RedTraveler pasti tau kalau cairan disinfektan jadi salah satu benda yang banyak dicari di masa pandemi corona ini. Selain untuk mensterilkan area rumah, cairan disinfektan juga banyak digunakan untuk menyemprot tubuh manusia sebelum memasukin tempat tertentu dengan harapan bisa membunuh virus yang mungkin menempel di tubuh saat berada di luar. Nah, sekarang kita bahas yuk, sebenarnya disinfektan benar efektif menangkal bahaya virus corona atau nggak, sih?

WHO Indonesia melalui akun twitternya udah ngasih informasi, kalau sebenarnya menyemprotkan cairan disinfektan ke tubuh manusia itu nggak ampuh buat menangkal bahaya virus corona, lho! Malah cenderung membahayakan apabila cairan tersebut menempel di baju dan mengenai mata serta mulut.

menyemprot cairan disinfektan ke tubuh nggak ampuh menepis bahaya virus corona. (Foto: twitter.com/whoindonesia)
menyemprot cairan disinfektan ke tubuh nggak ampuh menepis bahaya virus corona. (Foto: twitter.com/whoindonesia)

Di seluruh mitra hotel RedDoorz, penyemprotan rutin menyeluruh ke setiap sudut dengan menggunakan cairan disinfektan udah diterapkan sejak ada warning pemerintah, lho. Hal ini dilakukan RedDoorz untuk memastikan para pelanggan bisa merasa nyaman, aman, serta mendapat perlindungan maksimal dari virus corona saat menginap. Tapi, cairan disinfektan tersebut nggak untuk disemprotkan ke tubuh.

Alkohol dan klorin dalam cairan disinfektan memang mampu membunuh virus yang menempel di permukaan benda mati, tapi harus tetap diperhatikan petunjuk penggunaannya, ya! Gunakan di benda-benda di rumah, boleh, tapi jangan disemprot ke tubuh!

Untuk tubuh, cara terbaik menangkal bahaya virus corona masih tetap dengan menjaga kebersihan, dimulai dengan cuci tangan.

Bepergian memang nggak dianjurkan selama masa karantina mandiri ini, tapi jika memang terpaksa harus pergi, segera mandi begitu sampai rumah, ganti seluruh baju dan pisahkan pakaian kotor dengan yang bersih. Jangan menyentuh apapun juga sebelum cuci tangan, ya!

Cara lain untuk menangkal bahaya virus corona dari tubuh kamu adalah dengan memperkuat sistim imun. Makan makanan bernutrisi, konsumsi vitamin, dan terapkan gaya hidup sehat. Kamu bisa cek tips lengkapnya di artikel ini: Tips Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dalam 5 Langkah

Setiap mengambil keputusan, kamu harus ingat bahwa setiap yang kamu lakukan bisa saja berdampak ke orang lain, RedTraveler. Mengunjungi tempat ramai bukan hanya bikin kamu berpeluang terinfeksi virus, bisa jadi malah kamu yang menyebarkan virusnya. So, diam di rumah pun bukan cuma untuk melindungi diri sendiri, tapi juga orang lain. Ingat prinsip #SalingJaga di kondisi seperti ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.