Area meja kerja yang nyaman buat work from home. (Foto: pexels.com/pixabay)
Area meja kerja yang nyaman buat work from home. (Foto: pexels.com/pixabay)

Masa karantina mandiri karena pandemi Covid-19 belum berakhir. Bagi sebagian orang, itu artinya kegiatan work from home terus berlanjut. Nggak usah dibawa pusing, RedTraveler. Work from home bisa lebih menyenangkan kalau kamu punya area kerja yang pas dan nyaman. Kalau nyaman, bekerja pun bisa jadi lebih produktif. Untuk itu penting banget memperhatikan meja serta penataannya.

Apa saja yang perlu diperhatikan dari penataan meja kerja? Simak tips di bawah ini!

Siapkan meja dan kursi

Posisi layar laptop atau komputer harus sejajar dengan mata agar kamu tidak perlu menunduk saat menatapnya. Akan lebih baik kalau ada kursi kerja yang bisa diatur ketinggiannya, serta memiliki sandaran yang pas untuk punggung. Kalau nggak ada, coba akalin aja sampai dapet posisi duduk dan/atau posisi meja yang setara.

Singkirkan barang-barang yang nggak perlu

Meja kerja seharusnya hanya digunakan untuk meletakkan barang-barang yang diperlukan untuk menunjang pekerjaan. Di luar itu, jangan letakkan di meja. Ini juga akan membantu meja kerjamu tetap rapi. Meja kerja yang rapi cukup mempengaruhi mood, lho!

Baca juga: Work From Home? Ini Tips Supaya Tetap Produktif

Letakkan tanaman hias

Area kerja yang nyaman untuk work from home. (Foto: pexels.com/seprstat)
Area kerja yang nyaman untuk work from home. (Foto: pexels.com/seprstat)

Untuk sedikit efek segar, letakkan satu pot tanaman hias dekat meja kerjamu, entah itu asli atau artifisial. Berhubung lagi masa karantina, kamu bisa hunting tanaman online yang tampilannya memanjakan mata. Kalau kamu suntuk, tanaman itu bisa membantu menyegarkan pikiran. Kalau mau ganti dengan mini aquarium juga bisa! Tapi kamu harus rajin membersihkannya biar mini aquarium kamu tetap sedap dipandang, RedTraveler.

Manfaatkan organizer

Biar nggak berantakan di atas meja, manfaatkan berbagai jenis organizer untuk mengatur perlengkapan kerjamu, mulai dari alat tulis sampai dokumen. Kamu juga bisa main di bentuk atau warna organizer kalau mau meja kerjamu tetap ‘fun’, sesuaikan dengan kesukaan kamu aja. Organizer juga akan menjaga mejamu tetap rapi. Setiap habis pakai, jangan lupa selalu kembalikan ke tempatnya, ya!

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental, Ini Tips Menghindari Stres Selama Social Distancing

Jauh dari kasur dan tv

Nah! Penting untuk mengambil posisi aman bagi area kerja. Sebisa mungkin jauhkan dari kasur dan tv biar kamu nggak gampang terdistraksi. Kalau ada ruang terpisah, manfaatkan ruangan itu, kalau tidak, cukup sisakan satu sudut sebagai area khusus bekerja.

Di tengah situasi seperti ini, bukan keputusan tepat kalau kamu beranjak ke luar rumah cari cafe, coffeeshop, atau co-working space buat kerja. Paling tepat adalah menyediakan area kerja khusus di rumah. Tinggal gimana menyiasatinya aja biar bikin betah dan nyaman.

Itu tadi tips dari RedDoorz untuk menyediakan area kerja yang nyaman di rumah. Kalau kamu, gimana area kerja selama work from home? Share dong, RedTraveler!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.