Menikmati keindahan alam Pulau Flores emang nggak akan ada abisnya. Nggak cuma keindahan alamnya aja yang juara, kekayaan budaya di Pulau Flores juga menarik banget buat dinikmati. Melancong ke Labuan bajo sampai Pulau Komodo, belom lengkap kalo nggak mampir ke desa Wae Rebo. Desa cantik yang konon susah digapai ini, nggak bakal bikin kamu nyesel udah pernah berusaha jauh-jauh dateng ke sini. Siap buat nikmatin keindahan budaya di Pulau Flores?  

Desa yang Terpencil

credit: ngetripkemana.com

Wae Rebo merupakan desa tradisional yang terletak di sebuah kawasan terpencil di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke sini emang lumayan PR nih, RedTraveler. Kamu harus menyisihkan waktu sekitar tiga jam untuk mendaki dan menyusuri daerah yang dikelilingin sama hutan lebat.

Yup, pendakian harus kamu lakuin karena letak desa Wae Rebo ini terletak di ketinggian 1000 mdpl. Nggak cuma hutan lebat aja yang bakal kamu laluin, tapi juga nyeberangin sungau dan pinggir jurang. Capek? Lumayan. Indah? Baca dulu sampe abis.

Desa di Atas Awan

credit: sevakatour

Karena letaknya yang cukup tinggi, orang-orang sering banget nyebut desa Wae Rebo sebagai desa di atas awan. Di sini suasananya sejuk banget, RedTraveler. Ya iya aja, soalnya desa ini juga dikelilingin sama perbukitan yang sangat asri. Sehingga kamu bakal disuguhin sama pemandangan hijau yang bikin ademmm.

Nggak susah deh, RedTraveler, buat jatuh cinta sama desa ini. Selain pemandangannya yang menyejukkan mata, desa Wae Rebo juga kaya sama budaya, adat istiadat dan keramahan warganya. Keunikan rumah warga yang terjejer dengan rapi pun menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan asing. Kayak apa sih rumah di desa Wae Rebo ini? Yuk, lanjutin bacanya.

Baca juga: Spot Foto Bagus buat Pre-wedding di Indonesia

Rumah Adat yang Unik

credit: ksmtour.com

Keunikan rumah adat di desa Wae Rebo ini terletak dibentuk atapnya yang mengerucut. Makanya, rumah adat di sini diberi nama Mbaru Niang yang berarti rumah bundar berbenuk kerucut. Selain itu, di dalamnya juga terdiri dari lima tingkat. Cuma nggak keliatan aja karena ketutupan sama jerami.

Rumah-rumah ini ternyata udah mendunia lho! Konon wisatawan asing dari negara-negara di Eropa sering banget mampir ke sini karena tertarik dengan desain arsitekturnya yang unik. Waduh… jangan mau kalah nih, RedTraveler! Nah, rumah adat ini juga sekaligus menjadi budaya yang dipertahankan dan dijaga keasliannya. Nggak heran deh kalo UNESCO sampe menyatakan desa ini sebagai Warisan Budaya Dunia. Keren abis!

Kearifan Warga Lokal

Wae Rebo Village, Keindahan Budaya di Pulau Flores
credit: grid.id

Aktivitas berburu masih merupakan kegiatan yang dilakukan oleh warga desa Wae Rebo sampe sekarang. Tapi bukan berarti warganya bringas-bringas, RedTraveler. Justru banyak banget wisatawan yang menceritakan pengalamannya bercengkrama dengan warga lokal karena keramahannya.

Abis ngobrol, kamu bisa membawa pulang hasil kerajinan tangan warga local, kopi, vanili, dan kayu manis sebegai buah tangan. Lengkap kan, bisa menikmati alam, belajar budaya, pulangnya bisa bawa oleh-oleh deh!

Berbagai Pilihan RedDoorz di Indonesia Menunggu Kamu, Lho!

Berbagai pilihan hotel RedDoorz seperti RedDoorz Reguler, RedDoorz Plus, atau RedDoorz Premium, kita pasti ngasih pelayanan yang terbaik buat kamu. Makanya, jangan ragu ya buat milih RedDoorz sebagai andalan akomodasimu. Karena RedDoorz udah hadir di 70+ kota di Indonesia, dengan 1200+ hotel dan 21.000 kamar mulai dari Rp 99.000/ malam! Buat kamu yang mau liburan ke Makassar, Yogyakarta, sekitaran Jakarta, Jambi, atau di mana pun di Indonesia, nggak perlu bingung lagi. Fasilitas RedDoorz juga dijamin lengkap kok, RedTraveler! Kamu nggak perlu khawatir untuk mendapatkan fasilitas seperti air mineral, wifi, perlengkapan mandi, linen dan kamar mandi yang bersih, serta tv satelit biar liburan kamu tambah seru! Klik www.reddoorz.com untuk booking sekarang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.