Marhaban ya Ramadan! Selamat menunaikan ibadan puasa Ramadan bagi teman-teman RedTraveler yang menjalankan. 🙂

Puasa Ramadan tahun ini agak sedikit berbeda karena kita lagi berada di tengah pandemi. Anjuran social distancing dan physical distancing masih harus terus kita terapkan dalam keseharian. Coba kita runut, rutinitas Ramadan apa aja tuh yang jadi kita jauhkan sementara waktu? Salat tarawih berjamaah di masjid, buka puasa bareng teman dan saudara, mudik lebaran, bahkan sampai ngabuburit jajan takjil pun sepertinya nggak bisa kita lakukan, ya.

Lalu kalau keadaannya kayak gini, kita ngapain dong biar bisa mengisi waktu puasa biar nggak bosan?

Kegiatan Pengisi Waktu Puasa Ramadan

Mentang-mentang puasa nggak berarti kamu jadi kehilangan seluruh tenaga buat melakukan ini itu, kan? Mungkin tingkat energinya berbeda, tapi jangan sampai kamu nggak produktif dan cuma membuang waktu dengan rebahan aja! Coba ya, simak tips RedDoorz berikut ini biar waktu puasa Ramadan tetap diisi kegiatan produktif.

Beraktivitas Seperti Biasa

Sebagian dari kita pasti masih bekerja atau menjalani perkuliahan seperti biasa kan meski dari rumah? Nah, tentu saja ini adalah opsi kegiatan utama buat mengisi waktu saat puasa ramadan. Karena nggak bisa jajan, nggak perlu masak atau beli makan buat makan siang, fokus ke sini aja, RedTraveler biar cepet selesai. Nggak terasa deh, tau-tau udah mau magrib aja.

Nonton

Kegiatan paling gampang buat ngisi waktu dan nggak bikin bosan sebenernya ya nonton film. Kamu bisa marathon series-series lama yang seru atau series baru yang belum pernah ditonton. Atau cari-cari rekomendasi dari media sosial. Kalau udah menonton banyak sekali daftar film dan series, kamu bisa bikin daftar rekomendasi versi kamu sendiri dan dibagikan di media sosial. Berbagi itu seru, lho!

Beres-beres Rumah

Puasa bukan alasan buat malas-malasan. Coba deh beberes rumah saat kamu ada waktu luang. Kamu bisa lakukan pembersihan rutin seperti menyapu dan mengepel, atau bahkan mengurus taman dan berkebun. Kalau kamu ingin decluttering isi lemari, ini saat yang tepat! Coba bongkar lemari dan mulai sisihkan baju yang udah nggak kamu gunakan atau jarang sekali kamu gunakan. Daripada menumpuk begitu saja, lebih baik diberikan pada yang membutuhkan, kan?

Belajar masak atau bikin kue

Eksplor menu-menu seru dari berbagai referensi yang bisa kamu dapat. Nggak perlu susah-susah, coba buat camilan buka puasa aja dulu buat kamu sekeluarga. Tapi hati-hati kelupaan ya, jangan dicicip masakannya!

Baca juga: Menu Buka Puasa Ramadan ala Orang Indonesia

Selama Puasa Ramadan, Sempatkan untuk Tadarus Alquran

Jika kamu banyak waktu luang, alangkah baiknya kalau mengalokasikan waktu tersebut buat membaca Alquran. Kalau mau, kamu juga bisa targetkan khatam di bulan Ramadan, perhitungkan waktu yang dipunya dan bagaimana pembagiannya per hari. Cara ini bisa bikin kamu lebih bersemangat karena sudah punya target besar dan target kecil yang jelas. Yuk, semangat, yuk!

Mencoba kreatif

Menjelajahi media sosial pasti opsi yang banyak kita ambil. Walau melakukan yang lain-lain juga, tapi di sela-selanya pasti buka media sosial. Nah, kalau emang kita banyak waktu buat bermedia sosial, coba lakukan lebih dari sekadar mengonsumsi konten-konten yang disuguhkan. Kamu bisa pelajari, lalu buat dalam versi kamu sendiri. Puasa Ramadan kamu pasti tambah menyenangkan kalo bisa produktif!

Sekian dulu tips dari RedDoorz buat menemani kamu mengisi waktu saat puasa. Silakan terapkan yang paling pas buat kamu, kalau kamu punya ide lain juga boleh! Share aja yuk biar RedTraveler yang lain baca dan terinspirasi juga.

Sekali lagi, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan, RedTraveler! Semoga sehat selalu, yaa!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.