Sebagai negara kepulauan yang terletak di wilayah garis khatulistiwa, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang mampu menarik para pelancong, baik domestik maupun mancanegara. Ketika diberi jatah mengunjungi satu kota untuk dieksplorasi, mungkin akan sangat sulit menentukannya. 

Nah, masih dalam rangka membuat itinerary untuk kompetisi #RedzolusiSquad, buat gambaran biar kamu nggak bingung-bingung banget nentuin piilhan serta nyusun itinerary, berikut ini RedDoorz rangkumkan beberapa kota yang memiliki tempat wisata populer nan menarik buat dieksplorasi. Yuk simak!

Baca juga: Travel Itinerary Lengkap ala RedDoorz

Aceh

Pantai Iboih Sabang

Di Aceh, kamu wajib mengunjungi Museum Tsunami–museum yang dibangun untuk mengenang peristiwa Tsunami Aceh 2004 silam. Kamu pasti terhanyut dalam suasana duka begitu memasukinya. Selanjutnya, RedDoorz rekomendasikan kamu menikmati keindahan panta Iboih! Katanya, pantai Iboih adalah yang terindah di Aceh, lho.

Medan

Di Medan, keliling kota saja kamu bisa menemukan berbagai destinasi menarik seperti Istana Maimun dan Rahmat Wildlife International Museum. Tapi, tentu saja jangan lupa sempatkan waktu untuk menyambangi Danau Toba, ya!

Belitung

Menghabiskan waktu untuk menikmati island life adalah salah satu opsi liburan terbaik. Belitung punya banyak spot menarik, di antaranya Pulau Lengkuas, Pantai Batu, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Museum Kata Andrea Hirata, Danau Kaolin, dan masih banyak lagi! Setelah seminggu di sini pun pasti rasanya kamu masih ingin kembali lagi lain waktu.

Lampung

So into adventure? Datangi Way Kambas National Park untuk melihat kehidupan gajah di habitat aslinya. Selain itu, Lampung juga punya jajaran pantai nan indah dan berpasir putih, serta tempat wisata menarik lainnya seperti Puncak Mas, Mata Air Way Sumpuk, Bendungan Margotirto, dan lain-lain.

Jakarta

Ibukota negara ini juga punya berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi, seperti; Museum Macan, Taman Impian Jaya Ancol dengan berbagai wisata tematik lainnya, TMII, Kota Tua, atau island hopping di Kepulauan Seribu juga seru!

Bandung

Tempat wisata Bandung
Tempat wisata Bandung

Bandung ini juaranya tempat hangout! Di setiap areanya pasti ada setidaknya satu tempat wisata hits yang selalu ramai. Nggak heran kalau Bandung sekarang sering macet, terutama kalau weekend. Yang bisa kamu kunjungi di Bandung antara lain; Dago Dream Park, Tafso Barn, Farm House, The Lodge Maribaya, De’ Ranch, dan masih banyak lagi.

Bogor

Kalau mau kulineran, Bogor punya tempat makan dengan makanan yang enak, juga tempat dengan suasana yang nggak kalah enak. Tapi kalau mau eksplor lebih jauh, coba datangi Taman Bunga Nusantara, Gunung Pancar, Curug Cibaliung, Warso Farm, Little Venice Kota Bunga, Jungle Land, The Jungle Water Adventure, dan Kebun Raya Bogor.

Yogyakarta

Kota favorit semua orang buat liburan! Kulinernya enak, semua serba murah, suasananya nyaman dan selalu bikin kangen, apalagi alasan yag bikin kamu sayang Yogyakarta? Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di antaranya; Prambanan, deretan pantai di Gunungkidul, Museum Gunung Merapi, Taman Sari, Museum Benteng Vredeburg, Malioboro, Kalibiru, Kalinampu Natural Park, juga Gumuk Pasir Parangkusumo. Bahkan sepertinya, hampir setiap tahun Yogyakarta punya ‘penawaran baru’ lho.

Semarang

Nggak kalah sama Yogyakarta, Semarang juga punya banyak tempat wisata menarik buat didatangi. Satu di antaranya yang jadi ‘ciri khas’ Semarang adalah Lawang Sewu. Bangunan tua yang konon anker ini semacam jadi kewajiban buat didatangi, terutama buat yang baru pertama ke Semarang. Selain itu, bisa juga ke Gardu Pandang Lereng Kelir, Brown Canyon, Kota Lama, Wisata Gunung Ungaran, Benteng Pendeng, dan Umbul Sidomukti.

Malang

Baru aja kemarin RedDoorz bahas rekomenasi tempat wisata seru di Malang. Langsung aja baca di sini, yuk: 19 Wisata Malang yang Seru Dikunjungi Bareng Keluarga

Banyuwangi

Pantai Plengkung, salah satu tempat wisata Banyuwangi yang jadi surga bagi para peselancar
Pantai Plengkung, salah satu tempat wisata Banyuwangi yang jadi surga bagi para peselancar

Di ujung timur pulau Jawa, Banyuwangi juga destinasi seru buat traveling. Di antaranya; Lori Wisata Kalibaru, Puncak Asmoro, Rumah Kurcaci Glenmore, Kawah Ijen, Desa Wisata Osing Kemiren, Pantai Plengkung (G-Land) surganya para surfer, Pantai Teluk Hijau, Pulau Tabuhan, Savana Sadengan buat ketemu satwa di alam liar, Kampoeng Primitif Purwodadi, dan Taman Nasional Baluran untuk pengalaman bersafari bak di Afrika!

Tanjung Puting

Pastinya bukan destinasi pilihan semua orang, tapi sesekali coba kamu pilih tempat seperti Taman Nasional Tanjung Puting biar lebih dekat dengan alam. Lihat bagiamana Orangutan hidup di habitat aslinya, bagaimana mereka diasuh di penangkaran, juga rasakan sensasi berlayar menelurusi sungai dengan perahu klotok. 

So, dapet inspirasi liburan selanjutnya mau ke mana?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.