Manado merupakan salah satu kota di Sulawesi Utara yang memiliki pesona alam yang sangat memukau. Tidak hanya punya destinasi wisata yang bisa dikunjungi, makanan khas Manado juga terkenal lezat dan kaya akan rempah-rempah yang pastinya wajib kamu coba. Apa aja sih? Yuk simak rekomendasi makanan khas Manado yang terkenal kelezatannya!

1. Bubur Manado

Makanan Khas Manado : Bubur Manado

Makanan yang satu ini sayang banget kalau kamu lewatkan ketika berkunjung ke Manado. Bubur Manado yang biasa disebut Titunuan berbeda dengan bubur pada umumnya. Bubur Manado dibuat dari sayuran hijau yang dimasak dengan beras dan labu kuning, sehingga membuat bubur ini lebih sehat. Bubur Manado cocok banget untuk menu sarapan kamu. Nah, kalau kamu mau mencoba makanan ini, kamu bisa datang ke Kawasan Kuliner Tinutuan Wakeke yang merupakan salah satu pusat kuliner terkenal di Manado yang menawarkan berbagai menu Tinutuan.

2. Cakalang Fufu

Makanan Khas Manado : Cakalang Fufu

Cakalang fufu merupakan ikan cakalang yang melalui proses pengasapan. Proses pengasapan ini disebut fufu, sehingga ikan ini dikenal dengan nama cakalang fufu. Setelah diasapi, ikan ini dapat diolah menjadi berbagai menu. Cakalang fufu merupakan salah satu oleh-oleh khas Manado yang wajib kamu beli. Bagi kamu yang ingin membeli cakalang fufu, kamu bisa mencarinya di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sario dengan kisaran harga Rp 35.000 – Rp 65.000.

3. Woku Belanga

Makanan Khas Manado : Woku Belanga

Woku Belanga merupakan masakan khas Manado yang dimasak dalam sebuah belanga. Belanga adalah sebuah panci atau wadah berukuran besar yang biasa digunakan untuk memasak. Makanan ini kaya akan rempah karena menggunakan berbagai bumbu seperti kemangi, daun jeruk, cabai, kunyit, serai, jahe, dan lain-lain. Woku Belanga biasanya menggunakan berbagai macam lauk sesuai selera seperti ayam, ikan kakap, ikan kerapu, sampai udang. Woku Belanga cocok banget disantap dengan sepiring nasi hangat. Apalagi, rasanya yang pedas dan menggungah selera bisa buat kamu ketagihan deh!

4. Dabu-dabu

Makanan Khas Manado : Dabu-dabu

Dabu-dabu merupakan sambal khas Manado yang terkenal kelezatannya. Untuk kamu pecinta makanan pedas, kamu pasti akan suka dengan makanan yang satu ini. Sama seperti sambal lainnya, sambal dabu-dabu juga menggunakan bahan-bahan seperti cabai, bawang merah, dan tomat. Namun, jika sambal lain diolah dengan cara diulek atau dihaluskan, bahan untuk sambal dabu-dabu hanya dipotong sebesar dadu dan ditambah perasan jeruk nipis. Sambal dabu-dabu ini memiliki rasa yang pedas dan segar, kamu bisa menikmatinya dengan berbagai lauk seperti ikan atau ayam. Untuk menemukan sambal dabu-dabu di Manado, tidak sulit kok! Banyak tempat makan yang menyediakan lauk dengan sambal dabu-dabu.

5. Klappertart

Makanan Khas Manado : Klappertart

Untuk makanan penutup, Manado punya kue yang sangat populer nih, RedTraveler. Yap, klappertart! Makanan ini adalah kue khas Manado yang merupakan resep dari Belanda. Kue ini berbahan dasar tepung terigu, kelapa, susu, mentega, dan telur. Saat ini klappertart sudah dikembangkan menjadi berbagai rasa seperti rasa coklat, keju, durian, blueberry, dan lain-lain. Bagi kamu yang ingin mencoba klappetart, makanan ini sangat mudah ditemukan di Manado.

Itulah beberapa makanan khas Manado yang terkenal kelezatannya. Untuk kamu yang berencana liburan ke Manado, kamu bisa booking penginapan di RedDoorz @ Jalan Pramuka Manado, RedDoorz near Jalan Jendral Sudirman, RedDoorz Plus @ Paal 2 Manado atau penginapan lainnya yang bisa kamu pesan di www.reddoorz.com atau melalui aplikasi RedDoorz yang bisa kamu download di App Store/Play Store dan dapatkan promo menarik!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.