Nggak kerasa puasa Ramadan udah di depan mata! Dalam hitungan jam kita udah akan memulai sahur pertama. RedTraveler gimana keadaannya? Semoga masih dalam kondisi prima, dan bisa ikut ibadah puasa bagi yang menjalankannya, ya!

Baca juga: Anak Kost Nggak Bisa Mudik, Ini 5 Ide Seru-Seruan yang Bisa Dilakukan Dari Kost Aja

Puasa tahun ini memang agak berbeda karena kita sedang dilanda pandemi covid-19, tapi jangan sampai hal tersebut mengurangi semangat kita. Lebih baik sekarang kita pikirkan, yuk, masak apa buat sahur pertama puasa nanti? Di bawah ini, RedDoorz bantu kasih kamu sedikit referensi menu yang praktis, tapi tetap bergizi buat sahur. Yuk simak!

Ide Menu Sahur yang Praktis Dimasak

Masak menu sahur itu agak sedikit tricky, antara pengin yang tetap bergizi tapi juga malas ribet. Nah, makanya yang RedDoorz sebut di bawah ini benar-benar menu sahur yang mudah diolah dan nggak makan banyak waktu kalaupun kamu harus masak dini hari sebelum makan.

Sayur bening bayam

Nggak bakalan makan waktu sampai 1 jam untuk mengolah bayam jadi sayur bening yang lezat. Bumbunya pun gampang, cuma irisan bawang merah dan bawang putih, garam, dan sedikit gula. Untuk variasi, kamu bisa tambahkan jagung atau wortel di sayur bening bayam ini. Bergizi, praktis dimasak sebelum makan sahur.

Ayam goreng

Menu ini malah bisa jadi menu sahur penyelamat kamu berhari-hari. Kamu bisa simpan ayam masak yang telah dibumbui di dalam kulkas, dan goreng tiap mau makan. Saat bingung atau nggak sempat masak lauk yang lain, tinggal buka kulkas dan goreng ayamnya. Sedia sambal matang juga boleh biar tambah nikmat!

Telur ceplok kecap

Belum sempat belanja makanan banyak untuk sahur, tapi enggan makan makanan cepat saji? Yaudah, bikin telur ceplok bumbu kecap aja. Kamu tinggla goreng ceplok beberapa butir telur. Lalu siapkan kuah kecap yang diolah dengan tumisan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan cabai. Beri sedikit air, masukkan kecap secukupnya, lalu tambahkan bubuk kaldu biar tambah sedap. Jadi, deh!

Baca juga: Tradisi Puasa Ramadan di Indonesia yang Selalu Bikin Kangen

Sop baso telur puyuh

Makanan berkuah atau rebus-rebusan memang lebih dianjurkan untuk sahur guna mengurangi risiko dehidrasi. Selain sayur bening tadi, variasi sop satu ini juga bisa diandalkan. Tumis dulu bumbu dasar sop agar lebih harum. Lalu terpisah, didihkan air. Masukkan tumisan bumbu ke air yang mendidih, lalu masukkan wortel dan kentang, rebus sampai empuk. Sekiranya sudah empuk, masukkan baso, buncis, kol, seledri, daun bawang, dan telur puyuh. Diamkan 3 menit dalam api kecil sup siap disajikan!

Orek tempe basah

Ini juga bisa jadi andalan menu pendamping yang praktis dan bergizi buat sahur. Tinggal iris tempe berbentuk dadu, goreng setengah matang. Bumbunya cuma irisan bawang putih dan lengkuas. Tumis sampai harum berbarengan dengan daun salam. Tambahkan sedikit air dan kecap, masukkan tempe, lalu bubuhkan garam dan penyedap. Aduk sampai rata. Kamu juga bisa tambahkan irisan buncis sebagai variasi. Setelah semua tercampur, diamkan sampai bumbu meresap dan airnya mengering, lalu sajikan.

Tips tambahan biar kamu tetap dapat gizi seimbang, jangan lupa tambahkan buah. Pastikan kombinasi menu sahur kamu juga memenuhi kebutuhan gizi harian. Jadi selama puasa kamu tetap fit sampai akhir.

Selamat menunaikan ibadah puasa ya, RedTraveler!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.