Di era digital seperti sekarang ini, arus informasi yang nggak terbendung nggak cuma memberi dampak positif tapi juga membawa dampak negatif, salah satunya yakni tersebarnya hoax atau berita bohong—baik karena disengaja atau karena kesalahpahaman. Adanya hoax selalu memperkeruh suasana, apalagi di tengah pandemi coronavirus seperti yang terjadi saat ini.

Pandemi coronavirus sendiri udah jadi satu masalah serius yang membuat masyarakat khawatir, bayangkan kalau ditambah berita-berita hoax, RedTraveler! Mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk bekal kita waspada, itu penting. Tapi kebenarannya juga harus dipastikan agar kita bisa mengambil langkah dengan tenang.

Baca juga: 7 Langkah Menjauhi Coronavirus saat Terpaksa Keluar Rumah

Nah, gimana caranya supaya kita bisa terhindar dari hoax tersebut? Berikut tips dari RedDoorz. Simak, ya, RedTraveler!

Cara menghindari hoax di tengah pandemi corona. (Photo by Adrienn from Pexels)
Cara menghindari hoax di tengah pandemi corona. (Photo by Adrienn from Pexels)

Selalu crosscheck!

Jangan langsung mempercayai satu berita yang sampai ke kamu, apalagi turut menyebarkannya sebelum memastikan kebenaran dari berita itu sendiri. Cek berbagai sumber agar kebenarannya terlihat.

Budayakan membaca

Terkadang sumber berita online memberikan judul yang ‘bombastis’ demi mendapat banyak klik di tautannya, tapi nggak jarang judul bombastis itu nggak sesuai dengan apa yang dimaksudkan di isi beritanya. So, jangan pula reaktif terhadap judul-judul bombastis semacam itu. Selalu baca sampai selesai dan sampai memahami konteksnya.

Cek fakta

Di media sosial, semua orang bisa mengeluarkan opini, terlepas dari sesuai atau tidak dengan konteksnya. Nah, baiknya kita jadi pengguna media sosial yang bijak dengan selalu mengecek fakta di baliknya. Ini juga berlaku untuk broadcast message yang beredar di whatsapp, ya!

Jangan ragu untuk menyanggah

Jika memang kamu bisa memberi bukti benar atau salahnya berita tersebut, jangan ragu untuk speak up dan meluruskan faktanya. Tinggalkan jejak agar dibaca orang lain. Kalau menerima hoax di group whatsapp, tegurlah dan jawab dengan memberikan sumber berita sanggahan.

Cari sumber kredibel

Jika butuh informasi, jangan sembarang lihat dari akun yang nggak jelas siapa, apalagi nggak berwenang untuk membeberkan data. Lebih baik cari portal yang dirujuk secara resmi untuk memberikan informasi, atau dari media yang memang kredibel. Jangan dari website abal-abal, ya!

Biasakan untuk menerapkan cara menghindari hoax tersebut sebelum kamu bereaksi terhadap suatu konten. Bukan cuma kamu yang perlu mendapat kebenaran, tapi dengan menerapkan cara tersebut kamu juga bisa jadi ‘filter’ bagi orang-orang di sekitarmu agar nggak ikut termakan hoax.

Sementara ini, ikuti dulu anjuran pemerintah untuk #dirumahaja dan #salingjaga selagi kamu punya pilihan untuk melakukannya. Stay safe dan hindari hoax ya RedTraveler!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.