Indonesia nggak pernah kekurangan pantai yang bikin semua wisatawan terpukau. Mau di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi atau Irian Jaya, pasti ada pantai yang dielu-elukan wisatawan. Nah, di Jawa, ada Karimunjawa yang menawarkan keindahan tersebut. RedTraveler udah pernah ke Karimunjawa? Kalau belum, yuk cari tahu lebih jauh lewat artikel RedDoorz berikut ini.

Letak dan Akses Menuju Taman Nasional Karimunjawa

Dibeli label sebagai Taman Nasional, Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan di utara pulau Jawa, letak administratifnya di kabutapen Jepara. Untuk sampai ke sana, kamu perlu menyebrang Laut Jawa dengan ferry atau kapal cepat dari Semarang atau Jepara. Untuk waktu tempuh sendiri yakni sekitar 4 jam dengan ferry dan kapal cepat sekitar 2 jam. Tapi, kapal ini tidak selalu tersedia untuk bolak-balik mengantar penumpang, lho. Jadi baiknya kamu cari tahu dulu jadwal kapan yang ingin kamu gunakan untuk menyeberang.

Selai menyeberang dengan kapal laut kamu juga bisa menyeberang dengan pesawat terbang dari Semarang. Jadwalnya juga nggak setiap hari dan harga tiketnya tentu lebih mahal, tapi kalau kamu males capek atau takut mabuk laut, pilihan ini bisa dicoba.

Baca juga: Lokasi Snorkeling Bagus di Indonesia yang Cocok Buat Pemula

Aktivitas Seru di Karimunjawa

Berlibur ke pulau, tentu saja aktivitas yang bisa dilakukan nggak jauh-jauh dari pantai dan laut. Nggak usah khawatir, kamu nggak bakal bosan karena pemandangannya super duper indah! Karimunjawa memiliki pantai-pantai landai berpasir putih. Air laut di sekitarnya pun amat jernih. Bahkan dari dermaga saja, pandanganmu bisa tembus ke terumbu karang dan ikan-ikan kecil di perairan sekitarnya, lho.

Island hopping

Kepulauan Karimunjawa dikelilingi pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti pulau Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Pulau Burung, Pulau Katong, dll. Biasanya paket wisata yang kamu ikuti sudah mencakup aktivitas seru ini. Tour guide kamu akan membawa kamu mengelilingi pulau-pulau ini dengan kapal nelayan. Setiap pulau menyughkan keingahan tersendiri. Jangan lewatkan kegiatan yang satu ini kalau kamu liburan ke Karimunjawa, ya, RedTraveler! Biasanya kegiatan ini udah termasuk

Snorkeling dan Diving

Nggak cuma indah di permukaan, dasar laut di sekitar kepulauan Karimunjawa pun sama indahnya! Sambil islan hopping, kamu juga akan diberikan waktu untuk snorkeling di spot-spot tertentu. Untuk yang telah memiliki lisensi menyelam, ada spot-spot untuk diving juga seperti di Pulau Kemojan, di mana kamu akan melihat kapal karam yang telah jadi rumah untuk terumbu karang. Dijamin deh kamu pasti akan dibuat terpukau dengan keindahan biota lautnya.

Berenang bersama Hiu

Yes, betul! Kamu bisa berenang bersama hiu saat berlibur ke pulau Karimunjawa, lebih tepatnya di pulau Menjangan Besar di mana terdapat penangkaran hiu jenis Blacktip Reef Shark yang biasa ditemukan di perairan dangkal. Jangan khawatir, hiu jenis ini jinak kok!

Mengejar Lumba-Lumba

Karena di laut lepas antara pulau Menjangan Kecil dan Menjangan Besar, mungkin butuh sedikit dukungan dari faktor keberuntungan untuk dapat bertemu dengan kawanan lumba-lumba ini. Tapi demi pengalaman liburan yang semakin berkesan, kamu tetap harus mencobanya! Siapa tau mereka lagi pengin unjuk kebolehan dan mendekat ke perahumu.

Trekking di Hutan Mangrove

Karimunjawa punya hutan mangrove yang rimbun dan cukup kaya akan flora serta fauna. Ada jalan setapak dari kayu juga yang akan memudahkan kamu lebih mudah menelusuri keindahan hutan ini. Kalau malas, kamu bisa naik ke gardu pandang di dekatnya dan menikmati rimbunnya pohon bakau dari atas.

Hiking

Meski wisata utamanya adalah pantai, namun Karimunjawa juga punya bukit untuk dijelajahi yakni Bukit Cinta dan Bukit Joko Tuwo. Dari puncaknya, kamu bisa melihat hampir seluruh bagian pulau ini dan terkagum-kagum melihat birunya laut di kejauhan.

Ke Taman Kupu-Kupu

Bukan cuma alam yang indah, di Karimunjawa pun ada spot wisata buatan bernama Karimun Buterfly Park. Sesuai namanya, di sini kamu akan disuguhkan hewan-hewan cantik ini. Selain itu, ada pula bioskop 3D, 3D art gallety, dan lain-lainnya!

Menikmati Island Life

Umumnya paket wisata Karimunjawa menyediakan fasilitas selama 4 hari 3 malam termasuk untuk perjalanan pulang dan pergi. Waktu ini cukup untuk berkeliling menjelajah pulau dan pantai-pantai nan indah sampai kulitmu menggelap! Biasanya sore hari kamu sudah kembali merapat ke pulau dan menikmati waktu bebas. Nah, manfaatkan waktu tersebut untuk hunting sunset, deh!

Jauh dari hiruk-pikuk kota, sunset di Karimunjawa akan membuat kamu merasa berada di belahan bumi yang entah di mana saking indahnya. Di malam hari kamu bisa bersantai di alun-alun yang ramai dengan dagangan para penduduk setempat sambil makan malam.

Begitulah, RedTraveler. Waktu 4 hari 3 malam mungkin akan terasa kurang saat kamu benar-benar menikmati suasana di pulau ini. Untuk kamu si ‘anak pantai’, destinasi wisata yang satu ini sungguh benar-benar nggak boleh terlewatkan.

2 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.