Tradisi bukber terpaksa dikesampingkan karena bulan puasa Ramadan tahun ini kita sedang menghadapi pandemi. Kumpul-kumpul dan berada di tengah keramaian sebisa mungkin harus dihindari, tetap mengadakan bukber bisa mengubah situasi dari niat bersilaturahmi jadi tindakan berisiko tinggi.

Kangen teman sudah pasti. Tapi demi keamanan bersama, memang baiknya buka puasa bareng sama keluarga di rumah aja. Buat obat kangen teman, coba diakali supaya bisa tetap silaturahmi tapi tetap aman. Caranya? Berikut tips dari RedDoorz.

Tips Bukber Aman Kala Puasa Ramadan di Tengah Pandemi

Janjian di grup chat

Kamu dan teman-temanmu pasti punya grup chat tempat biasa mengobrol sehari-hari. Pertama-tama, janjian dulu lewat situ. Kapan kira-kira enaknya kalian bisa “bukber”?

Pilih “tempat” buat bukber puasa Ramadan yang spesial

Kalau group kamu isinya nggak lebih dari 4 orang, pakai video call di aplikasi instant messanger masih bisa, kok! Kalau lebih, manfaatkan aplikasi gratis seperti zoom atau google meet. Atur jadwal sesuai yang telah disepakati dan kirim undangan ke anggota grup.

Janjian masak

Biar nggak cuma ‘kumpul’ pas azan aja, coba janjian kalian mau buka puasa pake apa. Bisa seragamkan menu biar serasa masak dan makan bareng nanti, sambil ‘kontes’ siapa yang masakannya paling keliatan bikin laper. Hihi.

Tuker-tukeran makanan

Rumah satu sama lain nggak terlalu jauh dan mudah dijangkau dengan pengiriman by aplikasi ojol? Nggak ada salahnya untuk kirim hasil masakanmu ke teman-teman dan saling bertukar. Cara ini akan membuat momen kebersamaannya lebih terasa meski secara fisik nggak bersama-sama,

Baca juga: Tips Isi Waktu Puasa Ramadan dengan Kegiatan Produktif dari Rumah

Tetap pakai dresscode

Meski cuma by video call, coba buat tetap dressed up! Selama di rumah aja mungkin kamu jarang melakukannya. Nah kali ini buat bukber puasa Ramadan yang spesial bareng teman-teman, nggak ada salahnya rapi-rapi.

Bikin acara sebelum magrib

Biar nggak kalah seru sama bukber di bulan Ramadan yang lalu-lalu, atur susunan acara buat video call. Misal, bikin games kecil-kecilan, ada yang perform dengan gitar, atau tadarus bersama.

Buka puasa Ramadan spesial via video call!

Saat azan magrib tiba, jangan lupa tunjuk satu orang untuk pimpin doa bersama! Baru deh kemudian nikmati hidangan yang tersedia di hadapan masing-masing di balik layar. Jangan lupa untuk abadikan momen ini buat kenang-kenangan, ya.

Kalau RedTraveler, gimana caranya ngatasin kangen bukber bareng teman-teman saat puasa Ramadan seperti ini?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.