Olahraga Favorit yang Bisa Dilakukan Saat Liburan

Siapa yang menjadikan liburan tahun ini sebagai ajang malas-malasan? Libur lebaran tahun ini mungkin pas banget yah, RedTraveler, sama liburan kuliah dan sekolah. Jadi nggak heran sih, kalau kamu benar-benar memanfaatkan liburan kali ini untuk tidur sampai pusing. Eh, tapi hati-hati, nih. Kamu tau nggak sih kalau kelamaan tidur itu bisa menyumbat aliran darah, makanya akan ada efek pusing jika kamu melakukannya terlalu lama. Yuk, daripada liburan panjangmu malah pusing, mending lakukan kegiatan yang bemanfaat seperti olahraga. Kalau kamu buka Instagram, mungkin kamu akan melihat update-an semua orang yang menjadikan olahraga sebagai lifestyle mereka dewasa ini. Yup, nggak dipungkiri sekarang sudah banyak sekali studio-studio olahraga yang tersebar di perkotaan, contohnya Jakarta. Tapi olahraga apa saja sih yang wajib kamu coba? Ini dia rekomendasinya…

  1. Bikram Hot Yoga

Olahraga-Favorit-yang-Bisa-Dilakukan-Saat-Liburan

Image: Google

Huaaaah… Kamu akan mengeluarkan banyak keringat ketika melakukan olahraga ini. Tapi jangan salah, semua gaya yang dilakukan di kelas yoga ini memiliki tujuan yang bermanfaat, lho. Buat kamu yang suka pegal-pegal setelah kerja atau merasa metabolismenya akhir-akhir ini kurang lancar, wajib banget buat nyobain olahraga yang satu ini. Bikram Hot Yoga ini, dilakukan di dalam ruangan yang memiliki banyak hot steamer. Hihi, jadi kebayang kan ‘hot’-nya badan kamu nanti selama kelas berlangsung. Buat yang nggak biasa ‘gerak’ mungkin akan merasa pusing di beberapa menit pertama kelas ini. Tapi hal ini diklaim wajar kok oleh sang pelatih. Jika kamu mulai merasa pusing di tengah berjalannya kelas, sangat dianjurkan untuk duduk dan beristirahat sejenak. Asal jangan kabur keluar kelas aja, yah…

  1. Strong by Zumba

Olahraga-Favorit-yang-Bisa-Dilakukan-Saat-Liburan

Image: Google

Nah, olahraga yang satu ini cocok untuk membakar ketupat, opor, dan rendang yang kamu makan saat hari lebaran kemarin nih, hihi. Strong by Zumba atau biasa disebut sebagai SBZ, bisa membantu membakar hingga 600 kalori tubuhmu dalam sekali latihan saja, lho. Karena saat kamu ikut latihan SBZ, kamu akan melakukan gerakan-gerakan seperti lunges, squats, dan kickboxing yang digabungkan dengan gerakan-gerakan lain sehingga dapat membantu kardiomu. Buat yang rajin mantengin instastory, mungkin sudah tau kalau olahraga ini populer sekali di kalangan milenial khususnya para perempuan. Mungkin bisa jadi pilihan olahragamu, nih.

  1. Boot camp

Olahraga-Favorit-yang-Bisa-Dilakukan-Saat-Liburan

Image: Google

Pingin olahraga tapi nggak mau sendirian? Nah, boot camp ini boleh banget dicoba bareng pacar kamu. Sistem boot camp ini adalah physical training, di mana kamu akan diberikan beberapa set gerakan yang harus kamu lakukan sebagai bentuk latihannya. Olahraga ini dilakukan secara berkelompok, dan kelompok ini akan diberikan set gerakan yang sama. Jadi kamu nggak akan capek sendirian kok!

  1. TRX

Olahraga-Favorit-yang-Bisa-Dilakukan-Saat-Liburan

Image: Google

Buat yang pingin melatih ketahanan tubuh biar nggak cepet capek, RedDoorz rekomendasiin kamu untuk ikut latihan TRX. Olahraga ini akan mengandalkan beban tubuhmu sendiri, yang ditopang dengan dua buah tali yang tersedia di studio. Ngos-ngos-an? Ya, pasti dong. Tapi kelelahan kamu akan terbayar karena banyak juga, lho, orang yang sukses langsing dengan rutin melakukan olahraga ini. Tertarik?

  1. Muay Thai

Olahraga-Favorit-yang-Bisa-Dilakukan-Saat-Liburan

Image: Google

RedDoorz yakin, sebagian besar dari kamu pasti udah banyak yang tau tentang olahraga yang satu ini. Olahraga martial arts-nya Thailand ini sudah populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia sejak tahun 2014. Olahraga ini cukup populer karena tidak hanya dapat dilakukan oleh kaum laki-laki, tapi banyak juga kaum perempuan yang ikutan punya hobi melakukan olahraga ini. Buat yang perempuan, olahraga ini bisa juga sekaligus melatih pertahanan kamu, lho. Boleh juga kan, melatih skill meninju biar bisa sedikit bela diri.

Nggak Mau Telat Buat Olahraga Pagi, kan? Nginep Yuk, di RedDoorz Terdekat!

Setelah mengetahui apa pilihan olahragamu, sekarang tentukan tempat menginapmu di RedDoorz! Mulai dari Rp 99.000/ malam, kamu nggak perlu lagi bingung mikirin harus menginap dimana karena dijamin stay di RedDoorz nyaman banget! Fasilitas RedDoorz juga dijamin lengkap, karena kamu nggak perlu khawatir untuk mendapatkan fasilitas seperti wifi, perlengkapan mandi, serta mendapatkan tempat tidur yang nyaman dan bersih. Yuk, book kamarmu di RedDoorz sekarang!

Libur Idul Fitri Nggak Mudik? Kamu Bisa Melakukan Aktivitas Ini

Nggak terasa ya RedTraveler, kita sudah sampai di penghujung bulan Ramadan. Pastinya sebentar lagi libur idul fitri, dong! Waktu sih boleh cepat berlalu, tapi uang THR-mu belum berlalu juga kan? Buat yang nggak mudik dan memilih untuk stay di Jakarta, jangan sedih. Kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini dengan budget yang minim. Jadi, nggak masalah dong kalo kamu harus ditinggal mudik pacar atau teman-teman se-geng kamu?

  1. Hubungi Keluarga Jauh

Walaupun kamu nggak mudik, sempatkan waktu untuk tetap menghubungi keluargamu yang jauh di sana yah. Menjaga silaturahmi memang nggak harus bertemu langsung, kok, tapi jangan sampai lupa. Menghubungi keluargamu hanya dengan mengucapkan selamat hari raya dan meminta maaf bisa menjadi salah satu hal kecil dan sederhana yang bisa mengeratkan hubungan kalian, lho. Nggak ada yang tahu kan, kalau sebenarnya orang tua atau keluargamu kangen banget sama kamu tapi mereka nggak bisa bilang karena takut mengganggu aktivitasmu? Oleh karena itu, nggak ada salahnya, RedTraveler, untuk menghubungi dan meminta maaf duluan!

  1. Jalan-Jalan Keliling Kota

Mungkin ini yang sudah ditunggu sama sebagian besar warga Jakarta yang nggak mudik. Menanti Jakarta jadi sepi. Setelah 11 bulan kamu sudah cukup muak dengan macetnya Jakarta, mungkin di minggu-minggu lebaran nanti kamu bisa merasakan sedikit kelengangan ibu kota kita ini. Kalau biasanya kamu malas untuk pergi keliling kota Jakarta di hari biasa, kamu bisa memanfaatkan momen ini. Sekedar jalan-jalan di Kota Tua, main main ke Galeri Buku Bengkel Deklamasi, dan makan Es Krim Ragusa setelahnya bisa menjadi pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan di saat orang lain mudik. Kapan lagi kan bisa jalan-jalan dengan leluasa di Jakarta. Siapa tau kamu bisa berkesempatan foto ala-ala di tengah jalan yang sepi…

  1. Menyalurkan Hobi

Padatnya aktivitasmu bisa saja menjadi alasan kenapa kamu jarang sekali melakukan hobimu. Sedang asik membaca buku saat mau tidur, nggak taunya mata nggak bisa menahan ngantuk karena sudah lelah berkegiatan seharian. Untuk kamu yang jago masak, mungkin biasanya lebih memilih untuk minta tolong ojek online untuk mengantarkan makanan karena dianggap lebih cepat dan ringkas. Urusan-urusan yang bikin kamu nggak sempet untuk menyalurkan hobimu bisa kamu kesampingkan di libur lebaran ini. Yuk, keluarin lagi sepeda kamu dan cobain buat jalan-jalan dengan sepeda tanpa perlu takut banyaknya polusi. Kamu juga bisa dengan leluasa menyelesaikan buku yang kamu baca tanpa harus takut kesiangan keesokan harinya.

  1. Belanja!

Hayo… yang THR-nya berlimpah ruah, jangan cuma beli baju lebaran, yah. Pastikan kebutuhanmu di rumah juga terpenuhi. Kapan lagi belanja bulanan di supermarket tapi nggak perlu lama menunggu antrian panjang? Jalan-jalan ke mall mungkin memang bisa jadi alternatif buat kamu saat bosan pas libur lebaran. Asal, belanjanya jangan sampai bikin uang kamu minus, ya…

  1. Hang-out Sama Teman yang Nggak Mudik

Ini adalah saat yang tepat buat ‘cek ombak’ di setiap grup Whatsapp buat cari tau siapa saja teman yang nasibnya sama kayak kamu. Menikmati jalanan kota Jakarta yang sepi, window shopping di mall, dan main game bareng temanmu di waktu senggang bakal bikin tambah seru kan?

  1. Me-time

Kalau kamu merasa hari-harimu sudah terlalu banyak yang mendistraksi, sekarang saatnya kamu tenang dan menikmati kepergian orang-orang yang ninggalin kamu buat mudik, hihi. Kamu bisa melakukan hobi kamu dengan tenang, atau jalan-jalan sendiri tanpa harus rebutan destinasi yang mau dituju. Semua terserah kamu! Pergi ke salon sendiri, olahraga di studio favoritmu, dan lanjut nonton bioskop sendiri bisa kamu lakukan tanpa ada yang mengganggu.

  1. Movie Marathon

Ngomong-ngomong nonton bioskop sendiri, di libur lebaran ini kamu bisa banget buat movie marathon film-film yang kamu belum sempat tonton. Atau kalau kamu takut di-judge nonton sendirian di bioskop, kamu bisa banget movie marathon dengan Netflix di rumah. Siapa yang sengaja nungguin Game of Thrones sampai episodenya habis dulu, baru mau nonton? Sekarang waktunya kamu mengejar series-series yang belum kamu tonton dengan memanfaatkan libur lebaran ini!

  1. Hibernasi

Setelah selama ini kamu kerja terus tapi waktu tidurnya kurang, nggak ada salahnya lho buat hibernasi atau melakukan waktu tidur yang panjang. Hal ini bisa jadi cara untuk mengatur kembali jam tidur kamu agar nggak berantakan. Syukur-syukur kamu nggak perlu begadang lagi, yah.

  1. Staycation

Nggak kemana-mana waktu libur lebaran bukan berarti kamu nggak bisa stay di luar rumah kan? Karena staycation bisa banget jadi cara untuk nge-restart pikiranmu saat liburan datang. Sudah tau belum kalau RedDoorz juga punya kamar yang asik buat dijadikan tempat staycation? Seperti di daerah Tebet, Cipete, Patal Senayan, dan Setiabudi.  Cepetan cek di sini, biar kamu bisa booking sekarang!

Tips Mudik Nyaman via Jalur Darat

Hi, RedTraveler! Gimana, sudah siap mudik? Untuk menyambut hari raya yang tinggal beberapa hari lagi, seharusnya kamu lagi memilih alternatif perjalanan mudik nih. Dibangunnya fasilitas transportasi baru seperti Tol Trans Jawa pastinya bikin kamu penasaran buat nyobain gimana asiknya mudik lebaran melalui jalur darat. Selain itu, sudah dengar belum kalau tarif tol akan didiskon selama musim mudik lebaran? Yuk, cari tahu cara agar mudikmu aman dan anti ribet walaupun dalam perjalanan yang panjang via jalur darat.

  1. Cek Keamanan Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kamu sudah mengecek kondisi kendaraanmu secara lengkap, seperti penggantian oli, tekanan ban, serta pengecekan rem kendaraan. Jangan ide untuk ngecek sendiri terus berasumsi semuanya baik-baik aja, yah. Kamu bisa pergi ke bengkel dan biarkan yang ahli memeriksanya untuk kamu. Sebaiknya cek kendaraanmu di waktu yang tidak berdekatan dengan pergi mudik agar bila ada kerusakan, kamu bisa memperbaikinya sesegera mungkin. Jangan sampai momen lebaran dengan keluargamu terhambat karena kendaraanmu bermasalah.

  1. Pesan Tiket Keberangkatan dari Jauh Hari

Buat kamu yang naik kendaraan umum seperti bus, tolong jangan nekat untuk beli tiketnya H-1. Selain takut salah tanggal karena belinya buru-buru, membeli tiket dari jauh-jauh hari juga dapat mencegah kamu dari kehabisan tiket. Nggak Cuma itu, hal ini juga memungkinkan kamu untuk dapat memilih tempat duduk yang nyaman alias nggak cuma kebagian tempat duduk sisa. Pastikan tanggalnya nggak bentrok sama kerjaan kamu ya.

  1. Pastikan Kamu Berangkat dengan Sehat!

Penting, nih. Nggak enak dong kalau kamu menempuh perjalanan mudik yang jauh dalam keadaan tidak sehat? Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan perjalanan mudik dalam keadaan sehat ya! Kalau kamu sakit tapi kondisimu masih memungkinkan untuk mudik, jangan lupa untuk meyiapkan obat-obatan yang seharusnya diminum.

  1. Membawa Bekal Konsumsi yang Cukup

Percuma sehat kalau nggak bawa bekal makanan dan minuman yang cukup saat mudik. Karena kedua hal ini bisa mencegah kamu dari dehidrasi dan sakit lambung. Tidak perlu membawa terlalu banyak, bawa secukupnya saja agar kamu juga nggak terlalu banyak makan dan malah berujung ngantuk. Waduh, bahaya tuh!

  1. Gunakan Perlengkapan Keamanan

Selalu perhatikan keamananmu dengan menggunakan seat belt atau helm dan jaket bagi kamu yang mudik dengan menggunakan motor. Kelengkapan surat-surat kendaraanmu juga seharusnya telah dipastikan siap sehingga kamu bisa mudik dengan tenang.

  1. Siapkan Uang Tunai

Walaupun kamu mengaku sebagai bagian dari generasi cashless society, tapi menyediakan uang tunai apalagi uang receh saat mudik juga penting, lho. Nggak ada yang tau kan kalau tiba-tiba kamu butuh untuk ke toilet di rest area dan pastinya bayar toiletnya membutuhkan pecahan uang kecil. Selain itu, kalau kamu kepepet dan butuh untuk membeli minum atau perlengkapan di toko kecil, kamu nggak perlu bingung mau bayar pakai apa.

  1. Maksimalkan Saldo E-Toll

Buat kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, siapa yang di tol dalam kota saja suka lupa isi e-toll dan alhasil menyusahkan orang lain di belakangnya? Iya kalau orang di belakang kamu mau bantu, kalau dia cuek-cuek saja kan kamu juga yang malu, hihi. Lagian kalau tol perjalanan jauh, kamu nggak bisa sembarangan mengandalkan orang lain karena jumlahnya juga yang nggak sedikit. Jadi, pastikan kamu mencari tahu tarif tol yang akan kamu lalui dan segera maksimalkan saldo e-toll mu, yah!

  1. Siapkan Baju Hangat

Kadang dinginnya AC bus atau kereta suka nggak ke kontrol dan bikin badan jadi menggigil. Ditambah lagi perjalanan mudik yang lama bisa saja mengharuskan kamu untuk melalui waktu malam hari. Brrr… semoga sih nggak masuk angin karena kedinginan. Tenang, RedTraveler, selama kamu menyiapkan baju hangat kamu akan aman dari kemungkinan ini. Pakai pakaian yang nyaman dan tertutup sehingga kamu nggak memberikan jalan masuk untuk angin ke tubuh kamu.

  1. Periksa Perlengkapan Anak

Untuk keluarga yang mau mudik, jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlengkapan anak-anak, yah. Apalagi kalua si kecil termasuk anak yang aktif dan perlu membawa baju ganti yang cukup banyak. Perhatikan juga ruang di kendaraan kamu agar si kecil tidak merasa sesak saat melakukan perjalanan. Selain untuk keamanan perjalananmu, membawa perlengkapan yang tidak begitu banyak juga dapat membuat si kecil nyaman.

  1. Jangan Malas untuk Berhenti Istirahat!

Kalau kamu sudah merasa lelah, usahakan untuk berhenti dan istirahat sebentar. Rest area yang tersedia pada jalur mudik juga sudah banyak yang memiliki fasilitas lengkap, lho. Seperti kamar mandi yang bersih, area parkir yang luas, serta tempat ibadah yang memadai. Kamu membutuhkan waktu istirahat yang cukup lama tapi khawatir nggak menemukan tempat menginap yang nyaman? Ya mampir ke RedDoorz dong! RedDoorz tersedia di beberapa daerah seperti Sukabumi, Cirebon, Semarang, Solo, dan daerah-daerah lainnya. Walaupun perjalanan panjang, tetap perhatikan waktu istirahatmu agar hari rayamu lebih menyenangkan, ya!

Barang-barang yang Perlu Dibawa Saat Kamu Mudik

Menjelang hari raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia tidak pernah luput dari tradisi pulang ke kampung halaman atau mudik. Nah, supaya mudik lebih lancar dan nyaman, berikut RedDoorz akan merekomendasikan barang-barang yang perlu kamu bawa ketika mudik!

Uang Tunai 

shutterstock_797265664

Uang tunai dalam berbagai pecahan merupakan barang yang wajib kamu bawa selama perjalanan, karena mungkin rute yang kamu lewati tidak semuanya menyediakan ATM. Uang tunai berguna untuk jaga-jaga ketika persediaan makananmu habis atau ada keperluan mendadak. Tapi ingat, jangan membawa uang tunai terlalu banyak ya!

Alat Komunikasi/Gadget

shutterstock_1188681271

Alat komunikasi juga penting kamu bawa ketika mudik. Selain untuk mengusir kebosanan selama perjalanan, penting juga untuk memberi kabar bagi orang-orang terdekat yang telah menanti kedatanganmu. Dengan teknologi yang semakin maju, kini alat komunikasi memiliki fitur yang lengkap sehingga semua informasi mengenai perjalananmu bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Obat-obatan Pribadi & P3K

shutterstock_324755420

Selanjutnya, obat-obatan pribadi juga harus dimasukkan ke dalam daftar barang bawaan, terutama bagi kamu yang sering mengalami mabuk selama di perjalanan. Bawalah obat-obatan umum seperti obat luka, demam dan mual. Bagi kamu yang memiliki pengobatan khusus juga sangat dianjurkan untuk membawanya, mengingat tidak selalu tersedianya rumah sakit maupun apotek selama perjalanan.

Pakaian

shutterstock_401106901

Siapkan beberapa pakaian yang nyaman dipakai, karena saat ini cuaca tidak bisa diprediksi. Kamu juga perlu membawa jaket untuk mengantisipasi cuaca dingin. Nah yang perlu kamu ingat, bawalah pakaian secukupnya agar kamu kerepotan nanti selama perjalanan.

Makanan & Minuman Ringan

shutterstock_1323235358

Terakhir, makanan dan minuman ringan juga jadi hal yang penting untuk dibawa. Bawalah makanan ringan yang mampu mengenyangkan seperti biskuit dan roti-rotian serta minuman agar kamu tetap terhindar dari dehidrasi.

Nah, di atas tadi merupakan beberapa barang yang perlu kamu bawa selama mudik. Untuk kamu yang mau cari tempat istirahat selama perjalanan, kamu bisa banget #BukaRedDoorz dan tinggal yang terdekat untuk sekedar menghilangkan lelahmu!

Alasan Kenapa Kamu Butuh Staycation

Sering sekali kita mendengar bahwa staycation dapat dijadikan sebagai alternatif liburan ketika merasa sudah sangat penat dengan aktivitas. Staycation bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sulit sekali mencari waktu untuk liburan, namun tetap ingin memiliki me time atau quality time dengan orang-orang terdekat. Biasanya staycation dapat dilakukan di dalam kota atau bahkan di luar kota yang jarak tempuhnya tidak begitu jauh dari tempat tinggal Anda. Selain itu, hal ini juga cocok untuk Anda yang malas untuk menyisihkan budget terlalu banyak untuk liburan tetapi tetap ingin merasakan refreshing di tengah kepenatan. RedDoorz akan menjelaskan beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan staycation agar lebih fresh. Tapi staycationnya jangan sambil bawa kerjaan, yah!

Lebih Hemat

cash-close-up-counting-1435192

Karena staycation biasanya dilakukan di dalam kota, biasanya Anda tidak memerlukan biaya lebih untuk menempuh jarak perjalanan dibandingkan ketika kita benar-benar pergi liburan. Anda tidak perlu membeli tiket pesawat atau menempuh perjalanan yang mengharuskan Anda untuk berganti alat transportasi. Perjalanan untuk staycation seharusnya dapat ditempuh hanya dengan menggunakan mobil atau kereta yang memakan waktu kurang dari empat jam. Boleh dikatakan, bahwa staycation merupakan liburan singkat yang sederhana. Oleh karena itu, Anda tetap dapat menikmati liburan sesaat tanpa harus mengkhawatirkan keuangan Anda! Tidak hanya menghemat budget, namun Anda juga dapat menghemat waktu karena staycation juga dapat dilakukan dengan waktu yang singkat.

Istirahat Sejenak

adult-brunette-caucasian-920384

Meninggalkan jadwal aktivitas Anda yang ketat untuk sejenak tidak ada salahnya, lho! Saat staycation, Anda dapat secara leluasa menggunakan waktu luang Anda untuk istirahat yang maksimal. Anda juga dapat membuat jadwal yang kosong untuk diri sendiri atau melakukan aktivitas yang lebih santai dan menyenangkan dengan orang terdekat. Bersantai di kamar tanpa melakukan apapun dapat menjadi pilihan jika Anda ingin memaksimalkan waktu istirahat Anda. Namun, melakukan aktivitas seperti spa, pijat, membaca buku, dan memanfaatkan fasilitas hotel sepuasnya juga tidak kalah menarik. 

Suasana Baru

back-view-backpack-blur-2293513.jpg

Melepas suasana ibu kota yang padat dan membosankan dapat Anda lakukan dengan staycation, lho. Selain itu, mungkin Anda dapat melakukannya sebagai momen untuk berpikir secara tenang dan mencari inspirasi. Dengan staycation, Anda dapat merasakan suasana baru yang tidak hanya dapat menjernihkan pikiran, namun juga mendapatkan pengalaman baru. Nah, sangat cocok kan untuk dilakukan ketika Anda merasa banyak pikiran? Suasana baru juga dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi Anda yang gemar untuk lebih aktif dan tidak dapat berdiam diri saja di kamar. Anda dapat memanfaatkan waktu staycation Anda untuk menjelajah tempat baru atau makanan-makanan lokal yang berada di tempat tersebut. 

Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri atau Pasangan

adult-attractive-beautiful-1167192

Staycation dapat memberikan Anda waktu luang untuk diri Anda sendiri. Anda tidak perlu merasa terbebani dengan destinasi yang harus Anda tentukan dengan teman-teman Anda atau merasa kesulitan karena jarak liburan yang jauh. Anda bebas menentukan kegiatan apa yang Anda ingin lakukan sebelum menghadapi minggu-minggu yang melelahkan. Jika Anda memilih untuk melakukan staycation dengan pasangan Anda, pastikan Anda memilih tempat penginapan yang memungkinkan Anda dan pasangan Anda untuk melakukan aktivitas sehingga liburan pendek Anda tidak terasa membosankan. Memaksimalkan komunikasi berdua di tempat yang tenang bisa saja menjadi momen bagi Anda dan pasangan untuk menjadi lebih romantis dan harmonis.

Liburan yang Tidak Melelahkan

active-activity-beach-40815

Kebayang kan, kalau harus traveling jauh dari rumah dan jalur transportasi yang di luar dugaan? Atau berjalan kaki menempuh jarak jauh demi mendapatkan konten instagram yang bagus, namun mengakibatkan pegal yang tidak kunjung usai pada hari setelahnya.  Tentu hal ini tidak akan terjadi jika Anda melakukan staycation, karena Anda tidak perlu menempuh jarak yang jauh. Sehingga, jika Anda harus kembali beraktivitas normal di kemudian harinya, Anda tidak perlu khawatir akan merasa lelah dan kehabisan tenaga. Staycation biasanya memang hanya dilakukan dengan cara melakukan aktivitas di dalam penginapan atau hanya menjelajahi destinasi-destinasi terdekat.

 

 

 

5 Keuntungan Liburan di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah momen yang tepat bagi kamu yang mendambakan traveling sejak lama. Soalnya, ada berbagai keuntungan spesial Ramadan yang bikin liburan makin berkesan. Yuk, simak apa saja keuntungan traveling di bulan Ramadan biar tidak kelewatan!

Harga Hotel Lebih Murah

Berencana traveling ke luar kota atau ke luar negeri? Tak usah takut harus mengeluarkan biaya ekstra untuk penginapan. RedDoorz hadir untuk menemani waktu istirahat kamu selama liburan dengan penginapan berkualitas dan harga terjangkau. Selain itu, ada promo yang ditawarkan selama Ramadan dengan menggunakan kode BERKAHRAMADHAN. Untuk promo lain dan informasi selengkapnya, pantengin terus media sosial RedDoorz dan download aplikasinya!

Banjir Promo Wisata

Berbagai objek wisata juga menawarkan promo tiket selama bulan Ramadan. Contohnya, di Jakarta ada Dufan dan Ancol yang menawarkan potongan harga tiket masuk. Selagi ngabuburit ataupun ketika libur lebaran, kamu bisa memanfaatkan potongan harga tiket untuk bisa jalan-jalan bareng teman dan keluarga. Selain itu, berbagai wisata kuliner juga gencar menawarkan menu Ramadan dengan harga spesial sehingga kamu tidak perlu takut kantong kering ketika kulineran selama liburan.

Wisata Sepi

Jika ingin mengunjungi wisata populer di kota, sebaiknya dilakukan saat bulan puasa. Pada saat itu, biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk tidak pergi kemana-mana dan beristirahat di rumah. Jadi, kamu bisa leluasa menikmati tempat wisata tanpa perlu mengantri tiket terlalu panjang, menunggu giliran foto, bahkan sampai berdesak-desakan.

Jalanan Lengang

Khususnya saat libur lebaran, di kota-kota besar biasanya jalanan akan lengang dikarenakan banyak warganya yang pulang kampung. Inilah saat yang tepat buat kamu menjelajahi objek wisata populer di kota atau menikmati kuliner legendaris di perkotaan tanpa takut macet atau terlalu ramai. Kamu bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dengan nyaman.

Merasakan Wisata dengan Nuansa Islami

Jika kamu ingin berlibur sambil merasakan indahnya nuansa Ramadan, kamu wajib traveling ke destinasi yang masyarakatnya bermayoritas muslim. Baik dalam negeri maupun luar negeri, kamu bisa jelajahi wisata nuansa Islami sambil merasakan suasana Ramadan yang kental, seperti mengenal sensasi berpuasa di negeri orang, mengenal tradisi warganya dan makanan khasnya.

Itulah keuntungan traveling di bulan Ramadan. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Daftar Event Ramadhan Paling Seru di Jakarta

Bulan Ramadhan akan terasa semakin menyenangkan jika diisi kegiatan yang seru. Buat warga Jakarta, kamu tidak perlu capek-capek sampai ke luar kota untuk merayakannya. Ada beragam festival Ramadhan yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga. Berikut rekomendasi event Ramadhan 2019 di Jakarta.

Season City Kampoeng Ramadhan 2019

Season-City-Kampoeng-Ramadhan-2019

Trade Mall Seasons City kembali menggelar Season City Kampoeng Ramadhan mulai 4 Mei – 9 Juni 2019. Pada tahun lalu, acara ini diisi berbagai kegiatan, seperti bazar makanan Festival Bedung, Kampung UMKM, hingga pertunjukan musik akustik dan band. Tak hanya itu, ada Kampung Bermain Ngabuburit Asik untuk anak-anak bermain sambil menunggu berbuka puasa. Di tahun ini, kegiatan festival tak jauh beda dengan menghadirkan bazaar makanan, pernak-pernik serta wahana permainan carnival.

Hijrah Fest Ramadhan 2019

hijrahfest2

Alangkah indahnya jika merayakan bulan Ramadhan dengan berkumpul bersama umat dan komunitas muslim se-Indonesia. Untuk itu, HijrahFest mendatangkan berbagai tokoh dan komunitas muslim untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan cerita. Berlokasi di Jakarta Convention Center Jakarta, Hijrahfest 2019 akan digelar pada tanggal 24 – 26 Mei 2019 atau bertepatan dengan 18 – 20 Ramadan 1440 Hijriah. Dengan tema Unforgettable Hijrah, acara ini akan mengkaji sharing session artis hijrah dan sejumlah pameran, seperti pameran busana, syariah finance, property syariah, pendidikan, dan sebagainya. Terdapat 30 komunitas Muslim, 270 tenant produk Islam, dan 50 tenant kuliner yang ikut memeriahkan acara.

 

9th Ramadhan Jazz Festival

9th jazz festival

Kamu penyuka music Jazz? Kamu wajib datang ke Ramadhan Jazz Festival 2019 yang digelar di Pelataran Masjid Cut Meutia pada tanggal 17-18 Mei. Sejumlah penyanyi kenamaan Tanah Air dan mancanegara dipastikan ikut menyumbang suara merdunya, di antaranya Jeremy Passion, Andre Hehanusa, Maliq and The Essentials, Glenn Fredly. Bukan hanya acara musik Jazz biasa, kamu juga bisa mendengarkan dakwah dengan konsep yang menyegarkan dan bergabung dengan kegiatan sosial. Nah, dengan membeli tiket acara ini, kamu sudah menyumbang dana buat kaum difabel untuk membeli alat pendukung seperti tongkat, kursi roda dan lainnya.

Itulah rekomendasi event Ramadhan 2019 di Jakarta. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tips Agar Tetap Fit Selama Bulan Puasa

Menunaikan ibadah puasa bukanlah hal yang mudah.. Kurangnya istirahat dan asupan makanan serta minuman membuat badan kita kekurangan cairan dan mudah lelah. Hal ini yang sering kali menjadi penyebab orang yang berpuasa mudah terserang penyakit dan gampang kelelahan. Untuk itu, RedDoorz akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama berpuasa agar badan tetap fit dan ibadah puasa kita tetap lancar. Yuk langsung simak!

Perbanyak Minum Air Putih

Tips Sehat Selama Puasa

Tips Sehat Selama Puasa : Perbanyak minum Air Putih

Salah satu penyebab kita mudah lelah selama berpuasa adalah kurangnya cairan di dalam tubuh. Saat berpuasa, kita hanya memiliki kesempatan untuk mengisi cairan tubuh saat sahur dan aberbuka. Meski begitu, tubuh harus tetap memiliki cadangan cairan dengan minum air putih sebanyak delapan gelas. Untuk memenuhinya, kamu bias minum air putih dengan pola tiga – dua – tiga. Tiga gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan tiga gelas sebelum tidur. Dengan begitu kamu tidak akan dehidrasi ketika siang hari.

Istirahat Cukup

Tips sehat selama berpuasa

Tips sehat selama berpuasa : Istirahat Cukup

Ibadah puasa menyebabkan waktu istirahat kita otomatis berkurang, karena pola tidur normal akan sedikit terganggu untuk makan sahur… Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengatur waktu tidurmu lebih cepat dari biasa. Lakukan pola ini dengan rutin agar kamu tidak kelelahan dan kurang istirahat selama menjalankan ibadah puasa.

Makan Buah dan Sayur

Tips Sehat Selama Puasa

Tips Sehat Selama Puasa : Makan Sayur dan Buah

Makan buah dan sayur sudah menjadi kebutuhan utama kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi, terkadang di bulan puasa kita sering lupa untuk menambahkan menu buah dan sayur di makanan yang akan kita konsumsi. Agar tidak lupa, kamu bisa mengakalinya dengan minum jus atau menyelipkan sedikit menu sayuran saat berbuka. Dengan begitu kebutuhan serat untuk tubuh kamu tidak berkurang dan tetap terpenuhi.

Minum Vitamin

Tips Sehat Selama Puasa

Tips Sehat Selama Puasa : Minum Vitamin

Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, kamu juga bisa minum vitamin saat sahur. Kenapa minum vitamin penting saat sahure? KVitamin adalah zat sintesis yang mudah diserap saat pagi hari bersama dengan makanan yang kamu konsumsi.

Jangan Lewatkan Sahur

Tips Sehat Selama Puasa

Tips Sehat Selama Puasa : Jangan Lewatkan Sahur

Sahur adalah salah satu bagian yang paling berat saat menjalankan ibadah puasa, karena kamu harus bangun dini hari untuk makan. Namun, sahurlah yang menjadi kunci untuk menjalankan ibadah puasa, karena dengan makan sahur mampu mempersiapkan tubuh kamu untuk berpuasa pada siang hari. Agar rasa kenyang lebih tahan lama, kamu bias mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta minum air yang cukup.

Makan Secukupnya Saat Berbuka

Tips Sehat Selama Berpuasa

Tips Sehat Selama Berpuasa : Makan Secukupnya

Saat berbuka puasa, seringkali kita memakan berbagai macam makanan karena rasa lapar yang melanda.. Tapi ingat, makan terlalu banyak akan membuat perut kamu terasa sesak karena lambungmu mengecil dan enzim-enzim pencernaanmu hilang. Cobalah hindari makan terlalu banyak agar dapat melakukan aktivitas lain selepas berbuka puasa.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Kalau kamu sendiri apa punya tips puasa sendiri? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Cara Hemat Ikutan Bukber Marathon

Bukber (buka bersama) marathon alias bukber berturut-turut saat bulan Ramadan sudah bukan hal baru lagi, bahkan menjadi salah satu tradisi unik ketika buka puasa. Dari ajakan teman SD, temen satu kompleks, sampai teman kerja, rasanya tidak afdol kalau tidak ikut semua undangan agar bisa temu kangen sekaligus menjaga tali silahturami dengan mereka. Nah, supaya kamu bisa ikut seluruh kegiatan bukber tanpa bikin kantong kering, coba tips hemat bukber dari RedDoorz berikut ini.

Tips hemat bukber marathon. SUmber: Predon.me

Tips hemat bukber marathon. SUmber: Predon.me

Berbuka dengan Konsep Potluck Party

‘Potluck Party’ berkonsep kamu dan teman akan membawa makanan masing-masing sesuai dengan menu yang ditentukan. Setelah itu, makanan-makanan tersebut digabung untuk dinikmati bersama-sama. Selain dapat berhemat dengan makanan yang variatif, kamu dapat merasakan momen kebersamaan yang lebih seru.

Masak-Masak di Rumah

Kalau tips hemat bukber sebelumnya membawa makanan sendiri-sendiri, yang satu ini adalah memasak rame-rame di rumah. Bisa rumah kamu sendiri atau rumah teman yang bersedia. Kamu dan teman-teman tinggal menentukan menu apa yang ingin disajikan dan patungan untuk membeli bahan-bahan masakannya. Tak kalah seru, bukan?

Pilih Restoran yang Menawarkan Promo

Jika kamu dan teman-teman lebih memilih bukber di restoran, carilah restoran yang menawarkan promo bagi pelanggan yang memesan makanan dalam jumlah banyak. Di bulan Ramadan, tentunya banyak tempat makan yang menawarkan menu dengan promo-promo tertentu yang bisa kamu manfaatkan. Coba saja browsing di media sosial atau mampir langsung untuk cek promonya!

Pilih Menu yang Bisa Di-Share

Jika ingin bukber di restoran, sebaiknya kamu tidak memilih menu untuk porsi sendiri. Pilihlah menu yang bisa dibagi-bagi, seperti sup, soto, sayur, gurame, iga sapi, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu dan teman-teman bisa patungan untuk membayar lauk-lauk tersebut. Cara ini jauh lebih hemat dibanding membeli satu porsi menu untuk disantap sendiri.

Itu dia tips hemat bukber dari RedDoorz. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Pilihan Destinasi Wisata Saat Ramadan

Traveling di bulan Ramadan tentunya memberikan kesan dan pengalaman yang spesial dari biasanya. Kamu dapat menjelajahi berbagai destinasi menarik dengan beragam konsep yang membuat liburan jadi lebih bermakna dan tak terlupakan. Berikut rekomendasi destinasi wisata saat Ramadan dari RedDoorz.

 

Destinasi Wisata yang Sejuk

Sumber: Traveling Yuk

Wae Rebo di Ruteng, rekomendasi destinasi wisata saat Ramadan . Sumber: Traveling Yuk

Selagi puasa, destinasi wisata dengan cuaca yang sejuk sangat direkomendasikan untuk kamu yang lagi jenuh, stres, atau gelisah dan ingin menenangkan diri. Selain cuaca yang sejuk, plihlah wisata yang tidak terlalu padat dan memiliki pemandangan alam yang asri dan mampu menyejukkan mata, seperti Dieng, Wonosobo, Batu, Ruteng, dan Berastagi.

Destinasi dengan Mayoritas Muslim

Rekomendasi destinasi wisata saat Ramadan. Sumber: where in the world is nina

Rekomendasi destinasi wisata saat Ramadan. Sumber: where in the world is nina

Traveling ke tempat dengan masyarakat bermayoritas muslim pastinya memberikan kesan khusus saat Ramadan. Kamu dapat merasakan suasana Ramadan yang kental sekaligus mengenal budaya dan makanan khas saat Ramadan di sana. Agar lebih menantang, coba eksplor wisata luar negeri dengan mayoritas Muslim seperti Malaysia, Turki, Arab Saudi, Maroko, Brunei, dan lainnya.

Destinasi dengan Wisata Religi yang Historikal dan Indah

Blue Mosque. Sumber: aneka tempat wisata

Blue Mosque, wisata ramadan di Turki. Sumber: aneka tempat wisata

 

Selama bulan Ramadan, menapaktilasi wisata religi juga dapat menjadi pilihan terbaik untuk memuaskan dahaga spiritual. Selain mengagumi tempat yang dikunjungi, kamu juga bisa sekalian beribadah untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Rekomendasi negara dengan wisata religi yang mengagumkan dan penuh sejarah adalah Maroko, Jerman, Spanyol, Prancis, Arab Saudi, Mesir, Malaysia. Sementara di Tanah Air, kita punya Medan, Jakarta, Surabaya, Aceh yang terkenal dengan wisata religi Islami terpopuler.

Destinasi dengan Wisata Kuliner Khas Ramadan Terbaik

Sumber: Kuliner

Sumber: Kuliner

Berencana traveling bersama teman atau keluarga? Pilihlah destinasi dengan wisata kuliner khas Ramadan terbaik untuk berbuka puasa. Selain dapat menyantap makanan lezat, berbuka puasa bersama menjadi salah satu momen yang berharga untuk menjaga tali silahturami. Bandung, Aceh, Medan, Jakarta, Bogor adalah beberapa destinasi terbaik yang banyak menyuguhkan makanan halal khas Ramadan yang lezat.

Destinasi untuk Beramal

Food donations being boxed up by volunteers in a warehouse

Sumber: Charity – Love to Know

Mengisi kegiatan liburan dengan menolong sesama pastinya sangat bermanfaat dan menambah pahala. Kamu bisa menjadi relawan dengan membantu orang yang membutuhkan, seperti menolong warga pasca bencana, memberi sedekah di daerah terpencil yang kurang mampu, dan sebagainya. Buatlah perencanaan yang matang untuk melakukan kegiatan ini. Mulai dari riset kebutuhan warga, kondisi daerah, budget yang dikeluarkan, dan lainnya.

Itulah pilihan destinasi wisata saat Ramadan. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Menjelang Puasa

Momen puasa hanya tinggal menghitung hari. Sudahkah kamu persiapkan tubuh dengan baik?

Saat puasa, kebiasaan makan berubah dari yang biasanya, sehingga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dan energi lebih cepat terkuras. Untuk itu, kamu perlu untuk mempersiapkan fisik dengan asupan yang bergizi dan memulai kebiasaan baik untuk menyambut puasa. Berikut tips jaga daya tahan tubuh sebelum puasa dari RedDoorz.

Ubah Kebiasan Makan Lebih Teratur

Kalau sebelumnya jadwal makan kamu “sesuka hati” saja, sekarang saatnya kamu mengubah kebiasaan makan jadi lebih teratur. Contohnya, biasakan sarapan untuk mensimulasi sahur pada buka puasa nanti, hindari kebiasaan ngemil agar bisa menahan lapar lebih baik, menahan “laper mata” jika melihat jajanan enak, dan sebagainya.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Berenergi

Untuk memenuhi nutrisi penting bagi tubuh, konsumsi makanan dengan karbohidrat, lemak sehat, dan protein dengan seimbang. Tak kalah penting, penuhi asupan vitamin serta mineral penting yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, seperti vitamin C dan zinc. Kedua kandungan ini dapat dengan mudah diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Bijak Memilih Makanan

Selain mengubah kebiasaan makan jadi lebih teratur, kamu juga harus bijak dalam mengkonsumsi sesuat yang masuk perut. Coba mulai untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula karena dapat membuat tubuh merasa cepat lapar. Hindari juga makanan berlemak, santan, dan pedas yang berlebihan untuk mencegah kolesterol naik, menyebabkan perut kembung, dan membuat darah tinggi.

Minum Air Mineral

Air mineral memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, terutama dalam menghidrasi tubuh dengan baik. Kurangnya minum air mineral membuat kita dehidrasi dan sakit kepala. Untuk itu, biasakan minum air mineral delapan gelas sehari untuk memenuhi cairan tubuh sebelum puasa dan menumbuhkan kebiasaan baik.

Tidur yang Cukup

Siapa yang masih sering “begadang”? Faktanya, durasi tidur yang proposional adalah 7 jam. Jika kurang dari situ, hormon kortisol, yang merupakan hormon stres, akan meningkat sehingga dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi kekebalan tubuh. Jika tidak terbiasa tidur cepat, mulailah untuk membiasakan tidur lebih awal satu jam dari yang biasanya. Ini akan membantu menjaga kebugaran tubuh dan membentuk kebiasaan baik selama puasa.

Mengelola Stress

Memang, stress adalah hal yang wajar. Tapi, sama seperti kurang tidur, stress juga bisa meningkatkan hormon kortisol yang membuat tubuh cepat sakit jika terlalu lama dibiarkan. Untuk itu, cobalah untuk tetap rileks dengan melakukan kegiatan yang disukai, mengendalikan emosi negatif, dan berpikir jernih. Hal ini juga baik untuk menyambut puasa dengan hati dan pikiran yang bersih.

 

Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tips Liburan Bareng Teman Tanpa “Baper”

Liburan bersama teman pasti menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Beberapa keuntungannya adalah kita dapat meringankan pengeluaran liburan, tidak merasa sendiri, dan dapat membagi pengalaman suka dan duka bersama.

Hanya saja, merencanakan liburan dengan banyak orang tidaklah mudah. Kita harus menyatukan pendapat agar dapat membuat keputusan yang tepat tanpa menyakiti atau merugikan siapapun. Belum lagi jika ada teman yang dadakan tidak bisa ikut liburan karena alasan tertentu. Rasanya impian traveling bersama teman jadi buyar seketika.

Nah, agar liburan bersama teman dapat berjalan dengan lancar, berikut tips yang dirangkum RedDoorz dari Lonely Planet:

Bangun Komunikasi Secara Efektif

Merencanakan liburan diperlukan komunikasi yang efektif. Jika tersedia waktu dan ruang yang cukup, buatlah pertemuan tatap muka untuk membicarakan perencanaan liburan. Tidak perlu selesai sekali pertemuan, tapi usahakan pertemuan tersebut membuahkan hasil. Misalnya, mendapatkan ide tentang kota liburan yang dituju, objek wisata, dan lainnya. Jika tidak memungkinkan bertemu secara fisik, gunakan fitur grup dalam chat di instant messaging, seperti Line, WhatsApp, Telegram, KakaoTalk, dan sebagainya. Jangan spam dan kebanyakkan “ngelantur” jika ingin membuat keputusan dengan cepat. Lalu, daripada terus menuntut jawaban kepada anggota grup, adakanlah vote untuk menentukan destinasi, akomodasi, dan sebagainya.

Tentukan Tanggal Liburan dengan Cepat

Menentukan jadwal liburan bisa jadi hal yang paling rumit ketika banyak orang di dalam grup. Kita harus menyesuaikan waktu luang masing-masing agar seluruh anggota bisa ikut. Untuk itu, kamu dan teman-teman bisa memanfaatkan aplikasi pengatur jadwal di smartphone untuk lock tanggal liburan yang ditetapkan. Nah, agar jadwal liburan tidak berubah-ubah, kamu bisa langsung booking tiket transportasi dan akomodasi supaya teman-teman bisa komitmen di tanggal segitu.

Atur Anggaran Liburan dengan Adil

Anggaran liburan juga menjadi hal yang penting dalam merencanakan liburan. Sadarilah batas keuangan tiap orang tidaklah sama. Jika kamu ingin seluruh anggota grup ikut, pastikan juga berapa biaya yang mampu mereka keluarkan untuk liburan agar bisa disesuaikan. Misalnya, dalam menentukan akomodasi, transportasi, dan lainnya. Pastikan juga seluruh anggota setuju dengan perencanaan liburan terkait anggaran biaya yang sudah ditentukan. Dengan begitu, liburan akan terasa lebih menyenangkan tanpa terbebani dengan biaya.

Pilih Akomodasi yang Nyaman

Akomodasi yang nyaman mempengaruhi kualitas istirahat kamu saat liburan. Pastikan memilih jenis akomodasi yang tepat dan menyesuaikan jumlah grup. Jika grup hanya berjumlah 3-6 orang, hotel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk penginapan. Jika kamu dan teman berjumlah 7-10 orang atau lebih, akan jauh lebih baik memilih akomodasi seperti villa atau guest house daripada hotel. Selain harga lebih murah, villa atau guest house biasanya menawarkan fasilitas penunjang, seperti dapur dan ruang tamu bersama.

Buat Itinerary yang Fleksibel, Tapi Tetap Teratur

Membuat jadwal kegiatan liburan memang memudahkan kita untuk mengatur waktu dengan baik. Tapi, jangan sampai itinerary yang dibuat terlalu kaku seperti tur sekolah. Misalnya, membuat jadwal kegiatan apa saja yang harus dilakukan tiap jam dan tiap destinasi. Hal ini membuat liburan terasa melelahkan. Untuk itu, buatlah itinerary yang fleksibel tapi tetap teratur untuk kamu dan teman-teman dapat menikmati liburan. Contohnya, kamu cukup mencantumkan jam keberangkatan, kegiatan alternatif yang bisa dilakukan, titik temu rombongan, dan lainnya yang dirasa penting.

Begitulah tips liburan bareng teman tanpa “baper”. Kamu sendiri ingin berencana liburan ke mana dengan temanmu? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.