Seperti daerah lainnya, Semarang pun punya kuliner khas yang identik dengan kotanya. Meski makanan kekinian dengan ragam variasi pun menjamur di mana-mana, tapi yang tradisional akan selalu punya tempat di hati. Apalagi, kalau kamu datang sebagai wisatawan.

Kapan kamu berencana ke Semarang, RedTraveler? Mau sebentar atau lama kunjungannya, wajib banget ingat-ingat list makanan lokal khas Semarang yang RedDoorz tulis di artikel ini, ya. Biar nanti nggak lupa buat mencicipinya!

Baca juga: Lawang Sewu, Sejarah, dan Kisah Mistisnya

Lekker Paimo

Iya, lekker mungkin bukan makanan aneh karena bisa di daerah lain pun ada. Tapi kamu perlu tahu, Lekker Paimo ini primadona banget di Semarang, lho! Kepopulerannya nggak ada tanding. Selain rasanya enak, Lekker Paimo punya pilihan topping banyak dan ‘kekinian’, tapi harganya tetap murah meriah. Nggak heran meski cuma jualan kaki lima di pinggir jalan, tapi antreannya bisa panjang banget!

Lokasi: Jalan Karang Anyar

Es Puter Cong Lik

Sama seperti Lekker Paimo tadi, es puter juga bukan kuliner asli Semarang, tapi Es Puter Cong Lik ini tergolong legendaris. Ada banyak pilihan rasa, mulai dari alpukat sampai durian.

Lokasi: Warung Semawis & Simpang Lima

Tugu Simpang Lima Semarang
Tugu Simpang Lima Semarang

Lumpia Gang Lombok

Yang satu ini bener-bener khas Semarang. Banyak pedagang lumpia yang bisa kamu temukan di sana, tapi yang populer yakni kos lumpia di Gang Lombok. Ada lumpia basah maupun goreng. Kamu juga bisa makan di tempat, atau bungkus buat oleh-oleh!

Lokasi: Jalan Gang Lombok no. 11

Soto Bangkong

Konon, Soto Bangkong sudah ada sejak 1950, lho. Dulu jualannya masih dipikul dan keliling dari kampung ke kampung, kalau sekarang sih sudah punya kios besar. ‘Bangkong’ diambil dari nama jalan tempat kios tersebut berada, meski kini sudah berganti nama.

Lokasi: Jalan Brigjen Katamso dan Setiabudi

Baca juga: Rekomendasi Hotel Murah di Semarang, RedDoorz cuma 200 ribuan!

Tahu Gimbal Pak Edy

Sepiring berisi lontong, bahwan udang, kol, toge, lalu disiram bumbu kacang petis udang, kemudian disajikan dengna kerupuk udang; itulah tahu gimbal. Si Semarang, ada satu tempat makan tahu gimbal yang hits banget, namanya Tahu Gimbal Pak Edy. Masuk daftar kuliner Semarang yang wajib dicoba juga nih kalau kamu berkunjung.

Lokasi: Jalan Pandanaran II

Kamu punya rekomendasi kuliner hits khas Semarang apa, RedTraveler? Boleh dong dishare biar bisa berbagi referensi dengan yang lain.

Nah, biar bisa kulineran sepuasnya, buat akomodasi serahin ke RedDoorz aja. Hematnya dijamin bikin budget kuliner kamu berlebih karena #SemudahItu cari RedDoorz dengan diskon-diskonnya. Yuk cek website dan aplikasi RedDoorz sekarang, lalu temukan hotel favorit kamu di Semarang!

2 thoughts

  1. Masih banyak kuliner di Semarang nasi gudeg mbak tum jl Majapahit angkringan Pandawa d jl gajah raya arah k masjid agung Jawa tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.