Tradisi puasa ramadan yang selalu bikin kangen. (Image by Ahmed Sabry from Pixabay)
Tradisi puasa ramadan yang selalu bikin kangen. (Image by Ahmed Sabry from Pixabay)

Bulan puasa Ramadan setiap tahunnya selalu terasa istimewa. Selain nuansa keagamaan, tradisi-tradisi masyarakat yang mengikutinya pun nggak kalah bikin kangen, apalagi di wilayah Indonesia yang luas ini. Dari Sabang sampai Merauke pasti ada aja tradisi yang unik.

Ramadan 2020 ini mungkin akan sedikit berbeda karena kita sedang berada di tengah pandemi. Tradisi-tradisi yang biasanya kita jalani, jadi terpaksa harus terlewatkan karena berbenturan dengan keharusan untuk jaga jarak, dan karantina mandiri di rumah.

Nah, buat ngobatin kangen banget sama tradisi puasa Ramadan itu, coba kita flashback yuk apa aja sih yang biasa kita lakuin di bulan Ramadan yang normal.

Tradisi Puasa Ramadan Khas Indonesia yang Selalu Bikin Kangen

Di bawah ini RedDoorz tuliskan daftarnya beberapa, baca sampai selesai dulu, kalau ada tradisi puasa Ramadan versi kamu yang nggak ada di sini, coba tulis di komentar, atau share artikel ini dan tambahkan versimu sendiri.

Ngabuburit

Waktu-waktu menjelang buka puasa ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seru sampai azan magrib tiba, mulai dari tadarusan, nyiapin menu buka puasa, sampai jalan-jalan keliling dan menikmati suasana. Kalau kamu biasanya ngabuburitnya ngapain, RedTraveler?

Jajan Takjil

Gorengan jadi salah satu menu buka puasa Ramadan khas orang Indonesia.
Gorengan jadi salah satu menu buka puasa Ramadan khas orang Indonesia.

Kegiatan nggak kalah penting di bulan puasa adalah jajan takjil. Di bulan Ramadan biasanya banyak pedagang musiman yang menjajakan menu-menu khas berbuka, seperti kolak, aneka gorengan, lontong, dan lain-lainnya. Para penjaja takjil ini mudah ditemukan di mana-mana. Hmm, kira-kira bulan Ramadan ini masih banyak yang jualan nggak, ya?

Baca juga: Menu Buka Puasa Ramadan ala Orang Indonesia

Salat tarawih di masjid

Apalah arti Ramadan tanpa salat tarawih berjamaan di masjib. Di awal-awal Ramadan, biasanya masjid masih penuh banget sampai shafnya keluar gedung masjid karena semua antusias. Tapi, sekarang kita lagi nggak boleh berkumpul dulu, jadi salat tarawihnya sendiri aja atau bareng keluarga di rumah, ya, RedTraveler.

Perang sarung

Ini sih mainan bocah-bocah! Berangkat salat tarawih ke masjid bawa sarung, selesai salat sarungnya buat mainan deh sampai capek. Siapa di antara RedTraveler yang punya kenang-kenangan tentang perang sarung di masa kecil? Cerita, dong!

Bangunin sahur keliling

Dini hari keliling kampung/komplek sambil bawa bedug yang didorong pakai gerobak; ini khas puasa Ramadan banget! Gaduh subuh-subuh, tapi begitu bulan Ramadan lewat, kegaduhan ini bakal dikangenin baik sama yang tugasnya keliling ataupun warga yang cuma dengerin dari dalam rumah. Setuju nggak?

Sahur on the road

Sahur on the road seyogianya merupakan ajang berkumpul komunitas dan berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Ini merupakan kegiatan positif. Tapi sepertinya beberapa tahun belakangan sahur on the road dibumbui insiden yang pada akhirnya membuat esensi dari kegiatan itu sendiri mulai bergeser, bahkan dilarang.

Bukber

Setiap weekend bahkan setiap hari, adaaaa aja agenda bukber. Siapa yang begini? Bukber puasa Ramadan seringkali jadi ajang silaturahmi, bahkan reuni. Tapi di sisi lain bukber juga bikin boros karena mau nggak mau bikin kita mengeluarkan budget lebih, dan bikin jarang buka puasa di rumah bareng keluarga.

Menjalani puasa Ramadan dengan kondisi seperti sekarang, mungkin bukber jadi salah satu tradisi yang harus kita singkirkan jauh-jauh karena jelas kita nggak boleh kumpul-kumpul dan harus menghindari keramaian. Sedih? Pasti. Tapi lihat positifnya, kita jadi bakal lebih sering buka puasa di rumah bareng keluarga.

Ayo, RedTraveler. Share dong apa tradisi puasa Ramadan yang ngangenin versi kamu!

3 thoughts

  1. Slow down my friend. We are not all Muslims. Respect other religions who do not follow Idul Fitri and think Mudik will cause 100,000 deaths or more.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.