Salah satu bekal penting yang harus kita semua miliki untuk menghadapi pandemi Corona ini adalah sistem imun yang bagus. Tingkat kekebalan tubuh yang tinggi akan membuat kita nggak gampang sakit, dan lebih cepat sembuh kalaupun tertular penyakit.

RedTraveler yang masih sehat nggak perlu panik berlebih dengan situasi sekarang, ya. Yang penting selalu terapkan anjuran lembaga kesehatan untuk mencegah penularan dan penyebaran covid-19, dan fokus menjaga sistem imun tubuhnya agar tetap kuat. Bagaimana caranya?

Baca juga: 7 Langkah Menjauhi Coronavirus saat Terpaksa Keluar Rumah

Kamu bisa minum suplemen tambahan berupa vitamin yang bisa didapatkan di apotek atau direkomendasikan dokter. Kamu juga bisa tingkatkan sistem imun dengan cara alami yakni sebagai berikut;

Tidur teratur

Tidur teratur dapat meningkatkan sistem imun. (Photo by Gregory Pappas on Unsplash)
Tidur teratur dapat meningkatkan sistem imun. (Photo by Gregory Pappas on Unsplash)

Memang pada kenyataannya menerapkan hal yang satu ini nggak segampang mengucapnya. Pasti ada aja alasan untuk stay up all night, baik karena alasan penting atau nggak penting. But please note, banyak bergadang akan membuat imun kamu lebih lemah dan mudah sakit. Jadi, kalau nggak ada urusan urgent, usahakan untuk tidur teratur 7-8 jam setiap hari. OK?

Konsumsi bawang putih

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center membuktikan bahwa bawang putih ampuh meningkatkan sistem imun kita, seperi yang dikutip dair HuffingtonPost. Kalau makan bawang putih terlalu ekstrem, kamu bisa menghaluskannya, lalu olah sebagai campuran makanan seperti pasta atau garlic bread. Atau, bisa juga dibuat jus dengan campuran jahe, wortel, lemon, dan sedikit cuka apel.

Minum lemon, madu, jahe, dan kunyit yang diseduh dengan air panas

Masing-masing dari keempat bahan ini sudah dikenal memiliki kemampuan luar biasa untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh. Bayangkan kalau dicampur jadi satu, RedTraveler!? Kombinasi vitamin c, antioksidan, dan curcumin akan memperkuat sistem imun kamu. Yuk coba!

Konsumsi Yogurt

Probiotik dalam yogurt bisa memperkuat sistem imun dan mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh. Yogurt juga kaya akan vitamin D yang bermanfaat bagi sistem imun di tubuh kamu.

Berjemur

Berjemur matahari agar sistem imun kuat. (Photo by Julia Caesar on Unsplash)
Berjemur matahari agar sistem imun kuat. (Photo by Julia Caesar on Unsplash)

Berjemur di bawah terik matahari jadi kegiatan populer akhir-akhir ini karena disebut sebagai cara meningkatkan sistem imun secara alami. Yap, that’s right, RedTraveler. Sinar matahari adalah sumber vitamin d yang dapat diandalkan untuk mengingkatkan sistem imun! Tapi perlu diingat, sinar matahari yang dimaksud adalah sinar matahari di antara pukul 10.00-11.00 dan pukul 14.00-15.00 ya, selama 5-15 menit. Nggak usah ke tempat ramai apalagi ke pantai! Di depan rumah aja cukup.

RedTraveler udah menerapkan tips-tips yang RedDoorz sebut di atas, belum? Kalau belum, lakukan segera ya demi tubuh yang sehat dan kuat melawan pandemi! Jangan lupa bagikan biar orang di sekitarmu juga tahu. Di masa seperti ini, apapun cara untuk #SalingJaga perlu diupayakan agar kita bisa melaluinya bersama dalam keadaan sehat. Stay safe, RedTraveler!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.