Kebumen mungkin belum terlalu dikenal sebagai kota tujuan wisata, tetapi tahukah kamu kalau Kebumen menyimpan banyak sekali keindahan alam? Di sini kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata mulai dari pantai, gua hingga bukit yang menyajikan pemandangan menakjubkan. Bagi kamu yang penasaran, berikut RedDoorz akan bahas tempat wisata di Kebumen yang bisa kamu kunjungi.

Pantai Karang Bolong Kebumen

Tempat Wisata di Kebumen
Tempat Wisata di Kebumen : Pantai Karang Bolong

Pantai yang satu ini menjadi objek wisata yang populer di Kebumen. Berlokasi di Kecamatan Buayan, Pantai Karang Bolong memiliki karakteristik berupa pasir abu-abu dan sejumlah karang yang menghiasi sekitar pantai. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat bukit-bukit tinggi yang menjadikan pemandangan di sini terlihat berbeda. Untuk masuk ke sini kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 3,000 saja. Selain itu, keunikan lainnya yang terdapat di pantai ini adalah adanya gua yang di dalamnya menjadi tempat tinggal bagi burung walet. Ada tiga gua yang bisa kamu temukan di pantai ini, yaitu Gua Karang Bolong, Gua Pasir dan Gua Karangduwur.

Gua Jatijajar

Tempat Wisata di Kebumen
Tempat Wisata di Kebumen : Goa Jatijajar

Di dalam Gua Jatijajar, kamu akan melihat banyak stalaktit dan stalagmit. Berbahan dasar batu kapur, bebatuan di sini terbentuk dari tetesan air yang ada di atap gua. Terbentuknya satu stalaktit di sini diperlukan waktu sekitar satu tahun. Tidak hanya itu, di dalam gua kamu bisa melihat delapan diorama dan 32 patung yang menceritakan tentang kisah Raden Kamandaka atau yang lebih dikenal sebagai Lutung Kasarung.

Arung Jeram Padegolan

Tempat Wisata di Kebumen
Tempat Wisata di Kebumen : Arung Jeram Pedalongan

Bagi kamu yang suka kegiatan menantang adrenalin, cobalah Arung Jeram Padegolan. Tempat ini menjadi salah satu objek wisata favorit di Kebumen. Kalau kamu belum pernah menjajal bagaimana rasanya bermain arung jeram, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa pilihan rute yang memiliki beberapa tingkat kesulitan. Selama berarung jeram kamu akan melihat pemandangan berupa popohonan yang berada di kanan dan kiri sungai sejauh 7 km. Kalau kamu penasaran, lokasinya berada di desa Sendang Dalem.

Wisata Alam Jembangan

Tempat WIsata di Kebumen
Tempat WIsata di Kebumen : Wisata Alam Jembangan

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke wisata alam terpadu, Kebumen punya Wisata Alam Jembangan. Jaraknya kurang lebih 20 km dari pusat kota Kebumen. Harga tiket masuknya pun juga sangat terjangkau, sebesar Rp 3,000. Di dalam Wisata Alam Jembangan, kamu akan menjumpai tiga tempat wisata utama yaitu Telaga Hijau, Waduk Pejengkolan dan Jembatan Gantung. Kamu bisa berkeliling untuk melihat keindahan Telaga Jembangan dengan menyewa perahu sebesar Rp 15,000. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai wahana permainan seperti Jembangan Fantasy Zoo, Perahu Air hingga wahana permainan anak lainnya untuk dinikmati bersama keluarga.

Gading Splash Water Kebumen

Tempat Wisata di Kebumen
Tempat Wisata di Kebumen : Gading Splash

Bagi kamu yang suka bermain air, Gading Splash Water Kebumen menjadi pilihan menarik. Berlokasi di pinggir Jalan Raya Soka, tempat wisata ini sangat mudah dijangkau. Untuk masuk ke sini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 12,500. Gading Splash Water beroperasi mulai dari 07.30.00 hingga 17.00. Fasilitas di Gading Splash Water Kebumen juga lengkap mulai dari area bermain anak-anak, mini market, café hingga tempat fitness ada di sini.

Gua Petruk

Tempat Wisata di Kebumen : Goa Petruk

Selain Gua Jatijajar kamu juga bisa berkunjung ke Gua Petruk. Tempat wisata ini masih berada di kawasan karst Gembong Selayan. Lokasi dari Gua Petruk juga tidak begitu jauh dari Gua Jatijajar yakni hanya sekitar 4,5 km. Dengan panjang sekitar 100 meter kamu bisa sambil melihat keindahan stalaktit dan stalagmit yang berada di dalam gua. Di ujung gua nantinya kamu bisa melihat pemandangan pantai dan air terjun.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Kebumen. Setelah puas melihat-lihat beberapa wisata alam di atas, jangan lupa ya menginap di RedDoorz yang juga tersedia di Kebumen dengan beberapa pilihan hotel seperti RedDoorz near RSUD Kebumen, RedDoorz near Stasiun Kebumen dan RedDoorz @ Kampieng Etnik Kebumen.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.