Wisata ke Medan nggak akan terasa lengkap tanpa mencicipi satu persatu makanan khas medan yang super enak! Sebab, Medan memang dikenal dengan kulinernya yang menggugah selera.

Kapan RedTraveler berencana ke Medan? Jangan lupa siapkan waktu buat kulineran! Bahkan keliling di kota saja, kamu sudah bisa memanjakan lidah dan perut, lho.

Baca juga: Panduan Wisata ke Medan Untuk Liburanmu yang Asyik!

RedDoorz merangkum sedikit dari berbagai sumber, inilah makanan khas medan super enak (plus halal) yang wajib dicicipi kalau kamu ke sana. Simak ya!

Rujak Kolam

Panas-panas ngerujak seger banget, kan? Nah, Rujak kolam ini bisa jadi pilihan kuliner siang-siang, RedTraveler. Sebetulnya memang mirip seperti rujak kebanyakan, namun bumbu rujaknya dicampur kacang tangah yang diulek kasar. Lalu kenapa disebut Rujak Kolam? Jawabannya, karena makanan ini banyak dijajakan di dekat kolam Deli di Medan.

Bika Ambon

Bika Ambon, kue khas Medan
Bika Ambon, makanan khas Medan yang sering jadi oleh-oleh

Masih heran nggak, kenapa kue khas Medan ini, namanya Bika Ambon? Kenapa nggak ‘Bika Medan’? Kalau ada RedTraveler yang tahu jawabannya, boleh share di kolom komentar, ya!

Nah, kue yang satu ini juga masih jadi oleh-oleh favorit para wisatawan meski banyak pilihan oleh-oleh khas lainnya, seperti pancake durian, atau bolu meranti. Tekstur yang kenyal dan rasanya yang lezat pasti bikin ketagihan.

Bakso Lembu

Yang bikin bakso ini khas adalah penggunaan daging lembu, berbeda dengan bakso pada umumnya yang menggunakan daging sapi. Rasanya nggak kalah lezat, lho. Kalau ke Medan coba cicipi, ya, RedTraveler.

Lontong Medan

Soto medan, kuliner halal khas Medan
Soto medan, kuliner halal khas Medan

Yang bikin lontong Medan berbeda dengan lainnya adalah penggunaan udang dan tauco sehingga cita rasanya lebih gurih. Lontong medan juga cenderung pedas, biasa dilengkapi dengan telur balado, rendang, kering tempe teri kacang, dan kacang tanah goreng. Di Jakarta banyak, sih, yang jual lontong Medan. Tapi nggak ada salahnya cobain yang otentik di tempat asalnya!

Bihun Bebek

Kaldu bebek yang pekat digunakan sebagai kuah menjadikan bihun rebus ini memiliki cita rasa yang unik. Ditambah bebek rebus suwir, sawi, dan bawang putih goreng sebagai topping, pasti kamu ketagihan makan bihun bebek ini! Tapi, biasanya bihun bebek disajikan dalam porsi besar. Kira-kira kamu sanggup menghabiskan berapa porsi?

Durian Medan

Panduan-Wisata-ke-Medan
Durian Medan terkenal berdaging tebal

Bukan masakan, sih, bisa dinikmati di manapun juga. Tapi durian Medan yang satu ini termasuk populer dan masuk ke dalam daftar kuliner yang wajib dijelajahi, terutama bila kamu pecinta durian! Durian medan dikenal memiliki daging yang tebal dan rasanya yang lezat.

Ayo dong, share lagi RedTraveler, makanan khas Medan apa yang wajib banget dicobain kalau lagi jalan-jalan ke sana? Ditunggu rekomendasinya di kolom komentar, ya!

2 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.