Salah satu tempat wisata alam yang menarik di Pulau Jawa adalah Dieng, Wonosobo. Tempat wisata Dieng Wonosobo cocok banget buat kamu yang gemar berada di tempat terbuka, menikmati udara sejuk, dan melakukan aktivitas outdoor yang intens seperti hiking.

Yap, Dieng, Wonosobo memang terletak di dataran tinggi. Kalau ke sana, pastikan kamu dalam kondisi yang fit biar bisa beradaptasi dengan mudah dan nggak gampang sakit, ya.

Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Dieng Plateau Theater

Diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2006, teater ini mempertontonkan pengetahuan tentang Dataran Tinggi Dieng, mulai dari sejarah, geografis, sampai budaya. Lebih baik kamu datangi tempat ini pertama kali, jadi ketika mengunjungi tempat-tempat wisata Dieng, kamu udah punya informasi tentangnya.

Sikunir

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Bukit Sikunir

Ngomongin Dieng, destinasi yang ada di top of mind pasti Sikunir. Dengan tinggi 2300 mdpl, bukit Sikunir menawarkan panorama sunset yang ciamik! Untuk sampai ke puncak, biasanya memakan waktu 30-60 menit, tergantung kemampuan fisik kamu, RedTraveler. Bakalan capek, tapi kalau sudah sampai di atas capeknya bakal kebayar sama pemandanganya!

Candi Arjuna

Dieng punya beberapa situs candi bersejarah yang menarik, salah satu yang paling populer yakni Candi Arjuna. Candi ini masih aktif digunakan masyarakat beragama Hindu sampai sekarang, lho.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Dieng yang Menarik Untuk Dikunjungi!

Telaga Warna

Kalau datang saat musim kemarau, kamu akan melihat air di telaga ini berubah warna mulai dari merah, hijau, biru, sampai kuning! Mitosnya, perubahan warna yang terjadi adalah karena isi pusaka milik Cupu Manik Astagina terjatuh. Tapi kalau menurut penilitian ilmiah, penyebab perubahan warna air itu karena pengaruh ekosistem yang ada di dalamnya.

Kawah Sikidang

Tempat Wisata di Dieng
Tempat Wisata di Dieng : Kawah Sikidang

Seperti Gunung Tangkuban Perahu di Subang, di Kawah Sikidang kamu bisa melihat kawah vulkanik yang masih aktif. Tapi, kalau mau ke sini siapkan masker yang proper untuk dipakai, ya, agar kamu nggak menghirup terlalu banyak bau belerang.

Petak 9

Petak 9 atau bukit Sidengkeng ini juga merupakan salah satu tujuan wisata di Dieng. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan Telaga Warna dari sisi yang berbeda. Untuk mencapai puncak bukit Sidengkeng, butuh menanjak jalan setapak sekitar 15 menit. Tapi jalur yang dilewati akan membuat kamu lupa sama capeknya!

Butuh Liburan Berapa Lama?

Biasanya, tour wisata Dieng Wonosobo menawarkan paket 3D2N alias tiga hari dua malam. Kalau kamu dari Jakarta, perjalanan ke sana membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam, disarankan ambil perjalanan malam. Misal, Jumat malam.

Setibanya di Dieng hari Sabtu pagi, kamu bisa mengunjungi Teater Plateau Theater yang sudah buka sejak ja 07.00 pagi, sambil menunggu makan siang dan waktu check-in. Setelah check-in dan bebersih, perjalanan bisa dilanjut ke Candi Arjuna, Telaga Warna, Sikidang, dan Petak 9.

Setelah makan malam, baiknya langsung istirahat. Siapkan tenaga untuk bangun dini hari keesokannya dan menuju Sikunir untuk hunting sunrise. Setelah turun, kamu bisa sarapan dan kembali ke hotel, lalu siap-siap pulang kembali ke Jakarta.

Nginep di Mana?

Ya tentu aja di RedDoorz! Mana lagi kamu bisa dapet tempat penginapan yang strategis dekat lokasi wisata, tapi kenyamanannya udah terjamin, plus harganya hemat pula!?

Yuk rencanain liburan ke Dieng. Buat kamu yang nggak punya jatah cuti banyak, Dieng bisa jadi opsi liburan yang menyenangkan di akhir pekan, lho.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.