Sumba terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Belakangan pulau eksotis ini jadi primadona pariwisata di Indonesia. Nggak salah, sih, karena Sumba memang sebegitu indahnya.

Well, biaya perjalanan ke timur Indonesia ini memang masih tergolong mahal dan sungguh akan menguras energi, but totally worth it!

RedTraveler sudah pernah ke Sumba? Atau sudah memasukkannya sebagai salah sat tujuan liburan tahun depan? Ada hal-hal penting yang perlu diketahui, untuk itu baca tips traveling ke Sumba di bawah ini sampai selesai, ya!

Baca juga: Festival Seru di Filipina yang Seru di Awal Tahun

Tips Traveling ke Sumba

Pemandangan sunrise di Sumba
Pemandangan Sunrise di Sumba. (Photo by Jessica Joseph on Unsplash)

Pilih waktu

Sumba bisa menyuguhkan dua pemandangan yang berbeda di waktu yang berbeda. Kalau kamu mau Sumba yang kecoklatan, datanglah di musim panas, antara April sampai Oktober. Waktu-waktu ini adalah pilihan tepat kalau kamu bermaksud hunting foto panorama sunset, sunrise, juga milky way.

Sebaliknya, kalau mau lihat perbukitan dengan hamparan rumput hijau, datanglah di musim hujan yakni antara Oktober hingga Maret. Tapi, namanya juga mau liburan di Pulau, pastinya akan lebih banyak beraktivitas outdoor, jadi datang di musim kemarau lebih disarankan.

Siapkan pemandu

Jangan lupakan pemandu untuk menemani perjalananmu selama di sana. Jika bawa penduduk asli sana akan lebih baik. Di satu sisi kamu turut membantu perekonomian warga lokal, kedua tentu saja mereka akan lebih paham kondisi lapangan dan itu akan sangat membantumu.

Harus dalam kondisi sehat

Mana enak jalan-jalan pas lagi sakit?! Terlebih, Sumba menuntut fisik yang kuat supaya kuat trekking, island hopping, maupun snorkeling. Kalau tubuh lagi nggak fit, pasti nggak maksimal menikmati semua keindahan itu.

Baca juga: Tips Menikmati Malam Tahun Baru Tanpa Keluar Kota

Road trip atau sailing?

Ilustrasi sailing dengan Phinisi. (Photo by Katherine McCormack on Unsplash)

Kalau ke Sumba, siapkan waktu yang panjang! Jangan sampai waktu liburmu berakhir saat kamu belum puas eksplorasi dari ujung ke ujung. Cobain road trip untuk benar-benar menikmati keindahan daratan pulau ini. Kalau ada budget lebih, pesan phinisi dan coba menginap di tengah laut selama beberapa hari. Dijamin seru banget!

Jaga sopan-santun

“Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Kamu mungkin akan mendatangi banyak desa adat, atau bertemu dengan penduduk sekitar yang masih lekat dengan segala ketradisionalannya. Jaga sopan santun, misal dengan nggak sembarangan mengambil foto mereka tanpa izin atau menyentuh barang-barangnya sembarangan. Jaga juga tutur kata selama di sana, ya!

Semoga tips traveling dari RedDoorz bermanfaat, RedTraveler!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.