Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang terbilang cukup baru di Indonesia karena baru diresmikan pada tahun 2000. Meskipun baru, Gorontalo memiliki budaya yang beragam dan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, lho! Eits, tapi belum lengkap kalau mengunjungi Gorontalo tanpa mencoba makanan khasnya. Gorontalo punya banyak banget nih makanan yang terkenal lezat dan diburu wisatawan. Apa aja sih? Yuk simak!

Baca juga: Tempat Wisata di Gorontalo dengan Pemandangan Menarik!

1. Sate Tuna

Makanan Khas Gorontalo : Sate Tuna

Kalau biasanya kamu menemukan sate kambing dan sate ayam di berbagai daerah lain, beda halnya dengan Gorontalo. Gorontalo merupakan salah satu wilayah yang memiliki hasil laut yang melimpah, sehingga banyak makanan di sini yang menggunakan olahan hasil laut, salah satunya tuna. Gak heran kalau di sini kamu bisa menemukan sate tuna. Sate tuna merupakan salah satu makanan favorit di Gorontalo. Soal rasa jangan ditanya, sate ini sangat lembut dan lezat, lho! Sate tuna cocok apabila dimakan dengan nasi hangat dan sambal. Kamu bisa menemukan makanan ini di daerah pelabuhan dan pantai di Gorontalo.

2. Binte Biluhuta

Makanan Khas Gorontalo : Binte Biluhuta

RedTraveler, kamu tau gak sih kalau Gorontalo merupakan daerah penghasil jagung yang cukup subur? Gak heran kan kalau banyak makanan di Gorontalo yang menggunakan jagung untuk bahan utamanya. Salah satu makanan yang menggunakan jagung adalah Binte Biluhuta. Binte Biluhuta memiliki arti jagung yang disiram. Yap, sesuai namanya, Binte Biluhuta merupakan makanan dari parutan jagung yang dicampur dengan parutan kelapa, udang, ikan cakalang dan kuah yang gurih.  Selain itu, makanan ini juga dilengkapi dengan tomat, daun bawang, cabai, daun kemangi dan perasan jeruk lemon yang membuat rasanya sangat lezat!

3. Ayam Iloni

Makanan Khas Gorontalo : Ayam Iloni

Bagi RedTraveler pecinta ayam bakar, wajib banget nih cobain makanan yang satu ini. Ayam iloni merupakan ayam bakar khas Gorontalo. Ayam iloni sama seperti ayam bakar pada umumnya, yang membedakan hanya pada bumbunya. Ayam iloni memiliki cita rasa yang sangat lezat karena menggunakan rempah-rempah bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, jahe, daun serai dan lain-lain yang dicampur dengan santan. Makanan ini memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih, apalagi bila disantap dengan nasi hangat!

4. Bilenthango

Makanan Khas Gorontalo : Bilenthango

Makanan khas Gorontalo favorit selanjutnya adalah bilenthango. Bilenthango merupakan makanan yang berbahan dasar utama ikan. Biasanya ikan yang digunakan untuk memasak bilenthango adalah ikan mujair. Cara memasaknya cukup unik, sebelum dimasak, ikan akan dibelah dua dan diletakkan di atas daun pisang. Setelah itu ikan dipanggang atau digoreng tanpa bersentuhan dan terendam langsung oleh minyak goreng. Setelah matang, ikan akan dicanpur dengan bumbu dan rempah yang membuat rasanya semakin lezat!

5. Ilabulo

Makanan Khas Gorontalo : Ilabulo

Makanan terakhir ini wajib banget kamu coba kalau berkunjung ke Gorontalo. Ilabulo merupakan pepes khas Gorontalo. Eits, tapi ilabulo tidak menggunakan ikan atau ayam. Berbeda dengan pepes lainnya yang biasa kamu temukan, ilabulo terbuat dari campuran sagu yang dipadukan dengan ati ampela, telur, serta bumbu dan rempah. Rasanya gak kalah kok dengan pepes lainnya. Ilabulo memiliki tekstur yang cukup kenyal dan sedikit rasa pedas. Terdapat dua proses penyajian ilabulo yang bisa ditemukan yaitu dikukus dan dibakar. Nah, bagi RedTraveler yang ingin mencoba ilabulo, kamu bisa menemukannya di sekitar Jalan Diponegoro.

Itulah beberapa Makanan khas Gorontalo yang wajib kamu coba. Kalau udah kenyang makan, jangan lupa untuk istirahat di RedDoorz. RedDoorz telah hadir di 70+ kota di Indonesia, dengan 1200+ hotel dan 21.000 kamar mulai dari Rp 99.000/ malam! Dengan RedDoorz, kamu bisa mendapatkan penginapan terjangkau dengan fasilitas lengkap yang bisa kamu pesan di www.reddoorz.com atau melalui aplikasi RedDoorz yang bisa kamu download di App Store/Play Store dan dapatkan promo menarik!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.