menu buka puasa ramadan-kolak.
menu buka puasa ramadan-kolak.

Marhaban Ya Ramadan! Salah satu hal yang paling dikangenin dari Ramadan adalah makanan-makanannya. Walau sebetulnya menu buka puasa yang dijajakan saat bulan Ramadan juga bukan makanan yang muncul setahun sekali, sih. Di hari-hari biasa, makanan tersebut juga gampang dicari. Tapi entah kenapa, di bulan puasa deretan makanan itu jadi tampak berkali-kali lipat lebih enak. Setuju nggak, RedTraveler?

Tiap sore di bulan puasa, jalanan pasti ramai dengan para penjual makanan berbuka, atau biasa disebut takjil. Tapi karena pandemi corona, mungkin keramaian itu nggak bisa kita nikmati di bulan puasa tahun ini karena kita harus sebisa mungkin diam di rumah aja dan menghindari keramaian. Nggak apa-apa ya, RedTraveler. Yang penting kita semua sehat!

Baca juga: Bahan Makanan yang Cocok Jadi Stok Saat Social Distancing

Sebagai inspirasi, nih RedDoorz kasih referensi makanan buka puasa ala orang Indonesia. Siapa tau kamu mau siap-siap, dan masak sendiri di rumah saat bulan Ramadan nanti. Cus simak di bawah ini.

Menu buka puasa yang Indonesia banget, pasti ada di meja saat Ramadan!

Kolak

Apapun isian kolaknya, mulai dari singkong, pisang, ubi, sampai labu, ataupun kolak biji salah, yang satu ini pasti nggak akan absen saat Ramadan tiap tahunnya. Entah sejak kapan makanan ini seakan jadi menu buka puasa andalan, tapi bulan Ramadan tanpa kolak emang kurang lengkap sih. Ya, kan?

Bubur Sagu Mutiara

Mirip-mirip kolak, menu satu ini juga sering jadi pilihan buat berbuka puasa. Rasanya yang manis memang pas untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Mau disajikan hangat atau dingin, sama enaknya!

Baca juga: 11 Makanan khas Buka Puasa di Berbagai Negara

Gorengan

Gorengan jadi salah satu menu buka puasa Ramadan khas orang Indonesia.
Gorengan jadi salah satu menu buka puasa Ramadan khas orang Indonesia.

Nggak kalah penting dari daftar menu buka puasa khas orang Indonesia; gorengan! Sebenarnya makan gorengan pas buka puasa itu cukup berisiko bikin tenggorokan nggak enak dan mengurangi stamina kalau udah radang, tapi apalah artinya buka puasa tanpa gorengan. Setuju?

Lontong

Temannya gorengan, nih. Pake lontong isi sayuran atau oncom, nikmat banget buka puasanya! Bikin kenyang pula. Jadi selesai buka puasa kamu bisa lanjut ibadah dulu dengan tenang karena perut udah terisi, makan beratnya bisa setelah salat tarawih. Biasanya, makan lontong juga ditemani dengan bihun atau mie goreng, juga sambal kacang. Kalau kamu gimana, RedTraveler?

Sop buah

Sop buah jadi salah satu menu buka puasa khas orang Indonesia.
Sop buah jadi salah satu menu buka puasa khas orang Indonesia.

Mirip-mirip dengan es campur tadi, sop buah ini juga nggak kalah seger buat buka puasa. Isi buah-buahannya mungkin lumayan bisa jadi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalau mau buka puasa pakai sop buah, coba bikin sendiri aja di rumah, RedTraveler!

Es Campur

Minuman dingin yang segar gini memang nggak pernah salah deh buat buka puasa. Es campur juga sering jadi salah satu incaran buat berbuka. Buat buka puasa bareng keluarga di rumah enak banget nih.

Es kelapa

Simple tapi udah pasti seger? Es kelapa jawabannya! Air kepala mengandung elektrolit yang bisa menghapus dahaga setelah seharian berpuasa. Buat menambah kesegaran, kamu bisa tambahkan sedikit kental manis, sirup, atau jeruk peras ke dalam es kelapamu.

Es pisang ijo

Es pisang ijo seringkali jadi menu buka puasa andalan orang Indonesia.
Es pisang ijo seringkali jadi menu buka puasa andalan orang Indonesia.

Last but not least, makanan khas Makassar ini juga sering jadi opsi asupan gula buat mengembalikan tenaga selepas puasa. Olahan pisang, bubur sumsum, dan sirup tempting banget apalagi kalau disantap dingin dengan es batu.

Es sirup

Tentu aja yang satu ini harus ada! Sirup dan bulan Ramadan nggak mungkin terpisahkan. Bahkan iklan sirup sering jadi ‘penanda’ kalau Ramadan sudah dekat. Jadi, bagaimana mungkin sepanjang Ramadan nggak buka puasa pakai sirup sama sekali?

Di antara makanan-makanan yang RedDoorz sebutkan, ada menu khas buka puasa favoritmu yang terlewatkan, nggak, RedTraveler? Kalau ada, share artikel ini dan tulis menu favoritmu, ya! Yuk bertukar referensi menu buka puasa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.