Ilustrasi cara cegah penyebaran virus corona. (Photo by cottonbro from Pexels)
Ilustrasi cara cegah penyebaran virus corona. (Photo by cottonbro from Pexels)

Memastikan informasi yang diterima berasal dari sumber yang kredibel sangat penting dalam menghadapi pandemi corona seperti sekarang ini. Selain untuk mencegah kepanikan yang nggak perlu, menyaring informasi juga diperlukan agar kita semua bisa mengambil langkah yang tepat untuk keselamatan bersama. Karenanya, RedDoorz pun memastikan kamu dapat informasi yang tepat, termasuk mengenai cara cegah penyebaran virus corona berikut ini.

Baca juga: Cara Menghindari Hoax di Tengah Pandemi Coronavirus

Menyalin dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, who.int, disebut bahwa kebanyakan orang yang terinfeksi COVID-19 mengalami gejala ringan dan sembuh, namun kondisi bisa lebih parah bagi sebagian lainnya seperti lansia atau pasien dengan kondisi medis tertentu yang membuat sistem imunnya lemah.

Jangan tunggu sampai terinfeksi, RedTraveler. Selagi virus COVID-19 masih jauh dari kita, selalu waspada dan lakukan pencegahan individu seperti yang disarankan WHO berikut ini.

Cuci tangan

Jangan sepelekan anjuran cuci tangan karena ini benar ampuh untuk membunuh virus yang mungkin bersarang di jari-jarimu! Gunakan sabun dan air untuk hasil maksimal, kalau tengah bepergian, hand sanitizer bisa sementara membantu.

Terapkan social distancing

Anjuran jaga jarak pun nggak main-main. Kita benar-benar harus mengatur jarak aman setidaknys 1 meter antara satu sama lain, terutama bila orang tersebut terlihat batuk atau bersih. Batuk dan bersin merupakan salah satu cara transmisi virus, yakni melalui cipratan liur bahkan yang tak terlihat sekalipun. Jika cipratan tersebut ‘pindah’ ke dalam tubuhmu, begitu juga dengan virus-virus yang mungkin terdapat di sana.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental, Ini Tips Menghindari Stres Selama Social Distancing

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Tangan kamu pasti sudah menyentuh banyak benda dan mungkin saja ada virus di sana. Apalagi katanya, COVID-19 bisa tahan hidup selama 3 jam di permukaan benda mati, lho. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan kamupun terinfeksi.

Terapkan kebersihan pernapasan

Ilustrasi bersin yang baik sebagai cara cegah penyebaran virus corona. (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)
Ilustrasi bersin yang baik sebagai cara cegah penyebaran virus corona. (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)

Kebersihan pernapasan yang dimaksud di sini adalah etika saat bersin atau batuk. Untuk mencegah virus berpindah, tutup mulut dan hidung menggunakan tisu saat batuk atau bersin, lalu segera buang tisunya. Kalau nggak ada tisu, bisa juga gunakan lengan baju. 

Ikuti anjuran-anjuran di atas, sementara diminta untuk diam di rumah pun, sebisa mungkin turuti jika kondisimu memungkinkan, terutama bila kamu sedang sakit. 

Hal-hal tersebut sebenarnya bukan informasi baru, kan, RedTraveler? Hanya saja dalam kondisi normal, nggak banyak orang yang peduli dan mau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kini di tengah pandemi, pencegahan virus corona ternyata bisa dimulai dengan langkah-langkah sederhana. Maka dari itu, yuk terapkan mulai dari diri sendiri. Terus #SalingJaga sampai pandemi ini berakhir, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.