Anjuran untuk diam di rumah dan menerapkan social distancing selama pandemi virus corona bukan hanya membatasi aktivitas. Secara nggak langsung, situasi ini juga jadi membatasi gerak fisik kita. Biasanya mungkin RedTraveler harus menempuh perjalanan cukup jauh untuk ke kampus, ke sekolah, atau ke kantor, yang mau nggak mau membuat badan banyak bergerak, sementara sekarang cuma di area rumah aja.

Baca juga: Tempat Wisata Bali yang Tutup Sementara Akibat Corona

Minim gerak itu lama-lama bisa berpengaruh pada kesehatan baik fisik maupun psikis, lho. Makanya, WHO pun telah menyarankan untuk tetap aktif beraktivitas fisik meski lagi di rumah aja menghindari penyebaran corona. Untuk orang dewasa, waktu ‘aktif fisik’ yang dianjurkan adalah 30 menit per hari.

Nah, kalau ruang gerak terbatas, kegiatan apa yang bisa dilakukan supaya fisik tetap aktif? Simak tipsnya di bawah ini, yuk!

Kegiatan Fisik yang Bisa Dilakukan di Rumah Biar Tetap Sehat Selama Pandemi Virus Corona

Ikut kelas olahraga online

Yang cuma bisa ‘di rumah aja’ bukan cuma kita, RedTraveler. Banyak orang merasakan hal serupa, makanya nggak perlu khawatir karena akan ada banyak pihak yang menginisiasi aktivitas seru buat mengisi waktu secara online, termasuk kelas olahraga.

Mirip seperti melihat video di youtube, bedanya kelas olahraga ini dilakukan dengan siaran langsung baik di YouTube maupun media sosial. Coba cek instruktur olahraga favoritmu, siapa tau dia punya program ini selama kita terpaksa ‘dirumahkan’ karena corona.

Skipping atau lompat tali

Kalau belum punya alatnya, beli online pasti banyak kok. Skipping 10-15 menit setiap hari aja udah termasuk hitungan olahraga yang lumayan, lho. Simple tapi dijamin bikin kamu bergerak! Coba deh lakukan tiap pagi sebelum mulai rutinitas WFH. Kamu pasti jadi lebih semangat dan lebih fokus di sisa hari karena skipping udah membangunkanmu.

Naik turun tangga

Manfaatkan yang ada di sekitar untuk membuatmu tetap aktif bergerak, salah satunya tangga. Lebih sering naik turun tangga untuk melatih otot kaki, panggul, perut, betis, dan paha. Kalau ini, nggak perlu luangkan waktu khusus juga nggak apa-apa. Kamu bisa selipkan di sela-sela waktu kerja biar nggak duduk melulu.

Menari

Lantunan musik dari lagu-lagu upbeat akan cukup membantu kamu bergerak dengan tarian-tarian kecil sambil kerja. Cara ini juga akan menyenangkan karena nggak terlalu terasa seperti olahraga! Atau kalau kamu emang suka nari, coba aja ikutin tutorial menari di YouTube. Kalau boleh tau, apa sih lagu andalan kamu buat menari-nari macam ini?

Stretching

Diam dalam posisi yang sama selama berjam-jam akan membuat otot kaku dan badanmu jadi sakit. Jadi, selipkan stretching setiap jam. Bangun untuk ke toilet, ambil minum, sambil berjalan-jalan keliling rumah dan meregangkan otot.

Menjaga tubuh tetap aktif baik untuk membuat kamu tetap sehat lahir batin di masa pandemi virus corona begini. Jadi, sebisa mungkin sempatkan waktu, ya! Rekomendasi kegiatan yang RedDoorz sebut di atas nggak ada yang susah dilakukan, kan? Semuanya gerakan simple dan bisa dilakukan dari rumah. Yuk cobain!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.