Papan jalan Malioboro, Jogjakarta
Papan jalan Malioboro, Jogjakarta. (Photo by Agto Nugroho on Unsplash)

Bagi beberapa orang, Jogja mungkin lebih istimewa dari namanya namanya. Wajar, Jogja memang nggak ada habis-habisnya memanjakan para wisatawan. Makanya, Jogja selalu menyenangkan dijadikan destinasi liburan. Apalagi dari hari ke hari hampir selalu ada tempat wisata baru di Jogja!

RedTraveler ada rencana ke Jogja dalam waktu dekat ini? Kalau begitu, jangan lewatkan kesempatan untuk tempat-tempat yang disebut di bawah ini, ya!

10 Tempat Wisata Hits di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi Segera!

1. HeHa Skyview

Lokasinya di kabupaten Gunung Kidul, berdekatan dengan area wisata Bukit Bintang di Patuk. Tempat wisata di Jogja yang satu ini baru buka di bulan September 2019 lalu. Pada dasarnya HeHa Skyview adalah restoran dengan desain modern dan instagramable. Ada biaya yang dikenakan untuk masuk ke sini, yakni Rp10 ribu untuk pukul 10.00-16.30, dan Rp16 ribu untuk pukul 16.30-20.30. Kalau mau foto di teras-teras dengan latar kota Jogjakarta, dikenakan tarif Rp30 ribu, dan kalau mau pakai jasa foto, dikenakan tarif Rp5 ribu. Untuk tipikal konten instagram yang bakal dikomentari orang dengan “Bagus fotonyaaa, ini di mana?” harga segitu worth it lah, ya. Oh iya, kalau mau dapat ambience yang romantis, disarankan datang malam hari, RedTraveler.

2. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutang Mangrove Kulon Progo masih berada di satu area dengan Pantai Glagah. Sebenarnya, kawasan hutan mangrove ini sudah ada sejak tahun 1989. Namun belakangan kawasan ini nggak cuma jadi area konservasi, tapi juga jadi tempat wisata unggulan di Jogja seiring dengan bertambahnya fasilitas-fasilitas penunjang. Salah satunya, jembatan Api-Api yang jadi spot foto favorit para wisatawan. Dinamakan demikian karena jenis mangrove yang ditanam adalah mangrove api-api, RedTraveler.

3. Puncak 4D Gunung Gentong

Nama 4G sebetulnya mengacu pada nama lokasi wisata itu sendiri, yakni Gunung Gentong, Gedangsari, Gunungkidul. Area ini bisa jadi tempat camping, namun untuk sekadar hiking dan foto-foto pun bisa. Di atasnya ada beberapa spot foto yang instagramable. Salah satunya adalah spot berbentuk jalan raya panjang yang berlatar hamparan hutan hijau yang mungkin sering kamu lihat di medsos. Cocok deh buat RedTraveler yang hobi ngonten! Akses menuju lokasi juga bagus dan bisa dilalui mobil. Jadi, tunggu apa lagi? Masukkan ke dalam itinerary kamu!

Baca juga: Tempat Sarapan di Yogyakarta, Enak dan Murah!

4. Lost World Castle

Tempat wisata yang terletak di Cangkringan ini dikelola langsung oleh warga. Pembangunannya masih terus dilakukan sejak 2018 hingga kini, tapi kalau kamu mau ke Jogja dalam waktu dekat, Lost World Castle sudah bisa dikunjungi, kok! Selian selfie-selfie, di sini enaknya piknik sambil menikmati udara segar khas pegunungan.

5. Taman Sungai Mudal

Berkendara sekitar 1 jam dari kota Jogja ke arah Kulon Progo, RedTraveler akan sampai ke Taman Sungai Mudal yang asri. Di sini kamu bisa berenang di kolam mata air yang warnanya selalu tosca, foto-foto di taman bunga, atau beristirahat di gazebo yang tersedia. Oh ya, di sini juga tersedia wahana flying fox dan river tubing, lho.

6. Kalinampu pundong

Sebenarnya area ini cuma tepian sungai Opak yang dipenuhi dengan eceng gondok. Namun, ketika bunga eceng gondoknya bermekaran pemandangan di sana jadi sesuatu yang berbeda. Salah seorang warga kemudian menggagas ide untuk mengelolanya jadi tempat wisata bersama pemuda setempat, dengan menambah spot selfie berupa tiang merah ala Jepang, serta menyediakan sewaan kimono sebagai properti foto.

7. Waduk Sermo

Waduk yang terletak di kabupaten Kulonprogo ini sudah dibangun sejak 1994, dan selesai akhir 1996. Fungsinya adalah sebagai suplesi sistim irigasi, sebagaimana waduk pada umumnya. Namun, belakangan Waduk Sermo menjelma jadi area camping dengan pemandangan danau yang indah. RedTraveler mau coba, camping di sini?

8. Taman Tempuran Cikal

Taman Tempuran Cikal adalah area rekreasi di Sungai Opak. Di sini kamu bisa main flying fox, atv, sampai motor trail di sini. Atau mau menelurusi sungai? Bisa. Tinggal pilih mau pake kano, perano, atau speedboat.

9. Kedung Pedut

Buat kamu yang senang wisata alam, Kedung Pedut Kulon Progo ini cocok sih masuk itinerary next time kamu ke Jogja. Setelah lelah menelusuri jalan menuju ke sini, kamu bisa berendam di 6 air terjun dengan kolam yang memiliki kedalaman berbeda-beda. Saat ini, area Kedung Pedut telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Jadi nggak perlu khawatir lah kalau mau ke sini.

10. Puncak Sosok Bawuran

Puncak sosok ini enaknya jadi tempat nongkrong. Ada warung-warung yang menjajakan beragam makanan seperti tahu walik, bakso tusuk, sempol ayam, siomay, cilok, sampai jagung bakar, serta aneka minuman yang cocok untuk menemanimu bercengkrama. Untuk hiburan, biasanya ada live musik pada malam hari kalau nggak hujan. Selain itu kamu juga bisa foto-foto di spot yang bagus, dan nobar sepakbola.

Gimana? Sudah kepikiran itinerary untuk next trip kamu ke Jogjakarta? Setelah mantap berangkat, langsung cari penginapannya di RedDoorz, ya! Cari di website http://www.reddoorz.com atau melalui aplikasi RedDoorz. Buat bahan tambahan pertimbangan malas, langsung aja baca rekomendasi yang udah pernah kami buat di sini: rekomendasi RedDoorz Jogjakarta di bawah 200 ribu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.