrise

Setelah ngelewatin tangga-tangga licin yang menantang (gitu aja menantang, yakan), semuanya bakal terbayar ketika kamu sampe di Puncak Sikunir. Kalo amu nyampe tepat waktu, kamu bisa langsung ngeliat golden sunrise yang bikin jatuh hati. Nggak mungkin nggak pengen foto deh, RedTraveler! Kalo udah terangan dikit kayak gini, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing juga bakal terlihat meskipun dari kejauhan. Pasti ada nih momen-momen mengheningkan cipta sejenak, bersyukur masih bisa nikmatin pemandangan kayak gini. Huhu…

  • Banyak yang jual makanan
Credit: The Traveling Cow

Abis mendaki bukit dan foto-foto di berbagai spot kece, biasanya perut mulai berasa laper. Kayaknya kelakuan pengunjung yang kayak gini udah diprediksi sama pedagang-pedagang yang nongkrong di atas Puncak Sikunir deh, karena di atas ada banyak penjual makanan yang siap ngebantu kamu buat ngisi perut. Mulai dari kopi, teh, sampe mie kemasan juga ada. Turun-turun kenyang lagi deh!

Berbagai Pilihan Reddoorz di Indonesia Menunggu Kamu, Lho!

Nah, sambil mikirin mau berkunjung ke mana dulu, jangan lupa buat milih RedDoorz sebagai penginapan kamu. Karena RedDoorz udah hadir di 70+ kota di Indonesia, dengan 1200+ hotel dan 21.000 kamar mulai dari Rp 99.000/ malam! Buat kamu yang mau liburan ke Makassar, Yogyakarta, sekitaran Jakarta, dan Jambi, nggak perlu bingung lagi. Fasilitas RedDoorz juga dijamin lengkap kok, RedTraveler! Kamu nggak perlu khawatir untuk mendapatkan fasilitas seperti air mineral, wifi, perlengkapan mandi, linen dan kamar mandi yang bersih, serta tv satelit biar liburan kamu tambah seru! Klik www.reddoorz.com untuk booking sekarang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.